Mazda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Mazda Motor Corporation
Jenis Publik
Simbol saham TYO: 7261, Merah Muda OTC: MZDAY, Merah Muda OTC: MZDAF
Industri/jasa Otomotif
Didirikan 1920
Pendiri Jujiro Matsuda
Kantor pusat Hiroshima, Jepang
Daerah layanan Seluruh dunia
Tokoh penting Masamichi Kogai (Presiden, Representative Director, & CEO)
Produk Mobil
Pendapatan ¥2,3 triliun (FY 2011)[1]
Laba usaha ¥23,8 miliar (FY 2011)[1]
Laba bersih ¥-60  milyar (FY 2011)[1]
Karyawan 38.987 (31 Maret 2011)
Situs web Mazda Global Web Site

Mazda Motor Corporation (マツダ株式会社 Matsuda Kabushiki-gaisha?) (TYO: 7261) merupakan perusahaan otomotif Jepang. Perusahaan ini didirikan tahun 1920 dan bermarkas di Hiroshima, Jepang. Perusahaan ini mempekerjakan 39.364 pekerjanya pada 31 Maret 2008. Pada tahun 2007, Mazda memproduksi 1,3 juta mobil untuk seluruh dunia. Sebagian besar dari produksi tersebut (hampir 1 juta) diproduksi di pabriknya di Jepang, dengan sisanya di pabriknya yang lain di seluruh dunia.

Mazda terkenal akan mesin rotary nya yang terpasang pada mobil Mazda RX-7 dan Mazda RX-8.

Pada tahun 1979 Mazda mulai beraliansi dengan Ford Motor Company. Pada tahun 2014, Mazda memilih untuk mengakhiri kerjasama dengan Ford.

Mazda kemudian menandatangani kerjasama dengan Toyota Motor Corporation dan Isuzu pada tahun 2015 dan bulan juli 2016 khususnya dalam pengembangan pick-up double cabin mereka, BT-50.

Saat ini Mazda ingin mengubah citranya menjadi pembuat mobil mewah yang kualitasnya hampir setara dengan mobil buatan eropa.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mazda didirikan pada tanggal 30 januari 1920 oleh jujiro matsuda yang awalnya bernama Toyo Kogyo Co.Ltd. Kemudian pada tahun 1927 perusahaan ini mulai memproduksi peralatan mesin. Hingga pada akhirnya perusahaan ini berganti nama kembali menjadi mazda yang tetap dipakai sampai saat ini.

Mesin Rotary[sunting | sunting sumber]

Teknologi mesin rotary awalnya muncul sebagai hasil kerjasama antara pihak NSU / wankel dengan Mazda. pada tahun 1967, Mazda meluncurkan mobil dengan mesin rotary pertama yang diberi nama cosmo sports.

Mazda merupakan satu-satunya produsen otomotif yang menggunakan mesin rotary.

Seiring berjalannya waktu, Mazda terus mengembangkan teknologi ini dan membenamkannya ke dalam mobil Mazda RX-7 dan RX-8.

Sayangnya, pada tahun 2012 Mazda menghentikan pengembangan mesin rotary bersamaan dengan dihentikannya produksi Mazda RX-8 karena aturan mengenai standar emisi semakin ketat di berbagai negara di dunia.

Penerus Mesin Rotary[sunting | sunting sumber]

Setelah Mazda RX-8 tidak diproduksi lagi sejak 2012, Mazda hanya mengandalkan Skyactiv, teknologi mazda yang dipakai saat ini.

Pada tahun 2015, bertepatan dengan Tokyo Motor Show yang ke-44, Mazda memperkenalkan sebuah mobil konsep bernama Mazda RX-vision concept sebagai penerus dari RX-7 dan RX-8.

Pada pameran ini juga, Mazda memperkenalkan skyactiv-R, sebuah mesin rotary yang digabungkan dengan rotor twin turbo.

Seluruh jajaran direksi Mazda akhirnya menyepakati pembuatan mobil yang menjadi penerus dari Mazda RX-7 dan RX-8 ini meskipun pada awalnya tarik ulur mengenai kelanjutan mobil konsep ini.

Diperkirakan, mobil ini akan keluar pada tahun 2020 atau bertepatan dengan hari jadi mazda ke-100 tahun.

Desain[sunting | sunting sumber]

Semenjak Mazda CX-5 keluar pada tahun 2011, pandangan selera orang terhadap Mazda berubah. Mazda yang dulunya hanya pembuat mobil yang terkenal dengan mesin rotary tetapi desain nya biasa saja menjadi pembuat mobil mewah yang kualitasnya hampir setara dengan mobil buatan eropa.

Warna merah menjadi warna khas Mazda saat ini.

Mazda menerapkan filosofi desain KODO: soul of motion ke dalam jajaran produknya saat ini.

Kendaraan Produksi Mazda[sunting | sunting sumber]

Konsep[sunting | sunting sumber]

Sekarang[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Consolidated Financial Results" (PDF). mazda.com/investors. Diakses tanggal June 21, 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]