MBA

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Magister Bisnis Administrasi (bahasa Inggris: Master of Business Administration, MBA) adalah sebuah gelar tersier dalam manajemen bisnis. Awalnya dirancang untuk menyediakan para teknisi dengan kemampuan manajemen, sekarang ini MBA mengambil pendaftar dari berbagai macam disiplin.

MBA dianggap sebuah gelar Master profesional dan juga gelar akademis tradisional. Namun, penyelesaian dari sebuah profesional MBA biasanya tidak dapat melanjutkan ke tingkat Ph.D. meskipun dapat menolong. Sekolah yang menawarkan MBA biasanya dikenal sebagai sekolah bisnis atau manajemen.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perancangan MBA berasal dari Amerika Serikat, yang mulai sebagai negara industri dan perusahaan-perusahaan mulai mengadakan pendekatan ilmiah dalam manajemen. Sekolah bisnis Amerika pertama, Wharton School of the University of Pennsylvania, diresmikan pada 1891.

Di AS, biaya rata-rata untuk mendapatkan gelar MBA melalui program penuh-waktu "accredited" (tidak termasuk tempat tinggal) meningkat dari AS$124.000 pada 1993 menjadi $162.000 pada 2001 (lihat Davies and Cline, 2005).


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]