Belgian Centre for Comic Strip Art

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Model seukuran manusia dari episode Perjalanan ke Bulan dari serial komik Petualangan Tintin

Belgian Centre for Comic Strip Art, (Belanda: Belgisch Centrum voor het Beeldverhaal, Prancis: Centre belge de la Bande dessinée), adalah museum yang menggambarkan sejarah komik di Belgia. Gedung ini sebelumnya adalah gedung pusat perbelanjaan yang terletak di salah satu distrik dari Brussel, menampilkan beberapa contoh komik dalam Bahasa Prancis, Bahasa Belanda dan Bahasa Inggris.

Koleksinya terdiri dari semua hal yang berhubungan dengan komik, termasuk didalamnya fiksi ilmiah, wild west, kejahatan dan politik dan juga komik untuk anak-anak seperti The Smurfs.

Mereka juga menampilkan koleksi dari serial komik terkenal dari Belgia seperti Tintin dan Milo dan penciptanya Hergé. Museum ini menampilkan bentuk kecil dari Petualangan Tintin, sejarahnya dan bahkan model seukuran manusianya dari komik tersebut. Selain itu juga terdapat sebuah toko cenderamata, perpustakaan untuk kepentingan penelitian serta rumah makan yang terletak di lantai dasar yang didesain oleh arsitek art nouveau dari Belgia, Victor Horta.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 50°51′04″N 4°21′36″E / 50.85111°N 4.36000°E / 50.85111; 4.36000