Pulau Peucang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Peucang
Koordinat
NegaraIndonesia
Gugus kepulauan-
ProvinsiBanten
KabupatenPandeglang
Luas3 ha;
Populasi-
Pulau Peucang
Peucang Island 1.jpg
Situs Warisan Dunia UNESCO
TipeAlam
Kriteriavii, ix
Nomor identifikasi608
Kawasan UNESCOAsia Pasifik
Tahun pengukuhan1991 (sesi ke-15)

Pulau Peucang merupakan pulau yang terdapat di selat Panaitan Kabupaten Pandeglang Banten atau sebelah barat Taman Nasional Ujung Kulon.

Pulau ini bersama Pulau Panaitan dan Pulau Handeuleum termasuk dalam wilayah kawasan Taman Nasional Ujung Kulon sehingga tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Taman Ujung Kulon, juga berkunjung ke pulau berpasir putih ini.

Karena dalam wilayah Taman Nasional Ujung Kulon,Pulau Peucang juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, bersama dengan Pulau Panaitan dan Pulau Handeuleum.

Asal nama[sunting | sunting sumber]

Nama Pulau Peucang diambil dari nama sejenis siput yang sering ditemukan di pantainya. Siput itu oleh penduduk sekitar Taman Nasional Ujungkulon disebut "mata peucang". Meskipun bernama Pulau Peucang tapi di sana tidak terdapat "kancil" yang dalam Bahasa Sunda "peucang"

Daya tarik[sunting | sunting sumber]

Pasir putih di pantai pulau Peucang

Sebagai bagian dari kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, di pulau ini dapat dijumpai berbagai satwa seperti Rusa (Cervus timorensis), Merak Hijau (Pavo muticus), Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis), Kijang, Babi Hutan (Sus verrucosus) dan Biawak.

Hutan Pulau Peucang merupakan salah satu ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah. Flora di kawasan ini di antaranya merbau (Intsia bijuga), palahlar (Dipterocarpus haseltii), bungur (Lagerstroemia speciosa), cerlang (Pterospermum diversifolium), dan ki hujan (Engelhardia serrata). Selain itu juga ada pohon Ficus atau ara pencekik, tumbuhan parasit yang melilit pohon lain untuk hidup. Biasanya pohon inangnya akan mati jika aranya menjadi dewasa.

Pantai pulau ini indah dengan hamparan pasir putih dengan laut hijau muda kebiru-biruan. Warna biru lautnya ideal untuk kegiatan berenang, menyelam, memancing, atau snorkeling.

Di pulau ini juga terdapat sebuah air terjun di Citerjun.

Karang Copong[sunting | sunting sumber]

Objek yang cukup menarik perhatian wisatawan di pulau ini adalah Karang Copong adalah nama sebuah karang mati besar yang berlubang (copong) yang terletak di bagian utara pulau.

Di sini menjadi tempat favorit untuk menyelam karena keindahan dasar laut dan keanekaragam ikannya. Juga menjadi tujuan bagi wisatawan yang menyukai memancing.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]