Portal:Minangkabau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
ProyekWiki Halaman utama Diskusi
Edisi
39
Portal:Minangkabau Sep
2018
Sekilassunting
Minangkabau

Minangkabau atau biasa disingkat Minang adalah kelompok etnis asli Nusantara yang wilayah persebaran kebudayaannya meliputi kawasan yang kini masuk ke dalam provinsi Sumatera Barat (kecuali Kepulauan Mentawai), separuh daratan Riau, bagian utara Bengkulu, bagian barat Jambi, pesisir barat Sumatera Utara, barat daya Aceh, dan Negeri Sembilan, Malaysia. Dalam percakapan awam, orang Minang seringkali disamakan sebagai orang Padang, merujuk kepada nama ibu kota provinsi Sumatera Barat yaitu Padang. Akan tetapi, masyarakat ini biasanya menyebut kelompoknya dengan sebutan urang awak, yang bermaksud sama dengan orang Minang itu sendiri.

Menurut A.A. Navis, Minangkabau lebih kepada kultur etnis dari suatu rumpun Melayu yang tumbuh dan besar karena sistem monarki serta menganut sistem adat yang khas. Masyarakat ini telah menerapkan sistem proto-demokrasi sejak masa pra-Hindu dengan tradisi musyawarah dan adanya kerapatan adat untuk menentukan permasalahan hukum ataupun hal-hal penting lainnya. Prinsip adat Minangkabau tertuang singkat dalam pernyataan Adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah (Adat bersendikan hukum, hukum bersendikan Al-Qur'an), yang berarti adat berlandaskan ajaran Islam. Saat ini masyarakat Minang merupakan masyarakat penganut matrilineal terbesar di dunia walaupun budayanya sendiri sangat kuat diwarnai ajaran agama Islam.

Masyarakat Minangkabau sangat menonjol di bidang perniagaan, sebagai profesional, dan intelektual. Mereka merupakan pewaris terhormat dari tradisi tua Kerajaan Melayu dan Sriwijaya yang gemar berdagang dan dinamis. Thomas Stamford Raffles, setelah melakukan ekspedisi ke pusat Kerajaan Pagaruyung di pedalaman Minangkabau, mencatat, Minangkabau adalah sumber kekuatan dan asal bangsa Melayu, yang kemudian penduduknya tersebar luas di Kepulauan Timur. Hampir separuh jumlah keseluruhan anggota masyarakat ini berada dalam perantauan dan pada umumnya mereka bermukim di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Pekanbaru, Medan, Batam, Palembang, dan Surabaya. Di luar wilayah Indonesia, etnis Minang banyak terdapat di Kuala Lumpur, Seremban, Singapura, Jeddah, Sydney, dan Melbourne.

Artikel pilihansunting Artikel terbarusunting

Portal:Minangkabau/Artikel pilihan/39

Lihat

Tahukah Anda?sunting Kategorisunting

Portal:Minangkabau/Tahukah Anda/39

Lainnya...
Peristiwa terkinisunting
{{{title}}}
Kawasan Muaro, Padang
  • Kabut asap (foto) akibat pembakaran lahan di Riau yang menyelimuti Sumatera Barat kian pekat. (ANTARA) (ATARA) (VIVANews)
  • Erupsi Gunung Marapi menyebabkan daerah di selatan gunung terkena hujan abu vulkanik. (Tempo.co) (ANTARA)
  • Presiden SBY umumkan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan baru gantikan Gita Wirjawan. (ANTARA)
  • Salat Jumat perdana menandai pembukaan Masjid Raya Sumatera Barat untuk salat rutin. (Hidayatullah)
  • KPU Kota Padang tetapkan putaran dua pemilihan umum Wali Kota Padang 5 Maret 2014 (ANTARA)
  • Kabupaten Padang Pariaman tuan rumah pembukaan Tour de Singkarak 2014 2 Juni 2014. (Infosumbar)
  • Sembilan orang tewas dalam kecelakaan bus di Tanjuang Gadang, Kabupaten Sijunjung. (Metrotvnews)
  • Lainnya...
    WikiPortal lainnyasunting
    Jelajahi pulasunting