Komik Minggu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Komik Minggu atau strip Minggu adalah bagian komik yang dimuat di sebagian besar surat kabar dari barat. Dibandingkan dengan komik hari kerja, komik Minggu cenderung penuh halaman dan berwarna. Banyak pembaca surat kabar menyebut bagian ini sebagai Sunday Funnies, koran lucu, atau sekadar lelucon [1].

Komik strip di surat kabar AS pertama kali muncul pada akhir abad ke-19, terkait erat dengan penemuan mesin cetak berwarna. [2] The Little Bears karya Jimmy Swinnerton memperkenalkan seni berurutan dan karakter berulang dalam San Francisco Examiner karya William Randolph Hearst . Di Amerika Serikat, popularitas komik strip berwarna muncul dari peperang surat kabar antara Hearst dan Joseph Pulitzer . Beberapa surat kabar, seperti Grit, menerbitkan strip Minggu dalam warna hitam-putih, dan beberapa (kebanyakan di Kanada ) mencetak strip Minggu mereka pada hari Sabtu.

Subjek dan genre berkisar dari petualangan, detektif, dan strip humor hingga strip dramatis dengan situasi sinetron, seperti Mary Worth . Strip kontinuitas menggunakan narasi dalam alur cerita yang berkelanjutan. Strip lain menawarkan lelucon lengkap dalam satu episode, seperti Little Iodine dan Mutt dan Jeff . Strip Minggu kontras dengan komik harian, diterbitkan Senin sampai Sabtu, biasanya hitam putih. Banyak komik strip muncul setiap hari dan hari Minggu, dalam beberapa kasus, seperti Little Orphan Annie, menceritakan kisah yang sama setiap hari dan hari Minggu, dalam kasus lain, seperti The Phantom, menceritakan satu cerita di harian dan cerita berbeda di hari Minggu. Beberapa strip, seperti Prince Valiant hanya muncul pada hari Minggu. Lainnya, seperti Rip Kirby, hanya tersedia setiap hari dan tidak pernah muncul pada hari Minggu. Dalam beberapa kasus, seperti Buz Sawyer, Minggu strip adalah spin-off, dengan fokus pada karakter yang berbeda dari harian.

Strip populer[sunting | sunting sumber]

Strip Minggu satu halaman penuh yang terkenal termasuk Alley Oop, Barney Google dan Snuffy Smith, Blondie, Bringing Up Father, Buck Rogers, Captain Easy, Flash Gordon, dan Thimble Theater . Klasik semacam itu telah menemukan rumah baru dalam koleksi buku beberapa tahun terakhir. Di sisi lain, banyak strip seperti Specs karya Bob Gustafson dan The Captain's Gig karya Virgil Partch hampir sepenuhnya dilupakan hari ini, selain tampilan singkat di situs Stripper's Guide yang dijalankan oleh sejarawan komik Allan Holtz .

Banyak kartunis terkemuka juga menggambar strip atas yang menyertainya untuk dipasang di atas atau di bawah strip utama mereka, sebuah praktik yang mulai memudar pada akhir tahun 1930-an. Catatan Holtz, "Anda akan mendengar sejarawan mengatakan bahwa strip paling atas adalah korban dari kekurangan kertas Perang Dunia II. Jangan percaya sepatah kata pun—itu adalah iklan yang membunuh strip satu halaman penuh, dan yang membunuh puncak. Perang Dunia II hanya memperburuk situasi yang sudah buruk." [3]

Peran pers warna[sunting | sunting sumber]

Setelah penerbit Chicago Inter-Ocean melihat mesin cetak warna pertama di Paris di kantor Le Petit Journal, dia memiliki mesin cetak warna sendiri yang beroperasi pada akhir tahun 1892. [4] Di Perekam New York, manajer George Turner meminta R. Hoe & Co. mendesain mesin cetak berwarna, dan Perekam menerbitkan halaman berwarna surat kabar Amerika pertama pada tanggal 2 April 1893. Bulan berikutnya, Pulitzer's New York World mencetak "The Possibilities of the Broadway Cable Car" karya kartunis Walt McDougall sebagai halaman berwarna pada 21 Mei 1893. Pada tahun 1894, Pulitzer memperkenalkan suplemen warna hari Minggu.

The Yellow Kid biasanya dikreditkan sebagai salah satu komik strip surat kabar AS pertama. Namun, bentuk seni yang menggabungkan kata dan gambar berkembang secara bertahap, dan ada banyak contoh strip proto-komik. Pada tahun 1995, presiden King Features Syndicate Joseph F. D'Angelo menulis:

Di New York World karya Joseph Pulitzer, Yellow Kid legendaris kartunis Richard Outcault membuat debut korannya pada tahun 1895, tetapi New York Journal dari Hearst-lah yang dengan cerdik merenggut Kid dari lembaran saingan dan menempatkannya sebagai senjata kunci di koran bersejarah. perang sirkulasi. The Kid memimpin tuntutan dalam suplemen komik American Humorist yang luar biasa dari Hearst, dengan moto terkenalnya: "Delapan Halaman Cahaya Polikrom Warna-warni Yang Membuat Pelangi Terlihat Seperti Pipa Timah!" Pulitzer melawan balik dengan mempekerjakan artis lain untuk menggambar karakter Outcault untuk Dunia . Pertarungan sengit penerbit atas bulu babi botak dengan baju tidur kuning membuat para pengamat menyebut pertarungan surat kabar yang sensasional dan berteriak-teriak sebagai "jurnalisme kuning". Popularitas ungkapan itu menodai komik-komik awal sebagai hiburan yang kurang sopan, tetapi juga memperjelas bahwa "lucu-lucuan" telah menjadi bisnis yang serius, tampaknya dalam semalam.[5]

Pada tahun 1905, Little Nemo di Slumberland karya Winsor McCay dimulai. Stephen Becker, dalam Comic Art in America, mencatat bahwa Little Nemo in Slumberland adalah "kemungkinan strip pertama yang mengeksploitasi warna untuk tujuan estetika murni; itu adalah yang pertama di mana dialog, kadang-kadang bersuku kata banyak, bermain-main dengan ironi orang dewasa. [6]

Pada tahun 1906, suplemen komik Minggu mingguan menjadi hal yang biasa, dengan setengah lusin sindikat kompetitif yang mengedarkan komik strip ke surat kabar di setiap kota besar Amerika. Pada tahun 1923, Banding Komersial di Memphis, Tennessee, menjadi salah satu yang pertama di negara itu yang memperoleh stasiun radionya sendiri, dan itu adalah surat kabar Selatan pertama yang menerbitkan bagian komik hari Minggu.[7]

Untuk sebagian besar abad ke-20, lelucon hari Minggu adalah tradisi keluarga, dinikmati setiap akhir pekan oleh orang dewasa dan anak-anak. Mereka dibaca oleh jutaan orang dan menghasilkan karakter fiksi terkenal seperti Flash Gordon, Little Orphan Annie, Prince Valiant, Dick Tracy dan Terry and the Pirates . Memimpin daftar strip humor klasik adalah Bringing Up Father, Gasoline Alley, Li'l Abner, Pogo, Peanuts dan Smokey Stover . Beberapa surat kabar menambahkan fitur lokal mereka sendiri, seperti Our Own Oddities in the St. Louis Post-Dispatch . Ada strip pendidikan, seperti Heroes of American History dari King Features. Selain komik strip, segmen komik Sunday juga memuat iklan dalam format komik, feature panel tunggal, teka-teki, boneka kertas, dan aktivitas potong-tempel. Museum Dunia memberi instruksi kepada pembaca untuk memotong gambar dan menyusunnya menjadi diorama, seringkali dengan subjek dari alam, seperti The Grand Canyon atau Perburuan Kerbau . Sebuah halaman tentang gerbong tertutup memuat tajuk utama, "Gerobak tertutup ditampilkan dalam model yang mudah dibuat: Gunting, tempel, dan kertas kado adalah semua yang Anda butuhkan untuk membuat perangkat Barat ini."

Beberapa stasiun radio di seluruh Amerika Serikat menampilkan program Minggu pagi di mana seorang penyiar membacakan dengan lantang dari bagian komik Minggu, memungkinkan pembaca untuk mengikuti aksi di panel saat mereka mendengarkan dialog. Terutama, pada 8 Juli 1945, selama pemogokan pengantar surat kabar New York, walikota New York Fiorello H. La Guardia membaca komik melalui radio.

Sunday comic strip panel layout, designed to fill half a newspaper page.
Panel strip komik Minggu untuk mengisi sebagian surat kabar.[8]
Sunday comic strip panel layout, designed to fill a third of a newspaper page.
Tampilan panel strip komik Minggu, untuk mengisi surat kabar ketiga.[8]
Sunday comic strip panel layout, designed to fill a quarter of a newspaper page.
Tampilan panel strip komik Minggu, untuk mengisi seperempat koran.[8]

Strip Minggu pagi memenuhi seluruh halaman surat kabar. Strip selanjutnya, seperti The Phantom and Terry and the Pirates, biasanya hanya setengah dari ukuran itu, dengan dua strip per halaman di surat kabar ukuran penuh, seperti New Orleans Times Picayune, atau dengan satu strip di halaman tabloid, seperti di Chicago Sun-Times . [9] Ketika strip hari Minggu mulai muncul dalam lebih dari satu format, kartunis perlu mengikuti tata letak strip standar, yang memberikan fleksibilitas terbesar kepada surat kabar dalam menentukan cara mencetak strip. [8] Satu perbedaan penting di antara suplemen komik Sunday adalah suplemen yang diproduksi dalam format seperti buku komik, yang menampilkan karakter The Spirit . Suplemen hari Minggu mandiri setebal enam belas halaman (kemudian delapan halaman) dari karakter Will Eisner (didistribusikan oleh Register and Tribune Syndicate ) disertakan dengan surat kabar dari tahun 1940 hingga 1952. Selama Perang Dunia II, karena kekurangan kertas, ukuran strip hari Minggu mulai menyusut. Setelah perang, strip terus menjadi semakin kecil, untuk menghemat biaya pencetakan begitu banyak halaman berwarna. Komik strip satu halaman penuh terakhir adalah strip Prince Valiant untuk 11 April 1971. Dimensi komik Sunday terus menyusut dalam beberapa tahun terakhir, begitu pula jumlah halamannya. Bagian komik hari Minggu yang terdiri dari 10 atau 12 halaman pada tahun 1950 turun menjadi enam atau empat halaman pada tahun 2005. Salah satu komik Sunday ukuran besar terakhir di Amerika Serikat ada di Reading Eagle, yang memiliki delapan halaman seukuran Berliner dan memuat 36 komik. Judul spanduknya adalah "Bagian Komik Terbesar di Tanah Air". [9] Bagian komik ukuran besar lainnya adalah The Washington Post yang memuat 41 strip dalam delapan halaman lembar lebar meskipun juga berisi sudoku dan teka-teki Jumble. Bagian komik surat kabar Kanada unik tidak hanya karena dicetak pada hari Sabtu, tetapi biasanya juga merupakan bagian dari bagian hiburan atau gaya hidup. Pengecualian penting adalah dari Winnipeg Free Press yang menerbitkan bagian tabloid khusus komik delapan halaman.

Strip awal[sunting | sunting sumber]

Strip Minggu pagi biasanya memenuhi halaman surat kabar penuh, tetapi selama beberapa dekade ukurannya menyusut, menjadi semakin kecil. Saat ini, tidak ada strip Minggu yang berdiri sendiri di satu halaman, dan beberapa surat kabar memadati sebanyak delapan strip Minggu dalam satu halaman. Strip hari Minggu satu halaman penuh terakhir adalah Prince Valiant, yang diterbitkan sebagai satu halaman penuh di beberapa surat kabar hingga tahun 1971. Tak lama setelah satu halaman penuh Pangeran Valiant dihentikan, Hal Foster pensiun dari menggambar strip, meskipun dia terus menulisnya selama beberapa tahun lagi. Manuscript Press menerbitkan cetakan strip Prince Valiant terakhirnya dalam format halaman penuh; ini adalah komik strip satu halaman penuh terakhir, meskipun tidak muncul dalam format itu di surat kabar. [10]

Kebangkitan[sunting | sunting sumber]

Selama dasawarsa 1950-an, ada beberapa upaya singkat untuk menghidupkan kembali strip hari Minggu satu halaman penuh. Contoh-contoh seperti Lance oleh Warren Tufts dan Johnny Reb dan Billy Yank dari Frank Giacoia terbukti sukses secara artistik, meskipun tidak komersial.

Format lain[sunting | sunting sumber]

Format lain untuk strip Minggu termasuk setengah halaman, sepertiga halaman, seperempat halaman, halaman tabloid atau tab, dan setengah tab, kependekan dari setengah halaman tabloid. Hari ini, dengan ukuran strip Minggu yang terus menyusut, banyak format lain yang lebih kecil berlimpah. [11]

Biasanya, hanya format terbesar yang selesai, dengan format lain menjatuhkan atau memangkas satu atau lebih panel. Panel "sekali pakai" seperti itu sering kali mengandung bahan yang tidak penting untuk bagian utama strip. Sebagian besar kartunis mengisi dua panel pertama dari strip mereka dengan " lelucon sekali pakai ", mengetahui bahwa publik mungkin tidak melihatnya, dan menjadikannya bagian integral dari plot kemungkinan besar akan sia-sia. Pengecualian untuk aturan ini termasuk Steve Canyon dan, hingga beberapa tahun terakhir, On Stage, yang hanya lengkap dalam format ketiga . Alternatifnya adalah memiliki strip terpisah, sebuah " puncak " (meskipun mungkin muncul di bagian bawah), jadi dengan puncak itu terdiri dari setengah halaman tiga tingkat, dan tanpa itu terdiri dari halaman ketiga dua tingkat.

Strip Minggu setengah halaman memiliki setidaknya dua gaya yang berbeda. Sindikat The King Features, the Creators' dan Chicago Tribune menggunakan sembilan panel (dengan hanya satu yang digunakan untuk judul), sementara strip Minggu setengah halaman United Features dan Universal Press (sebagian besar menggunakan format halaman ketiga sebagai gantinya) menggunakan dua panel untuk judul (kecuali untuk Jim Davis ' US Acres —yang menggunakan format sembilan panel- selama 1980-an, ketika sebagian besar strip UFS — terutama Garfield Davis yang lebih sukses — akan memiliki lelucon sekali pakai).

Saat ini, format terbesar dan terlengkap untuk sebagian besar strip Minggu, seperti Peanuts, adalah setengah halaman . Beberapa strip telah cukup populer bagi artis untuk bersikeras agar strip hari Minggu dijalankan dalam format setengah halaman, meskipun tidak harus dalam ukuran setengah halaman. Calvin dan Hobbes adalah strip pertama yang melakukan ini, diikuti oleh Outland dan kemudian Opus . The Reading Eagle adalah salah satu dari sedikit surat kabar yang masih menerbitkan strip Minggu setengah halaman. [12] Hari ini, Slylock Fox & Comics for Kids adalah contoh populer dari strip Minggu standar setengah halaman tiga tingkat.

Dalam beberapa kasus saat ini, dimensi strip harian dan strip Minggu hampir sama. Misalnya, strip harian di The Arizona Republic berukuran 4¾ "lebarnya 1½ "dalam, sedangkan strip Hägar the Horrible Sunday tiga tingkat di kertas yang sama lebarnya 5" kali 3 "dalam.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "funnies". Random House Webster's Unabridged Dictionary.
  2. ^ Robinson, Jerry (1974). The Comics: An Illustrated History of Comic Strip Art. G. P. Putnam's Sons. 
  3. ^ Holtz, Allan. "Obscurity of the Day: Wimpy's Zoo's Who" March 17, 2008.
  4. ^ Becker, Stephen. Comic Art in America. Simon & Schuster, 1959.
  5. ^ "William Randolph Hearst and the Comics"
  6. ^ Becker, Stephen. Comic Art in America. Simon & Schuster, 1959.
  7. ^ The Tennessee Encyclopedia of History and Culture
  8. ^ a b c d Watterson, Bill (1995). Calvin and Hobbes Tenth Anniversary Book. Andrews and McMeel. hlm. 14–15. ISBN 0-8362-0438-7. 
  9. ^ a b Holtz, Allan. Stripper's Guide Dictionary Part 1: Sunday Strips, August 14, 2007.
  10. ^ Holtz, Allan. Stripper's Guide Dictionary Part 1: Sunday Strips, August 14, 2007.
  11. ^ Holtz, Allan. Stripper's Guide Dictionary Part 1: Sunday Strips, August 14, 2007.
  12. ^ Holtz, Allan. Stripper's Guide Dictionary Part 1: Sunday Strips, August 14, 2007.

Bacaan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]