Portal:Pertanian/Berita terkini/November/2014

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berita 2014[sunting sumber]

30 November 2014
  • "Gagal panen akibat kekeringan yang panjang menyebabkan petani di Nikaragua beralih menjadi pengumpul tarantula. Hewan ini dijual ke salah satu pengembang biak hewan eksotis yang kemudian diekspor ke luar negeri untuk dijadikan hewan peliharaan. Para petani tersebut mendapatkan penghasilan antara satu hingga delapan US dollar per ekor tergantung spesiesnya. Pendapatan tersebut cukup berarti, karena setiap USD dapat membeli satu kilo beras dan satu liter susu. Setiap dua minggu, petani dapat mengumpulkan hingga 400 ekor tarantula." (Malay Mail Online) (Yahoo News)

29 November 2014
  • "Crop swap atau barter hasil pertanian menjadi sebuah trend baru di antara pelaku pertanian urban di berbagai lokasi di California. Crop swap mirip dengan pasar petani namun lebih menekankan pada pertemuan antar petani. Barter dilakukan dengan negosiasi dan tawar-menawar. Pertemuan antar petani tersebut juga dapat menjadi sarana bersosialisasi dan berbagi pengalaman. Trend ini berkembang karena didukung oleh dua undang-undang daerah yang disetujui oleh gubernurnya, yaitu Neighborhood Food Act yang mengatur perkumpulan warga dalam membangun pertanian urban, dan Urban Agriculture Incentives Act yang membebaskan pajak tanah jika halaman rumah warga dijadikan tempat produksi hasil pertanian." (New York Times) (Bend Bulletin)

28 November 2014
  • "Industri gum alami di India mulai mencari pasar baru setelah turunnya harga minyak dunia yang berpotensi menurunkan produksi minyak mentah Amerika Serikat. Penambang minyak menggunakan gum alami dari biji pohon guar (Cyamopsis tetragonoloba) untuk melakukan hydraulic fracturing, yaitu memecah struktur bebatuan untuk mendapatkan lebih banyak minyak bumi. Proyeksi penurunan produksi minyak bumi Amerika Serikat berarti menurunkan permintaan gum guar. Selama ini, 60 persen produksi gum guar dunia digunakan untuk hydraulic fracturing, dan 80 persennya diproduksi di India." (Reuters) (Business Standard)

27 November 2014
26 November 2014
  • "Sebuah penelitian yang dibiayai Meat and Livestock Australia menemukan metode yang tepat dalam menilai kualitas daging. Mereka menggunakan nilai hambatan listrik untuk mengukur kadar air daging, dan emisi sinar-X untuk mengetahui jumlah lemak intra-muscular. Keduanya merupakan indikator kualitas daging. Dari penggunaan metode tersebut, daging domba asal Tasmania mendapatkan skor tertinggi. Temuan ini juga mematahkan mitos bahwa daging sapi ras tertentu memiliki kualitas lebih baik; kenyataannya hal tersebut tidak benar." (Farm Weekly) (ABC Australia)

25 November 2014
  • "Para ilmuwan Australia memaparkan laporan mengenai kecenderungan dunia usaha di Australia yang semakin menekankan efisiensi akan meningkatkan risiko ketahanan hayati (biosecurity) negara tersebut. Tiga risiko utama yang harus diwaspadai diantaranya adalah pandemi penyakit mulut dan kuku, keruntuhan populasi lebah, dan penyebaran penyakit yang menyerang tanaman gandum. Ketiganya dapat tersebar melalui aktivitas perdagangan komoditas dan dapat menyebabkan wabah kelaparan. Lebah di Australia menyerbuki sepertiga komoditas hasil tanaman yang diperdagangkan." (Science 2.0) (Phys.org)

Kerangka mammoth
Kerangka
mammoth
24 November 2014
22 November 2014
  • "Sebuah tim peneliti internasional dari berbagai negara meneliti 53 situs arkeologi di timur laut Tibet dan menemukan bahwa barley menjadi kunci dimulainya adaptasi manusia di "atap dunia". Dalam situs arkeologi tersebut, ditemukan berbagai serealia seperti millet dan barley, yang telah memfosil. Hingga ke ketinggian 2500, rasio serealia yang ditemukan lebih banyak berupa barley. Serealia ini merupakan tanaman yang lebih tahan dingin dibandingkan millet. Dengan musim tanam yang lebih panjang, mengharuskan manusia yang bercocok tanam barley hidup dalam pemukiman yang lebih permanen." (Los Angeles Times) (Smithsonian Magazine)

20 November 2014
Bunga matahari, salah satu jenis tanaman semusim
Bunga matahari,
salah satu jenis
tanaman semusim
19 November 2014
  • "Kasus flu burung ditemukan di Inggris, menyerang peternakan bebek di East Yorkshire. Virus flu burung yang ditemukan kemudian diteliti dan diketahui berupa strain H5N8, strain yang sama yang menyerang Jerman dan Belanda. Pemusnahan terhadap 6000 ekor bebek milik sebuah peternakan unggas dilakukan untuk mencegah penyebaran lebih lanjut. Peneliti memperkirakan bahwa migrasi unggas dari utara ke selatan karena datangnya musim dingin menjadi pemicu menyebarnya flu burung ke wilayah ini hingga ke Jerman dan Belanda." (BBC) (Herald Scotland)

18 November 2014
15 November 2014
  • "Temperatur dingin ekstrim di berbagai sentra produksi gandum di Amerika Serikat menyebabkan ketidakpastian suplai di masa depan sehingga menyebabkan harga di pasar komoditas berjangka meningkat tajam. Gandum yang ditanam di Amerika Serikat sebagian besar adalah varietas gandum musim dingin yang ditanam di musim gugur dan dipanen di musim panas. Dibutuhkan salju untuk melindungi gandum yang baru tumbuh dari temperatur udara musim dingin. Namun temperatur dingin yang tidak disertai salju dapat membunuh gandum muda." (Winfield Daily Courier) (Omaha World Herald)

12 November 2014
Vodka di pasar
Vodka di pasar
  • "Sebuah badan usaha penyulingan minuman beralkohol di Skotlandia, Arbikie Distillery, mengintegrasikan penyulingannya dengan lahan usaha tani milik sendiri, menjadikan perusahaan ini yang pertama dalam menerapkan konsep farm-to-bottle. Perusahaan ini memproduksi vodka dari kentang yang dihasilkan di lahan pertaniannya sendiri. Perusahaan ini digerakkan secara turun temurun dalam keluarga sejak empat generasi. Mereka percaya dengan menggunakan kentang dan air lokal, minuman beralkohol yang diproduksi akan memiliki gaya dan ciri khas tersendiri." (The Spirits Business) (Herald Scotland)

  • "Sebuah voting yang dilakukan anggota parlemen negara Uni Eropa mengizinkan fleksibilitas bagi negara anggota untuk menentukan sikap terhadap GMO atau tanaman yang termodifikasi secara genetika, termasuk melarang atau membatasi meski penggunaan GMO telah diizinkan di tingkat Uni Eropa. Keputusan ini disambut hangat oleh pakar lingkungan Eropa. GMO ditanam secara luas di Amerika Utara dan Asia, namun di Eropa tanggapan bervariasi dengan Prancis dan Jerman yang keras menolak, namun Inggris mengizinkan. Keputusan ini menjadikan perusahaan bioteknologi penghasil GMO tidak dapat melakukan banding di tingkat negara jika negara tersebut sudah menolak GMO." (EurActiv) (News.com.au) (EU Parliament News)

  • "Menurut perkiraan PBB, hasil panen opium di Afghanistan akan mencapai titik tertinggi tahun ini menyusul ditariknya pasukan asing dari negara tersebut. Diperkirakan peningkatan yang terjadi sebesar 27 persen. Provinsi Helmand yang pernah memproduksi opium namun sempat dihentikan oleh operasi militer pasukan Inggris, kembali menjadi produsen opium. Hasil penjualan opium digunakan oleh Taliban untuk membiayai gerilya mereka di negara tersebut." (The Guardian) (Newsweek)

11 November 2014
  • "Mendayagunakan veteran ke pertanian kini menjadi tren di Amerika Serikat. Berbagai gerakan dan organisasi seperti Armed to Farm, Farmer Veteran Coalition, Combat Boots to Cowboy Boots, Delaware Valley College Organic Farming Program for Military and Vets, dan sebagainya bergerak di seluruh penjuru Amerika Serikat untuk melatih para veteran bercocok tanam secara berkelanjutan. Gerakan ini bermanfaat untuk membantu para veteran yang tidak didukung oleh negara, yang selama ini menambah angka kemiskinan di negara tersebut." (Imperial Valley News) (AG Week)

10 November 2014
8 November 2014
6 November 2014
  • "Saffron Walden, sebuah kota di distrik Essex, Inggris Timur, kembali menjadi produsen saffron satu-satunya di Inggris setelah budaya tersebut hilang sejak 200 tahun lalu. Seorang petani di kota tersebut diam-diam memelihara dan memperbanyak umbi saffron, serta berusaha untuk memanen safron dari bunganya. Ia belajar secara autodidak sambil mempelajari manuskrip kuno tentang budi daya saffron yang pernah dilakukan di daerah tersebut sejak abad ke 16. Satu gram saffron dihargai 75 poundsterling, menjadikannya lebih mahal dari emas." (Telegraph) (Daily Mail)

5 November 2014
  • "Sepanjang tahun 2014, pemerintah China telah mengungkap kasus penyelundupan hasil pertanian sebanyak 487 kasus dengan total kerugian pajak mencapai 1.16 miliar USD. Jumlah ini meningkat sebesar 71 persen dibandingkan tahun lalu. Penyebabnya adalah kebijakan pemerintah China yang menaikan harga hasil pertanian yang akan dipedagangkan di Beijing demi membantu kawasan pedesaan, sehingga penyelundupan hasil pertanian dengan harga yang lebih murah menjadi daya tarik bagi penyelundup. Bahan pertanian yang paling banyak disita diantaranya beras, jagung, daging beku, dan kapas." (Hong Kong Standard) (International Business Times)

4 November 2014
  • "Otoritas Port Elizabeth, Afrika Selatan, membangun perikanan budi daya di pantai timur kota tersebut dengan alasan untuk mendatangkan lapangan pekerjaan. Upaya ini dikritik oleh para pemilik hotel, pakar biologi kelautan, tokoh masyarakat setempat, dan para atlet karena dapat mengundang ikan hiu mendekati pantai dan membahayakan wisatawan dan atlet. Kota ini menjadi tempat diadakannya acara olahraga triatlon tahunan, dan pembangunan budi daya perikanan di pantai dapat menggagalkan acara tersebut dan kota Port Elizabeth akan kehilangan pendapatan hingga 6.4 juta Euro per tahun. Salah seorang dewan kota mengusulkan agar budi daya dilakukan lebih menjorok ke daratan dan ada lahan yang tersedia untuk itu." (Phys.org) (News24)

Fotomikrografi partikulat abu
Fotomikrografi
partikulat abu
  • "Peneliti dari Universitas California, San Diego yang melakukan penelitian di India menemukan bahwa polusi udara mengurangi hasil pertanian hingga setengahnya. Jenis polutan yang diteliti adalah partikulat karbon dan ozon, yang keduanya sebagian besar dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil, merupakan polutan berumur pendek dan tidak mempengaruhi perubahan iklim seperti gas rumah kaca. Partikulat karbon menghalangi penerimaan cahaya matahari ke daun, sedangkan ozon merusak lapisan pelindung daun. Hasil penelitian dibandingkan dengan data historis hasil pertanian India." (The Guardian) (Phys.org)

Kayu mengandung 25% lignin
Kayu mengandung
25% lignin
  • "Peneliti dari Universitas Wisconsin-Madison menemukan metode yang murah dan mudah dalam mengubah lignin menjadi senyawa kimia sederhana. Lignin mencakup 30 persen dari total sampah biomassa dunia, dan dapat menjadi kunci pengembangan energi terbarukan jika lignin dapat dipecah menjadi konstituennya. Para peneliti menggunakan oksigen untuk memperlemah ikatan rantai pada lignin, lalu menggunakan asam untuk memutus ikatan rantai tersebut. Proses ini tidak membutuhkan tekanan dan temperatur tinggi, dan tidak membutuhkan katalis." (Phys.org) (Science World Report)

3 November 2014
Jalak (Sturnidae)
Jalak (Sturnidae)
1 November 2014
  • "Sebuah firma yang bermarkas di Swiss dan Belanda mendesain instalasi budi daya alga berupa pipa dengan fluida yang bersirkulasi di dalamnya. Instalasi ini bersifat ramping dengan permukaan yang luas, dan telah dipasang di jembatan penyeberangan di Jenewa, Swiss. Jalan raya merupakan tempat yang tepat untuk budi daya alga karena matahari yang terik dan emisi gas karbon dioksida yang tinggi dari kendaraan sehingga dapat berfungsi sebagai penangkap karbon. Instalasi ini merupakan karya yang akan dilombakan dalam festival Genève: Villes et Champs." (Architecture & Design) (Gizmodo)

Berita 2013[sunting sumber]

30 November 2013
  • "Guna meningkatkan daya saing produk pertanian mengahadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, Kementerian Pertanian Republik Indonesia menggelar Anugerah Produk Pertanian Berdaya Saing 2013. Acara yang digelar ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan pemerintah untuk memotivasi dan menggalang peran dan partipasi masyarakat dalam menghasilkan produk pertanian yang bernilai tambah dan berdaya saing." (Kompas)

29 November 2013
  • "Kenaikan mandatory kandungan biodiesel pada biosolar untuk seluruh sektor sekitar 20%, dari sebelumnya 7,5% mendongkrak peningkatan konsumsi CPO di Indonesia sebanyak 1,8 juta ton atau 3,2% dari produksi CPO dunia. Selain itu, pemerintah Indonesia menargetkan penghematan devisa sebesar empat miliar dolar AS dari penerapan kebijakan "mandatory" 10 persen pemanfaatan biodiesel dalam solar untuk menekan defisit transaksi berjalan, pada 2014." (Antara) (Antara)

  • "Keberhasilan Kota Depok (Jabar) meraih penghargaan Adi Karya Pangan Nusantara Kategori Pembina Ketahanan Pangan dari Pemerintah pada 2013, menjadikan Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail memberikan apresiasi kepada para pihak-pihak yang turut menyukseskan program makan nasi hanya sekali saja atau One Day No Rice (ODNR) seperti para pengusaha restoran di Depok, lembaga perusahaan yang juga menerapkan ODNR, dan mereka selalu melakukan kegiatan sosialisasi, serta tentunya warga Depok yang bertindak sebagai konsumen." (Antara)

28 November 2013
27 November 2013
  • "Dalam 10 tahun terakhir luas lahan perkebunan teh di Indonesia berkurang 30.000 hektar atau saat ini tersisa 120.000 hektar. Ekspor teh terus menurun, sedangkan impor terus naik." (Kompas)

26 November 2013
25 November 2013
  • "Dirjen Peternakan mengatakan pihaknya tengah mengembangkan sapi unggulan dan mengkategorikan sapi sesuai kelasnya dalam upaya mewujudkan swasembada daging sapi di Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan peternak sapi." (Antara)

24 November 2013
Lahan pertanian di China
Lahan pertanian di China
23 November 2013
  • "Dalam dekade terakhir di AS, berkembang industri "Agri-tainment" atau wisata pertanian bernilai pilihan ribu dolaar, yang tercipta setiap musim panen mendekati akhir tahun. Salah satu yang paling populer adalah wisata "Corn Maze" atau labirin kebun jagung." (VOA Indonesia)

22 November 2013
  • "Dalam 2 tahun terakhir produksi susu sapi nasional terus menurun 400 ton per hari. Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan menyebut banyaknya sapi perah yang dipotong jadi alasan penurunan produksi tersebut." (Kompas)

21 November 2013
Peternakan sapi
Peternakan sapi
20 November 2013
19 November 2013
18 November 2013
Deforestasi di Riau
Deforestasi
di Riau
  • "Indonesia belum memiliki satu peta yang dapat memberikan angka pasti berapa jumlah hutan yang dimiliki maupun yang terdeforestasi. Padahal, peta sangat penting untuk melihat fakta di lapangan, berapa luas hutan, apa batasnya, hingga siapa yang memiliki suatu lahan." (Antara)

17 November 2013
  • "Sejumlah petani nekat memanen meski ladang mereka berada dalam radius berbahaya aktivitas Gunung Sinabung. Petani dari Desa Madinding, yang berjarak 1,8 km dari kawah Gunung Sinabung, berdalih terpaksa kembali memanen untuk memenuhi kebutuhan biaya hidup mereka selama tinggal di penampungan." (MetroTV News)

16 November 2013
Luwak di dalam kandang
Luwak di dalam kandang
15 November 2013
Perkiraan perubahan tingkat keasaman air laut sejak tahun 1700 hingga 1990
Perkiraan perubahan tingkat
keasaman air laut sejak
tahun 1700 hingga 1990
14 November 2013
  • "Neraca perdagangan Indonesia dari sektor pertanian masih ada yang positif. Namun baru subsektor perkebunan saja yang merajai, sementara komoditas hortikultura masih banyak importasi. Neraca perdagangan hasil pertanian masih surplus didorong empat komoditas, yaitu kelapa sawit, karet, kakao, dan kopi. Neraca hortikultura yang negatif tersebut menggambarkan buah dan sayur impor lebih diminati konsumen daripada produk lokal." (Kompas)

13 November 2013
  • "Realisasi konsumsi biodiesel meningkat hingga 100 persen pasca penerbitan Peraturan Menteri ESDM No 25 Tahun 2013. Pada Agustus 2013, konsumsi fatty acid methyl ester (FAME) yang dicampurkan ke dalam solar, masih 57.871 kiloliter. Realisasi konsumsi FAME pada September 2013 mencapai 101.857 kiloliter. Realisasi konsumsi FAME pada Oktober sudah 116.261 kiloliter." (Antara)

12 November 2013
11 November 2013
  • "Forum Koordinasi Pengendalian Inflasi (FKPI) Jawa Barat meluncurkan situs web informasi harga pangan (priangan.org) untuk wilayah Jabar dan Banten. Peluncuran diresmikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di kantor Bank Indonesia Bandung, Jawa Barat, Senin, 11 November 2013." (Kompas)

10 November 2013
Tanaman tembakau
Tanaman tembakau
9 November 2013
Susunan atom lemak trans
Susunan atom
lemak trans
8 November 2013
  • "Perajin makanan masih harus membeli kedelai dengan harga tinggi sekitar Rp 9.500 per kilogram meski pemerintah telah membebaskan bea masuk importasi kedelai menjadi 0 persen." (Kompas)

7 November 2013
Serealia dan produknya
Serealia dan produknya
  • "Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) mengatakan pertumbuhan produksi pangan melambat sehingga mengancam ketahanan pangan global. Pertumbuhan hasil produksi serealia yang menjadi bahan makanan utama sebagian besar penduduk dunia, cenderung melambat sejak tahun 1961. Salah satu produk sereal yaitu gandum misalnya pada periode 1961-2007 pertumbuhannya mendekati angka tiga persen per tahun. Namun sejak 2005 dan diperkirakan sampai 2050 pertumbuhan hasil produksi komoditas tersebut turun dibawah satu persen per tahun. Demikian pula dengan beras/padi yang masuk dalam kategori sereal, pertumbuhan produksinya diperkirakan turun selama 2005 hingga 2050 menjadi sekitar 0,5 persen per tahun. Padahal pada periode 1961 sampai 2007 rata-rata pertumbuhan hasil produksi padi dunia sekitar dua persen." (Antara)

  • "Setiap tahun, 3,5 juta hektar hutan Indonesia mengalami kerusakan. Demikian disampaikan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dalam Temu Rimbawan Sulawesi Utara yang dilaksanakan di Kantor Balai Penelitian Kehutanan Manado, Sulawesi Utara, Kamis 7 November 2013. Menurut Zulkifli, ironi itu terjadi karena dunia justru sangat bergantung pada kekayaan hutan Indonesia untuk menjaga ekosistem global. Selain itu, laju kerusakan hutan tersebut belum diimbangi dengan usaha pemulihan hutan yang maksimal." (Kompas)

6 November 2013
  • "Realisasi pemanfaatan biodiesel selama Januari-Oktober 2013 mencapai 716.697 kiloliter (kl), meningkat 32% dibanding periode yang sama tahun lalu. Meski demikian, realisasi tersebut baru 67,43% dari target akhir tahun. Peningkatan signifikan ini terjadi peningkatan mandatory penggunaan biodiesel pada BBM menjadi 10% yang sudah berjalan sejak 1 September." (MetroTVnews)

5 November 2013
4 November 2013
Kale siap panen
Kale siap panen
  • "Resesi di Inggris berdampak pada kualitas makanan anak-anak dari keluarga muda. Studi di Inggris mengungkapkan keluarga muda di negara tersebut mengurangi belanja sayuran dan buah segar dan beralih kepada makanan yang memiliki kandungan gizi rendah." (Detik)

3 November 2013
  • '"Wakil Menteri Pertanian, Rusman Heriawan menyatakan Indonesia bertekad menjadi penghasil kakao terbesar kedua di dunia, setelah negara Pantai Gading. Indonesia saat ini berada di posisi ketiga setelah negara Pantai Gading dan Ghana, sebagai penghasil kakao dunia. Produksi kakao di Indonesia saat ini telah mencapai 712 ribu ton per tahun dengan luas lahan sekitar 1,7 juta hektare." (Antara)

2 November 2013
1 November 2013
  • "Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Nilai Tukar Petani (NTP) atau tingkat kesejahteraan petani di Indonesia selama Oktober 2013 mencapai 105,30 poin, naik 0,71 persen dibanding NTP periode September 2013 sebesar 104,56 poin. Kenaikan kesejahteraan petani didorong melonjaknya NTP subsektor Tanaman Pangan sebesar 0,85 persen, NTP subsektor Hortikultura 0,51 persen, NTP subsektor Tanaman Perkebunan Rakyat 0,74 persen dan NTP subsektor Peternakan 1,10 persen. Namun NTP subsektor Perikanan turun turun 0,70 persen. NTP menunjukkan daya tukar (term of trade) dari produk pertanian dengan barang dan jasa yang dikonsumsi maupun untuk biaya produksi. Semakin tinggi NTP, secara relatif semakin kuat pula tingkat kemampuan atau daya beli petani." (Antara)