Magister

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Magister (serapan dari Belanda: magister; dari Latin: magister) adalah gelar akademik yang diberikan kepada lulusan program pendidikan strata kedua (S2). Umumnya dibutuhkan waktu selama 5 TAHUN, tetapi ada juga yang menyelesaikannya dalam 2 tahun. Beberapa program magister mengharuskan calon mahasiswanya untuk lebih dulu memiliki pekerjaan, baik pada dunia industri atau usaha (DIDU). Hal tersebut tergantung kebijakan dari perguruan tinggi yang ditetapkan. Karya ilmiah yang diwajibkan dan merupakan persyaratan untuk memperoleh gelar Magister dinamakan sebagai tesis.

Gelar magister di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, gelar magister diatur oleh senat perguruan tinggi dan ditulis di belakang nama yang berhak dengan mencantumkan huruf M diikuti inisial bidang studi. Gelar magister yang ada di Indonesia antara lain:

(M.Ling)

Gelar magister di negara lain[sunting | sunting sumber]

Gelar magister di negara lain antara lain adalah Master of Business Administration (M.B.A.). Di Britania Raya gelar magister kadang kala diberikan kepada lulusan program undergraduate yang dalam tahun terakhirnya terdapat pelajaran tingkat-tinggi dan sebuah proyek riset utama. Dalam sistem standar diploma pendidikan tinggi Eropa baru-baru ini, program ini merupakan sebuah program graduate dua tahun yang dimasuki setelah belajar undergraduate selama tiga tahun dan merupakan persiapan untuk pekerjaan kualifikasi-tinggi atau untuk belajar doktor.

Di negara-negara lain juga dikenal gelar Master of Arts (M.A.) dan Master of Science (M.Sc). Gelar M.A. diberikan bagi para sarjana yang menempuh pendidikan lanjut dalam bidang liberal arts, seperti psikologi, pendidikan, dan lain-lain. Gelar M.Sc. secara khusus diberikan bagi para sarjana yang menempuh pendidikan lanjut dalam bidang sains dengan mengutamakan pendekatan perhitungan, misalnya matematika, teknik, dan ekonomi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]