José de Alencar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
José de Alencar
José de Alencar, sekitar tahun 1870
José de Alencar, sekitar tahun 1870
LahirJosé Martiniano de Alencar
(1829-05-01)1 Mei 1829
Fortaleza, Kekaisaran Brasil
Meninggal12 Desember 1877(1877-12-12) (umur 48)
Rio de Janeiro, Kekaisaran Brasil
Nama penaErasmo
Ig
PekerjaanPengacara, politikus, orator, novelis, dramatis
KebangsaanBrasil
Alma materUniversitas São Paulo
AngkatanRomantisisme
Karya terkenalO Guarani, Senhora, Lucíola, Iracema, Ubirajara
PasanganGeorgina Augusta Cochrane
AnakAugusto de Alencar, Mário de Alencar
KerabatJosé Martiniano Pereira de Alencar, Leonel Martiniano de Alencar

José Martiniano de Alencar (1 Mei 1829 – 12 Desember 1877) adalah seorang pengacara, politikus, orator, novelis dan dramatis Brasil. Ia anggap menjadi salah satu novelis Romantis Brasil paling berpengaruh dan terkenal pada abad ke-19, dan tokoh utama dari tradisi sastra yang dikenal sebagai "Indianisme". Terkadang ia menandatangani karyanya dengan nama penanya Erasmo.

Ia merupakan pelindung dari kursi ke-23 dari Akademi Sastra Brasil.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Rumah dimana José de Alencar lahir dan tinggal sampai 1844, di wilayah Messejana, di Fortaleza

José Martiniano de Alencar lahir di apa yang sekarang merupakan bairro Messejana, Fortaleza, Ceará, pada 1 Mei 1829, dari seorang mantan pendeta (dan kemudian politikus) José Martiniano Pereira de Alencar dan sepupunya Ana Josefina de Alencar. Berpindah ke São Paulo pada 1844, ia lulus dalam bidang Hukum di Faculdade de Direito da Universidade de São Paulo pada 1850 dan memulai kariernya dalam bidang hukum di Rio de Janeiro. Diundang oleh temannya Francisco Otaviano, ia menjadi kolaborator untuk jurnal Correio Mercantil. Ia juga menulis beberapa kronik untuk Diário do Rio de Janeiro dan Jornal do Commercio. Alencar kemudian mengkompilasikan seluruh kronik yang ia tulis untuk surat kabar tersebut pada 1874, dengan nama Ao Correr da Pena.

Alencar berafiliasi dengan Partai Konservatif Brasil, yang membuatnya terpilih sebagai deputi jenderal untuk Ceará. Ia menjadi Menteri Keadilan Brasil dari 1868 sampai 1870, yang dikenal karena menentang penghapusan perbudakan.[1] Ia juga direncanakan menjadi senator, namun Pedro II tidak pernah melantiknya, dengan alasan Alencar terlalu muda.[2]

Ia merupakan teman paling dekat dari penulis terkenal Machado de Assis, yang menulis sebuah artikel pada 1866 yang memuji novel buatannya Iracema, yang diterbitkan setahun sebelumnya, membandingkan dengan karya-karya Indianis dengan Gonçalves Dias, berkata bahwa "Alencar dalam prosa seperti Dias dalam puisi". Ketika Assis mendirikan Akademi Sastra Brasil pada 1897, ia dipilih Alencar sebagai pelindung kursinya.

Monumen José de Alencar di Rio de Janeiro, Brasil.

Pada 1864, ia menikah dengan Georgina Augusta Cochrane, putri dari seorang aristokrat Inggris eksentrik. Mereka memiliki enam anak — Augusto (yang menjadi Menteri Hubungan Eksternal Brasil pada 1919, dan juga duta besar Brasil untuk Amerika Serikat dari 1920 sampai 1924), Clarisse, Ceci, Elisa, Mário (yang menjadi jurnalis dan penulis, dan anggota Akademi Sastra) dan Adélia. (Media menyatakan bahwa Mário de Alencar sebenarnya merupakan anak haram dari Machado de Assis, sebuah fakta yang menginspirasi Assis untuk menulis novel terkenalnya Dom Casmurro.[3])

Alencar meninggal di Rio de Janeiro pada 1877 karena tuberkulosis. Sebuah teater di Fortaleza, Theatro José de Alencar, mengambil nama darinya.

Karya[sunting | sunting sumber]

Novel[sunting | sunting sumber]

Permainan teater[sunting | sunting sumber]

Kronik[sunting | sunting sumber]

Autobiografi[sunting | sunting sumber]

Kritik dan polemik[sunting | sunting sumber]

  • Cartas sobre A Confederação dos Tamoios (1856)
  • Cartas Políticas de Erasmo (18651866)
  • O Sistema Representativo (1866)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://www.hedra.com.br/livros/cartas-a-favor-da-escravidao
  2. ^ RODRIGUES, Antonio Edmilson Martins; FALCON, Francisco José Calazans. José de Alencar: O Poeta Armado do Século XIX. [S.l.]: FGV Editora, 2001.
  3. ^ Mário de Alencar: Machado de Assis' son? (Portugis)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]