Megalit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Megalit di sebuah desa di kecamatan Gunung Megang, Muara Enim, Sumatera Selatan (1931).
Patung megalitik di Pematang Panggang, Ogan Komering Ilir (foto diambil di masa Hindia Belanda).
Tugu Megalit, Mane Braz, Brittany


Megalit adalah batu besar yang digunakan untuk membangun struktur atau monumen, baik itu hanya terdiri dari satu batu, maupun tumpukan batu. Megalitik mendeskripsikan struktur yang terbuat dari batu besar, yang mempergunakan sistem penguncian tanpa menggunakan mortar atau semen, dan merepresentasikan periode prasejarah.

Megalit berasal dari kata dalam Bahasa Yunani μέγας (megas) berarti besar, dan λίθος (lithos) berarti batu. Megalit juga mengacu kepada batu besar yang dipotong dalam berbagai bentuk untuk keperluan-keperluan tertentu.[1][2][3]

Kebudayaan Megalitikum bukanlah suatu zaman yang berkembang tersendiri, melainkan suatu hasil budaya yang timbul pada zaman Neolitikum dan berkembang pesat pada zaman logam. Setiap bangunan yang diciptakan oleh masyarakat tentu memiliki fungsi.

Contoh hasil kebudayaan zaman megalitikum: kapak persegi, kapak lonjong, Menhir , Dolmen, Kubur batu, Waruga, Sarkofagus, Punden Berundak

Stonehenge[sunting | sunting sumber]

Stonehenge merupakan sebuah monumen batu peninggalan manusia purba pada zaman Megalitikum yang terletak di Salisbury Plain, Propinsi Wilshire, Inggris. Stonehenge sendiri terdiri dari tiga puluh batu tegak (sarsens) dengan ukuran yang sangat besar (masing-masing batu pada mulanya seragam tingginya,yaitu 10 meter dengan masing-masing batu mempunyai berat 26 ton),semua batu tegak tsb disusun dengan bentuk tegak melingkar.

Di dalam 30 lingkaran batu besar tadi, juga masih terdapat sekitar 30 batu dengan ukuran yang lebih kecil yang dinamakan Lintels, yang disusun dengan bentuk melingkar juga.Tapi sayang, pada saat ini kebanyakan batu-batu tegak tadi telah terkikis dan jatuh.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Glossary. McGraw-Hill Higher Education.
  2. ^ Glossary. labyrinth.net.au.
  3. ^ Glossary. wordnet.princeton.edu.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]