Situs Bleberan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Situasi situs Bleberan, Playen.

Situs Bleberan merupakan situs tempat mengumpulkan (penampungan) objek-objek kepurbakalaan megalitik yang ditemukan di kawasan Playen, Gunungkidul, dan sekitarnya. Situs ini terletak di Dusun Bleberan, Desa Bleberan, Playen, Gunungkidul, tidak jauh dari jalan menuju objek wisata Air Terjun Sri Gethuk, menempati lahan seluas 1.146 meter persegi.

Di situs penampungan ini terdapat objek cagar budaya berupa berbagai megalit, seperti menhir (ada yang berupa arca menhir) yang diletakkan berbaring, serta bagian-bagian kubur batu, tutup sarkofagus, serta batu kenong. Ada 57 objek cagar budaya yang ditempatkan di sini (sampai tahun 2014), terdiri dari 23 menhir, satu kepala menhir, 26 bagian peti batu kubur, 2 patok kubur batu, dan tiga batu kenong.

Situs Bleberan mengumpulkan artefak-artefak peninggalan masyarakat tradisi megalitik yang sama dengan yang dikumpulkan di situs Sokoliman, Kecamatan Karangmojo, juga di Gunungkidul. Masyarakat ini dalam arkeologi Indonesia disebut sebagai pendukung kebudayaan Sungai Oya, sesuai dengan lokasi-lokasi penemuan yang sebagian besar berada di dekat aliran sungai ini.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Sumber: Papan informasi di Situs Bleberan.