Penghargaan Pritzker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Penghargaan Arsitektur Pritzker
Medal of Pritzker Architecture Prize (front).gif
Medali Penghargaan Pritzker
Diberikan kepada Penghargaan sepanjang karier dalam seni arsitektur.
Sponsor Yayasan Hyatt
Hadiah US$100,000
Pertama diberikan 1979
Terakhir diberikan 2015
Situs web resmi Situs web resmi

Penghargaan Arsitektur Pritzker dianugerahi setiap tahun "untuk menghormati seorang arsitek atau para arsitek yang masih hidup yang membangun karya yang menunjukkan kombinasi dari kualitas talenta, visi, dan komitmen, yang telah memproduksi kontribusi konsisten dan signifikan untuk kemanusiaan dan membangun lingkungan melalui seni dan arsitektur."[1] Didirikan pada 1979 oleh Jay A. Pritzker dan istrinya Cindy, penghargaan tersebut didanai oleh keluarga Pritzker dan disponsori oleh Yayasan Hyatt. Penghargaan tersebut dianggap menjadi salah satu penghargaan arsitektur utama di dunia,[2] dan sering disebut sebagai Penghargaan Nobel dari bidang arsitektur.[3][4][5]

Penghargaan tersebut dikatakan dianugerahi "tanpa memandang kebangsaan, ras, golongan, atau ideologi."[6] Para penerimanya meraih US$100,000, sebuah sertifikat sitasi, dan sejak 1987, sebuah medali perunggu.[7] Rancangan pada medali tersebut terinspirasi dari karya arsitek Louis Sullivan, sementara inskripsi berbahasa Latin-nya di balik medali tersebut—firmitas, utilitas, venustas (Indonesia: kekuatan, fungsi, dan keindahan)—berasal dari arsitek Romawi kuno Vitruvius.[8] Sebelum tahun 1987, sebuah pahatan Henry Moore edisi terbatas menyertai penghargaan uangnya.[7]

Direktur Eksekutif penghargaan tersebut, Martha Thorne,[9] penominasian berasal dari serangkaian orang, yang meliputi Penerima masa lampau, akademisi, kritikus dan lain-lain "dengan keahlian dan peminatan dalam bidang arsitektur".[6] Arsitek berlisensi apapun juga dapat membuat aplikasi pribadi untuk penghargaan tersebut sebelum 1 November setiap tahun. Pada 1988, Gordon Bunshaft menominasikan dirinya sendiri untuk penghargaan tersebut dan kemudian memenangkannya.<ref>{{cite web|url=http://featuresblogs.chicagotribune.com/theskyline/

  1. ^ "The Purpose of the Pritzker Architecture Prize". Pritzker Architecture Prize official site. The Hyatt Foundation. Diakses tanggal June 24, 2009. 
  2. ^ Pollard, Lawrence (April 13, 2009). "Swiss architect wins top honour". BBC News. Diakses tanggal May 19, 2012. 
  3. ^ Goldberger, Paul (May 28, 1988). "Architecture View; What Pritzker Winners Tell Us About the Prize". The New York Times. Diakses tanggal June 26, 2009. 
  4. ^ McLean, Pauline (June 9, 2011). "Riverside Museum architect visits 'sophisticated shed'". BBC News. Diakses tanggal May 19, 2012. 
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama eighty
  6. ^ a b "Nomination Process". Pritzker Architecture Prize official site. The Hyatt Foundation. Diakses tanggal July 3, 2009. 
  7. ^ a b "History". Pritzker Architecture Prize official site. The Hyatt Foundation. Diakses tanggal June 27, 2009. 
  8. ^ "Ceremony and Medal". Pritzker Architecture Prize official site. The Hyatt Foundation. Diakses tanggal June 29, 2009. 
  9. ^ "2009 Jury Members". Pritzker Architecture Prize official site. The Hyatt Foundation. Diakses tanggal July 3, 2009.