Dick Tracy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dick Tracy
Gould1947.jpg
Gambar Chester Gould untuk sampul Quaker Puffed Wheat 1947
dibagikan dengan cetak ulang dari komik Dick Tracy 1940-an.
Pengarang Chester Gould
Dick Locher
Status sekarang / jadwal terbitan Masih berlangsung
Tanggal diluncurkan 4 Oktober 1931
Sindikat Tribune Media Services
Genre Laga, Petualangan

Dick Tracy adalah sebuah strip komik yang telah lama dimuat, menampilkan tokoh budaya pop Amerika yang terkenal. Dick Tracy adalah seorang detektif polisi yang tangguh, sigap menembak dan sangat cerdas yang telah sering mengadu kepintaran dengan berbagai penjahat yang seringkali bertampang sangat buruk. Komik ini diciptakan oleh kartunis Chester Gould pada 1931, dan mulai muncul pada 4 Oktober 1931, diedarkan oleh Sindikat Chicago Tribune. Gould menulis dan menggambar strip ini hingga 1977. Strip komik yang kemudian berkembang luas ini dicetak ulang, sejak yang pertama, dalam edisi sampul tebal oleh Penerbit idw.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Tahun-tahun pertama[sunting | sunting sumber]

Chester Gould memperkenalkan kekerasan yang kasar dalam strip komik. Hal ini mencerminkan kekerasan pada tahun 1930-an di Chicago. Gould juga berupaya keras untuk mengikuti perkembangan dalam teknik-teknik perkelahian di dunia kejahatan dan, sementara Tracy seringkali mengakhiri sebuah kasus dalam tembak-menembak, ia menggunakan ilmu forensik, mengembangkan peralatannya dan daya berpikir keras untuk mengejar si penjahatnya. Pernah dikatakan bahwa strip komik ini merupakan contoh pertama dari kisah misteri tentang prosedur kepolisian. Yang lainnya mencatat bahwa plot "siapa pelakunya" relatif jarang dalam cerita-cerita ini, karena format strip komik tidak cocok untuk plot seperti itu. Fokus yang sesungguhnya, kata mereka, adalah dalam pengejarannya, dengan sang penjahat yang terlihat melakukan kejahatannya dan Dick Tracy memecahkan kasusnya dalam suatu pengejaran yang tidak habis-habisnya, sementara sang penjahat merasa semakin terdesak ketika si detektif makin mendekat.

Strip Dick Tracy karya Chester Gould untuk 23 September 1944

Sang penjahat dalam strip ini dapat dikatakan sebagai daya tarik terkuat bagi ceritanya. Dunia Tracy sangat jelas bersifat hitam-putih; di sini para penjahatnya kadang-kadang demikian jahatnya sehingga tubuh mereka digambarkan dengan penampilan yang sangat buruk untuk melukiskan dosa-dosa mereka terhadap dunia. Kejahatan yang mereka lakukan begitu telanjang dan kasar seperti sang penjahat gila Selbert Depool ("looped" yang dieja terbalik, ciri khas Gould). Pada kesempatan lain, gambarannya begitu halus seperti Shoulders yang sombong, yang selalu beranggapan bahwa semua perempuan menyukai dirinya. Bahkan ceritanya kadang-kadang hampir menyentuh genius seperti mata-mata Nazi Pruneface yang bukan hanya seorang insinyur perancang mesin tetapi juga bereksperimen dengan gas saraf.

"Flattop" Jones, musuh terkenal Dick Tracy

Tokoh penjahat paling terkenal Gould adalah Flattop Jones, seorang penjahat bayaran dengan kepala yang besar dan rata di bagian atasnya seluas tempat pendaratan pesawat di kapal induk. Flattop disewa oleh para penjahat di pasar gelap untuk membunuh Tracy, dan ia nyaris berhasil menjalankan tugasnya sebelum memutuskan untuk mula-mula memeras mereka yang membayarnya untuk mendapatkan lebih banyak uang. Ini ternyata merupakan kesalahan fatal karena hal ini memberikan waktu kepada Tracy untuk mengirimkan pesan meminta tolong. Ia akhirnya berhasil mengalahkan calon pembunuhnya dalam suatu adegan perkelahian yang spektakular bahkan ketika polisi menyerbu tempat persembunyian itu. Ketika Flattop akhirnya terbunuh, masyarakat penggemarnya berduka cita.


Filmografi[sunting | sunting sumber]


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Saksikan[sunting | sunting sumber]

Dengarkan[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]