Wikipedia:Arsip halaman utama/2023/03/19

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Patung kepala Pythagoras dari Samos di Museum Capitolini, Roma

Pythagoras adalah seorang filsuf Yunani Ionia kuno dan perintis aliran pythagoreanisme. Ajaran politik dan keagamaannya dikenal di kawasan Magna Graecia pada masanya dan telah memengaruhi pemikiran Plato dan Aristoteles, sehingga secara tidak langsung ia juga telah berdampak terhadap perkembangan filsafat Barat. Pythagoras mengemukakan ajaran metempsikosis, yaitu keyakinan bahwa setiap jiwa itu abadi, dan akan masuk ke tubuh yang baru setelah kematian. Ia mungkin menggagas doktrin musica universalis, yang menyatakan bahwa planet-planet bergerak sesuai dengan persamaan matematika, sehingga menghasilkan simfoni musik yang tak terdengar. Pada zaman kuno, nama Pythagoras dikaitkan dengan berbagai penemuan, seperti teorema Pythagoras. Namun, para ahli sejarah klasik masih memperdebatkan apakah Pythagoras benar-benar telah membuat temuan-temuan ini, dan banyak pencapaian yang dikaitkan dengan namanya mungkin sudah ada sebelumnya atau dicetuskan oleh rekan atau penerusnya. Selain itu, masih diperdebatkan apakah ia benar-benar telah bersumbangsih terhadap bidang matematika atau filsafat alam. (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: AnschlussFerry TinggogoyWanita dan Satria

Peristiwa terkini

Li Qiang pada 2022
Li Qiang

Tahukah Anda

{{{title}}}
Peta Rwanda
  • "... bahwa pada hari Sabtu terakhir setiap bulannya, rakyat negara Rwanda (gambar) diwajibkan mengikuti umuganda, yaitu ketika masyarakat bergotong royong untuk membersihkan wilayah sekitar mereka dari pukul 08.00 hingga 11.00? Hari ini sendiri dijadikan hari libur nasional, dan mereka yang lalai dengan kewajibannya dapat diganjar hukuman denda."
  • "... bahwa Letusan Kambrium adalah peristiwa kemunculan filum-filum utama yang relatif "cepat" (cepat dalam artian ini mencakupi periode jutaan tahun) sekitar 530 juta tahun yang lalu? Kemunculan tersebut lalu diikuti oleh diversifikasi organisme-organisme lainnya, seperti hewan, fitoplankton dan kalsimikroba."
  • "... bahwa meskipun Provinsi Aceh memiliki hukum pidana Islam, hukum rajam tidak diberlakukan di provinsi tersebut, dan upaya untuk memperkenalkan hukuman ini pada tahun 2009 gagal karena diveto Gubernur Aceh Irwandi Yusuf?"
  • "... bahwa menurut eskatologi Lia Eden, para pengikut Lia Eden yang telah menjalani penyucian akan diangkat ke tempat tinggal baru di galaksi lain oleh UFO?"

Hari ini dalam sejarah

19 Maret: Hari Raya Santo Yusuf di Kristen Barat; Hari Ayah di sejumlah negara

Tanggal lain: 18 Maret 19 Maret 20 Maret

Hari ini tanggal 19 Maret 2023 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Foto kegiatan pengangkutan belerang di Kawah Ijen
Foto kegiatan pengangkutan belerang di Kawah Ijen
(ukuran asli: 5.760 × 3.840 piksel, 14,2 MB)

Oleh: CEphoto, Uwe Aranas
Lisensi: CC BY-SA 3.0