Syahrul Yasin Limpo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dr. H.
Syahrul Yasin Limpo,
S.H., M.Si, M.H
Gubernur Sulawesi Selatan
Petahana
Mulai menjabat
8 April 2008
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Wakil Agus Arifin Nu'mang
Didahului oleh Amin Syam
Tanribali Lamo (Penjabat)
Wakil Gubernur Sulawesi Selatan
Masa jabatan
2003–2008
Gubernur Amin Syam
Digantikan oleh Agus Arifin Nu'mang
Bupati Kabupaten Gowa
Masa jabatan
1994–2002
Gubernur Zainal Basri Palaguna
Didahului oleh H. A. Azis Umar
Digantikan oleh Drs. H. Hasbullah Djabar, M.Si
Informasi pribadi
Lahir 16 Maret 1955 (umur 59)
Bendera Indonesia Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Kebangsaan Indonesia
Partai politik Logo GOLKAR.jpgGolongan Karya
Suami/istri Drg. Hj. Ayu Sri Harahap
Anak Indira Chunda Thita Syahrul Putri
Kemal Redindo Syahrul Putra
Rinra Sujiwa Syahrul Putra (Almarhum)
Alma mater Universitas Hasanuddin
Profesi Politisi
Agama Islam
Sosial media
Situs web http://www.syahrulyasinlimpo.com

Syahrul Yasin Limpo (lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 16 Maret 1955; umur 59 tahun) adalah seorang politikus Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan. Ia memenangi pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan 2007 bersama pasangannya sebagai wakil gubernur ialah Agus Arifin Nu'mang.

DR. H. Syahrul Yasin Limpo adalah anak kedua dari pasangan H. Muh. Yasin Limpo dengan Hj. Nurhayati Yasin Limpo. Syahrul Yasin Limpo saat ini menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan yang pertama kali dipilih secara langsung. Sebelum menjabat sebagai Gubernur, Syahrul Yasin Limpo pernah menjabat sebagai Bupati di Kabupaten Gowa selama dua periode, kemudian menjabat Wakil Gubernur selama satu periode mendampingi Amin Syam, sebelum akhirnya memenangkan pertarungan dengan Amin Syam dalam pilkada Sulsel pada tahun 2007 setelah keduanya sama-sama maju bertarung sebagai calon petahana.

Pada pilkada Sulawesi Selatan tahun 2007, Syahrul Yasin Limpo berpasangan dengan Agus Arifin Nu'mang (saat itu menjabat sebagai ketua DPRD Sulsel) yang merupakan salah satu pimpinan DPD Golkar Sulsel. Pasangan tersebut diusung oleh koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) dan Partai Damai Sejahtera (PDS). Sementara rival terberat Syahrul yaitu Amin Syam yang juga ketua DPD Golkar Sulsel di usung oleh koalisi Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) serta Partai Demokrat, ditambah sejumlah partai kecil lainnya. Setelah menjalani persaingan yang ketat, Syahrul Yasin Limpo akhirnya memenangi pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan 2007 bersama pasangannya, Agus Arifin Nu'mang.

Gubernur yang terkenal dengan tagline “Sayang” ini (Sayang merupakan singkatan dari Syahrul Yasin Limpo – Agus Arifin Nu’mang) ini mulai merealisasikan ide-idenya, antara lain pendidikan gratis dan kesehatan gratis. Syahrul mengungkapkan bahwa hal dasar dalam menyejahterakan rakyat dan membuat suatu bangsa maju terletak dari tingkat pendidikan suatu rakyat atau bangsa dan hak dasar manusia sebenarnya adalah kesehatan, karena tidak akan makmur suatu bangsa bila kesehatannya tidak diperhatikan.

Oleh karena itu Syahrul Yasin Limpo berusaha mewujudkan ide ini, dan sekarang ini dapat dilihat, pendidikan gratis telah direalisasikan di Kabupaten Gowa dan daerah lainnya sampai tingkat SMA. Dibidang kesehatan, rumah sakit yang ditunjuk pemerintah menggratiskan biaya kesehatan yakni melayani pasien dengan hanya menerima pembayaran fotokopi KTP dan Kartu Keluarga.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Amin Syam
Gubernur Sulawesi Selatan
2008–sekarang
Petahana