Simplot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
J. R. Simplot Company
Swasta
Didirikan1929; 95 tahun lalu (1929); Declo, Idaho
Kantor
pusat
Boise, Idaho
Tokoh
kunci
J. R. Simplot, Pendiri
Garrett Lofto, President dan CEO
Scott R. Simplot, Chairman
Produkpengolahan makanan beku, pembuatan pupuk, pakan ternak, dan bisnis lain yang terkait dengan pertanian
Karyawan
10.000
Situs webhttp://www.simplot.com

J. R. Simplot Company (umumnya disebut Simplot) didirikan pada tahun 1929 oleh John Richard Simplot, yang saat itu baru berusia 20 tahun, dekat komunitas pertanian kecil Declo di sebalah tengah-selatan Idaho, Amerika Serikat. Sejak awal 1940-an, bisnisnya mulai berkembang, melayani kebutuhan bawang dan kentang kering untuk militer selama Perang Dunia II. Resmi menjadi perusahaan berbadan hukum dengan nama J. R. Simplot Company pada tahun 1955.

Simplot menghasilkan miliaran dari komersialisasi kentang goreng beku karya salah seorang ilmuwannya, ahli kimia Ray L. Dunlap. Pada awal 1970-an, ia menjadi pemasok utama kentang goreng untuk McDonald's dan pada tahun 2005, ia memasok kentang goreng ke lebih dari setengah rantai rumah makan siap saji yang ada di Amerika Serikat. Selain itu, Simplot juga memproduksi pupuk untuk pertanian,[1] penambangannya telah menjadi penyebab keprihatinan lingkungan baru-baru ini.

Simplot sekarang adalah salah satu perusahaan perusahaan swasta terbesar di dunia (Perusahaan Swasta peringkat ke-59 dalam majalah Forbes edisi tahun 2004) dan memiliki cabang di beberapa negara seperti Australia, Kanada, Meksiko, dan Tiongkok. Salah satu pabrik utamanya berada di Caldwell, Idaho.

J. R. Simplot pensiun sebagai presiden perusahaannya pada tahun 1973, tetapi tetap terlibat selama bertahun-tahun kemudian. Dia mengundurkan diri sebagai ketua dewan pada tahun 1994, dan memegang gelar Ketua Emeritus sampai kematiannya pada tahun 2008.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Brandt, Richard (1990-09-03). "J.R. Simplot: Still Hustling, after all these years". Business Week (3176): 60–65. ISSN 0007-7135.