Portal:Pertanian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Selamat datang di
Portal Pertanian


Gambaran klasik pertanian di Indonesia

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.

Artikel pilihan

frames

Lahan tidur adalah lahan pertanian yang sudah tidak digunakan selama lebih dari dua tahun. Lahan tidur umumnya merupakan sebuah bagian dari sistem peladangan berpindah di mana petani membuka hutan, menanamnya selama beberapa musim tanam, dan meninggalkannya untuk membuka lahan baru. Lahan tidur seringkali berupa lahan yang kritis dan miskin nutrisi sehingga sulit untuk ditanami tanaman penghasil pangan maupun tanaman pertanian lain yang cepat menghasilkan.

Penyebab terbentuknya lahan tidur bisa dilihat secara fisik dan sosial. Ketika suatu lahan tidak lagi mampu mendukung pertumbuhan tanaman secara optimal, biasanya lahan ditinggalkan. Hal ini umum terjadi pada sistem ladang berpindah. Sistem ladang berpindah diketahui sebagai penyebab terjadinya degradasi lahan yang dapat menuju ke desertifikasi. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: VanilaPertanian subsistenPenggembalaan hewan

Gambar pilihan

Various grains.jpg

Berita terkini

Artikel merah

Artikel-artikel berikut termasuk kategori artikel merah di dalam kategori Pertanian, kami membutuhkan bantuan Anda untuk membuatnya.

Umum



Budi daya tanaman



Perikanan



Peternakan



Kehutanan



Teknologi pertanian




Tahukah Anda ...

{{{title}}}
Alpaca
  • "... bahwa alpaka dicukur hanya dua tahun sekali, dan setiap kali hanya menghasilkan sekitar 3 kg wol? Karena wol alpaka sangat disukai, sementara hasil cukurannya sedikit sekali, harganya pun sangat mahal."
  • "... bahwa unta dapat kehilangan hingga 30 persen berat tubuhnya karena keluarnya keringat, dan tetap berjalan melintasi padang pasir? Manusia akan mati setelah 12 persen dari berat tubuhnya hilang dalam bentuk keringat."
  • "... bahwa umbi dan daun narsis mengandung kristal-kristal beracun dan hanya dimakan oleh beberapa serangga tertentu saja?"
  • "... bahwa tanaman menyerap air lebih sedikit pada tanah berkadar garam tinggi, sehingga mengganggu pertumbuhan?"
  • "... bahwa Penghargaan Pangan Dunia pada tahun 2013 menuai kritik dari kalangan internasional karena dianugerahkan kepada tokoh penggagas tanaman transgenik yang berafiliasi dengan perusahaan yang menjadi sponsor (Monsanto dan Syngenta)?"
  • "... bahwa pertanian konvensional memiliki keanekaragaman hayati yang lebih rendah dibandingkan pertanian organik?"
  • "... bahwa krim kocok adalah krim yang telah diaduk menggunakan mesin kocok, alat kocok, atau garpu sampai warnanya cerah dan menggumpal dan sering dijadikan hiasan makanan atau minuman?"
  • "... bahwa mousse adalah makanan prasaji yang memanfaatkan gelembung udara untuk menciptakan tekstur cerah dan berlubang dan rasanya manis?"
  • "... bahwa risiko kesehatan akibat residu pestisida pada bahan pangan organik lebih rendah dibandingkan bahan pangan konvensional?"
  • "... bahwa menu makanan penjara pada umumnya bersifat rendah gula, rendah garam, dan mengandung kalori dalam jumlah sedang dan pantangan diet, agama, dan etika juga disertakan dalam penyajian makanan?"
  • "... bahwa Sayur Betik dan Sayur Pepaya Jepara merupakan makanan khas Jepara, Jawa Tengah?"
  • "... bahwa Acacia bucheri hanya dapat dijumpai di Kuba?"
  • "... bahwa getah sundi (Payena leerii) selain dapat dimakan buahnya dan dipakai kayunya sebagai bahan pembuat rumah, getah percanya pun digunakan sebagai pengganti Palaquium gutta walaupun kualitasnya lebih rendah?"
{{{title}}}
Mithraculus sculptus