Portal:Pertanian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Selamat datang di
Portal Pertanian


Gambaran klasik pertanian di Indonesia

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.

Artikel pilihan

Relief Candi Borobudur yang menggambarkan orang tengah membajak menggunakan dua ekor lembu

Bajak merupakan sebuah alat di bidang pertanian yang digunakan untuk menggemburkan tanah sebelum melakukan penanaman dan penaburan benih, juga merupakan salah satu alat paling sederhana dan berguna dalam sejarah.

Pada awal masa pertanian mulai berkembang, manusia hanya menggunakan sekop. Adalah mudah bagi penduduk yang tinggal di daerah yang sangat subur seperti di tepi sungai Nil, di mana banjir tahunan selalu memperbaharui tanah di daerah tersebut. Tetapi, untuk secara teratur bercocok-tanam di daerah yang kurang subur, tanah harus digemburkan terlebih dahulu agar setelahnya dapat membuat alur untuk menabur benih. (Selengkapnya...)

Gambar pilihan

Bushmeat - Buschfleisch Ghana.JPG

Berita terkini

Berita 2013[sunting | sunting sumber]


Tahukah Anda ...

{{{title}}}
Label pada hewan
  • "... bahwa pelabelan hewan tercatat dalam sejarah pertama kali dilakukan pada tahun 3800 SM?"* "... bahwa daging semak merupakan media penyebaran virus ebola?"
  • "... bahwa pada studi yang dilakukan pada tikus, pemanis buatan dapat meningkatkan kadar insulin dalam darah sebagai respon antisipatif yang biasa terjadi ketika tubuh mengkonsumsi makanan manis."
  • "... bahwa minuman pengganti susu dapat dibuat dari berbagai macam serealia dan serealia semu? Umumnya minuman pengganti susu mengandung lebih sedikit kalsium dibandingkan susu biasa."
{{{title}}}
Krim keju kedelai
{{{title}}}
Akar dandelion
{{{title}}}
Pot dalam ruangan
  • "... bahwa tanaman dalam ruangan dapat mengendalikan kondisi udara dalam ruangan yang mempengaruhi produktivitas manusia di dalamnya?"
  • "... bahwa kayu dari benuang laki (Duabanga moluccana) cocok digunakan sebagai bahan kayu lapis?"
  • "... bahwa kayu merkubung (Macaranga gigantea) sangat baik digunakan sebagai papan, kotak, alat pelampung, gagang cangkul, dan kayu bakar?"
  • "... bahwa jambu bol (Syzygium malaccense) pernah diusahakan besar-besaran pada zaman Hindia Belanda?"
  • "... bahwa suku Aztek menggunakan chinampa, yaitu pulau-pulau buatan berbentuk persegi panjang di tepian danau, sebagai lahan pertanian?"

Artikel merah

Artikel-artikel berikut termasuk kategori artikel merah di dalam kategori Pertanian, kami membutuhkan bantuan Anda untuk membuatnya.

Umum



Budi daya tanaman



Perikanan



Peternakan



Kehutanan



Teknologi pertanian