Surat-surat Yohanes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sebuah penggambaran Hongaria dari Santo Yohanes Penginjil

Surat-surat Yohanes adalah tiga surat-surat Katolik dari Perjanjian Baru, yang diyakini ditulis pada tahun 85–100 Masehi.[1] Pengarang dari surat-surat tersebut biasanya dipercaya adalah Yohanes dari Patmos, Yohanes Penginjil, Rasul Yohanes, atau Yohanes sang Presbiter.

Pertama[sunting | sunting sumber]

Surat tersebut tak seperti dua surat lainnya yang lebih ditulis sebagai sebuah kotbah, surat yang satu ini membantu memperkuat keimanan orang-orang terhadap Yesus, untuk membantu mereka mengetahui kepada Putra Allah menjalani hidup fana dan disiksa mati.[2]

Kedua[sunting | sunting sumber]

Surat tersebut ditulis sebagai sebuah surat pendek dari Rasul tersebut kepada seorang "wanita terpilih" tak bernama ia ia cintai dan anaknya.[3] Pada surat tersebut, Yohanes memperingatkan tentang membuka rumah kepada guru-guru palsu dan untuk selalu mempraktikan kebenaran dan menghindari kesalahan.

Halaman pertama Surat Yohanes yang Pertama

Ketiga[sunting | sunting sumber]

Surat ketiga, yang juga merupakan sebuah surat pendek, dialamatkan kepada seorang pria yang bernama Gayus dan menyebutnya "teman baik". Surat tersebut mengisahkan tentang seorang pria yang bernama Diotrefes yang oleh Gayus diekskomunikasikan dari gereja dan pergi untuk membuat sebuah sentimen anti-misionaris dengan tujuan berusaha menghentikan gereja untuk menyebarkan para misionaris. Surat tersebut dipercaya dikirim oleh orang ketiga, Demetrius.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tenney, Merrill. "The Epistles of John". www.abideinchrist.com. Diakses tanggal 27 September 2012. 
  2. ^ "The Epistles of John". www.earlychristianwritings.com. Diakses tanggal 27 September 2012. 
  3. ^ Missler, Chuck. "A Timely Study The Epistles of John". khouse.org. Diakses tanggal 27 September 2012.