Kragan, Rembang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kragan
Kecamatan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenRembang
Pemerintahan
 • Camat-
Luas61,66 km²
Jumlah penduduk58.382 jiwa (2006)
Kepadatan- jiwa/km²
Desa/kelurahan27 desa

Kragan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Indonesia. Merupakan Kecamatan Termaju setelah kec. Rembang dan Kec. Lasem

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kecamatan ini merupakan salah satu kecamatan di pesisir pantai laut Jawa di kabupaten Rembang, berjarak lebih kurang 39 km ke arah timur dari ibukota kabupaten Rembang, dengan batas-batas wilayah meliputi:

Kecamatan Kragan mempunyai luas wilayah yang memanjang dari utara laut Jawa hingga ke selatan gunung Lasem. Wilayahnya seluas 6.166 ha.

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Kragan terdiri atas 27 desa yang terbagi ke dalam 86 Rukun Warga (RW) dan 278 Rukun Tetangga (RT). Dengan ibukota kecamatan di desa Tegalmulyo. Dengan jumlah desa ini menjadikan kecamatan Kragan menjadi kecamatan di Kabupaten Rembang dengan jumlah desa terbanyak kedua setelah kecamatan Rembang (27 desa dan 7 kelurahan).

Adapun desa-desa tersebut adalah:

Dua desa diantaranya berada di lereng gunung Lasem yaitu desa Watupecah dan Tanjungsari sedangkan 11 desa diantaranya merupakan desa pesisir yang berbatasan langsung dengan laut Jawa. Sebelas desa tersebut adalah; Sumbersari, Pandangan Kulon, Pandangan Wetan, Balongmulyo, Tegalmulyo, Plawangan, Kragan, Karangharjo, Karanglincak, Karanganyar, Kabloran dan Tanjungan.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Jumlah penduduk kecamatan Kragan sejumlah 58.382 jiwa (tahun 2006). 29.168 jiwa diantaranya berjenis kelamin laki-laki dan sisanya 29.214 perempuan. Sebagian besar penduduknya bermata pencarian sebagai petani dan nelayan.

Dibidang pendidikan, di kecamatan Kaliori terdapat:

Dibidang keagamaan, di kecamatan Kragan terdapat 39 masjid, 306 musala dan 1 gereja Kristen, 1 Gereja Katholik dan 1 wihara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Kabupaten Rembang dalam Angka Tahun 2006

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]