Khachatur Abovian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Khachatur Abovian
Abovianportrait.jpg
Lahir15 Oktober 1809
Kanaker, Kekhanan Erivan, Kekaisaran Persia
(sekarang bagian dari Yerevan, Armenia)
Pekerjaannovelis, penulis drama, guru, penyair
Periode menulisRomantisisme
PasanganEmilia Looze (Jerman-Swedia) m. 1839
Anak2 anak

Khachatur Abovian (atau Abovyan;[1] bahasa Armenia: Խաչատուր Աբովյան; 15 Oktober 1809) adalah seorang penulis dan tokoh nasionalis Armenia abad ke-19 yang menghilang secara misterius pada tahun 1848 dan akhirnya dinyatakan meninggal. Ia adalah seorang pendidik, penyair, dan penganjur modernisasi.[2] Dikenal sebagai bapak sastra Armenia modern, ia paling dikenang karena novel bertajuk Wounds of Armenia.[3] Wounds of Armenia ditulis Abovian pada tahun 1841 dan diterbitkan pada tahun 1858 setelah dia menghilang. Novel itu merupakan novel pertama yang diterbitkan dalam bahasa Armenia modern yang menggunakan dialek Armenia Timur logat Yerevan.

Abovian kurang dipandang selama eranya dan hampir tidak ada karyanya yang diterbitkan sepanjang dia hidup. Setelah pembentukan RSS Armenia, barulah Abovian disanjung dan mendapat pengakuan.[4] Abovian dianggap sebagai salah satu tokoh terkemuka tidak hanya dalam sastra Armenia tetapi juga dalam sejarah Armenia secara keseluruhan.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The history of the foundation of Khachatur Abovyan's house-museum". Khachatur Abovyan's house-museum. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 Oktober 2015. 
  2. ^ Panossian, p. 143.
  3. ^ Bedevian, Ruth (8 Desember 2004). "Writer and Patriot: Khachatur Abovyan (sic)". 
  4. ^ Hacikyan et al., p. 214.
  5. ^ Hewsen, Robert H. "The Meliks of Eastern Armenia: IV: The Siwnid Origins of Xac'atur Abovean." Revue des études Arméniennes. NS: XIV, 1980, pp. 459–468.