Protistologi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Protistologi adalah sebuah disiplin ilmiah yang mempelajari protista. Protista adalah sebuah kelompok yang sangat beragam, yang mencakip semua organisme eukaryota, kecuali hewan, tumbuhan dan fungi.[1] Oleh karena ini, bidang ini juga bertumpang tindih dengan disiplin-disiplin ilmu lainnya yang lebih tradisional seperti fikologi, mikologi dan protozoologi, karena protista kebanyakan mencakup organisme unisel yang secara resmi dideskripsikan sebagai sebuah alga, beberapa organisme yang sebelumnya dianggap sebagai fungi primitif, dan protozoa.[1]


Protista adalah sebuah kelompok parafiletik dengan morfologi dan gaya hidup yang sangat beragam. Ukurannya mulai dari beberapa mikrometer diameternya seperti pada pikoeukaryota unisel hingga alga laut multisel yang beberapa meter panjangnya.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Geisen, Stefan; Mitchell, Edward A D; Adl, Sina; authors, and 10 further (2018). "Soil protists: a fertile frontier in soil biology research". FEMS Microbiology Reviews. 42 (3): 293–323. doi:10.1093/femsre/fuy006alt=Dapat diakses gratis. PMID 29447350. Diakses tanggal 25 December 2020.