Portal:Pertanian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Selamat datang di
Portal Pertanian


Gambaran klasik pertanian di Indonesia

Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya.

Artikel pilihan

frames

Teknik pasca panen adalah pemanfaatan ilmu teknik dalam kegiatan pensortiran, pengemasan, pengaturan temperatur, transportasi, dan penyimpanan sementara bahan biologis pertanian. Aktivitas pasca panen melindungi kualitas produk pertanian yang dipanen. Pensortiran misalnya, diperlukan agar mengetahui apakah produk memenuhi kriteria standar kualitas untuk dipasarkan, dan memisahkan antara bahan yang berbeda kualitasnya. Secara singkat, pasca panen adalah aktivitas yang dilakukan terhadap hasil pertanian yang telah dipanen tanpa mengubah susunan kimiawinya dan wujud fisiknya secara signifikan.

Secara garis besar, pemanfaatan ilmu teknik pada kegiatan pasca panen meliputi pemantauan sifat fisik dan kimiawi bahan pertanian dan penggunaan teknologi dalam menangani bahan pertanian setelah pemanenan. Tidak bisa dipungkiri bahwa metode penanganan pasca panen akan sangat bervariasi karena produk pertanian memiliki sifat fisik dan kimiawi yang sangat beragam. Bahkan untuk bahan pertanian yang berasal dari satu jenis tanaman, misal antara beras gabah (beras yang masih mengandung bekatul) dan beras putih (yang sudah dibersihkan dari bekatul) membutuhkan penanganan yang berbeda karena beras gabah masih mengandung protein sehingga berpotensi membusuk lebih cepat dibandingkan beras putih.(Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya:KPBS PangalenganMakanan bekuKebinasaan ikan

Gambar pilihan

Tongkonan Sa dan.jpg

Berita terkini


Tahukah Anda ...

{{{title}}}
Sampah makanan
  • "... bahwa di negara maju, setiap individu dapat membuang makanan hingga 100 kg per tahun?"
  • "... bahwa pasar petani umumnya memberikan keuntungan bagi petani maupun konsumen? Karena hasil tani tidak diperdagangkan melalui perantara sehingga konsumen bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan petani bisa menjual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan yang ditetapkan perantara."
  • "... bahwa penyimpanan daging dapat mempengaruhi tekstur dan rasa daging? Berbagai metode penyimpanan dikembangkan untuk menghasilkan tekstur dan rasa yang optimal pada daging."
{{{title}}}
Tanaman serat
  • "... bahwa ISKARA menyebabkan Indonesia mengalami kelebihan produksi serat pada tahun 1986? Sehingga akademisi dituntut untuk menemukan diversifikasi pengolahan serat agar petani tidak kehilangan penghasilan."
  • "... bahwa retailer besar seperti supermarket cenderung menggunakan pengemasan makanan lebih banyak dibandingkan retailer kecil?"
  • "... bahwa kegiatan penangkapan ikan dilakukan oleh manusia sejak zaman prasejarah, yaitu sekitar era Paleolitikum (40 ribu tahun yang lalu)?"
  • "... bahwa Indonesia adalah negara pertama di dunia yang melakukan sertifikasi kayu, sementara negara lain menyerahkan program sertifikasi produk kayunya kepada lembaga di luar pemerintah?"
{{{title}}}
Malt
{{{title}}}
Umeboshi
{{{title}}}
Minyak sawit

Artikel merah

Artikel-artikel berikut termasuk kategori artikel merah di dalam kategori Pertanian, kami membutuhkan bantuan Anda untuk membuatnya.

Umum



Budi daya tanaman



Perikanan



Peternakan



Kehutanan



Teknologi pertanian