Mitsubishi Logistics

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mitsubishi Logistics, Inc. adalah sebuah perusahaan logistik yang berkantor pusat di Shinkawa, Chuo-ku, Tokyo. Perusahaan ini merupakan bagian dari Mitsubishi Group.[1][2]

Bekas kantor pusat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perusahaan ini didirikan dengan nama Tokyo Logistics pada tahun 1887 dan kemudian mengubah namanya menjadi Mitsubishi Logistics pada tahun 1918. Di lingkungan zaibatsu Mitsubishi, perusahaan ini didirikan setelah pendirian NYK Line, Mitsubishi Corporation, Mitsubishi Heavy Industries, dan Mitsubishi Bank (saat ini bernama The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ). Bangunan gudang Edobashi, yang dibangun pada tahun 1930 dan berbentuk seperti kapal, awalnya merupakan kantor pusat perusahaan ini. Bangunan tersebut kini telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya, sebagai contoh arsitektur ekspresionistik. Sebuah proyek renovasi sedang dijalankan untuk merancang ulang bangunan tersebut menjadi sebuah pencakar langit setinggi 18 lantai dan memiliki 1 lantai ruang bawah tanah, namun dengan tetap mempertahankan fasad asli dari bangunan tersebut. Kantor pusat perusahaan inipun dipindah sementara ke Shinkawa, Chuo-ku.

Bisnis[sunting | sunting sumber]

Bisnis Mitsubishi Logistics dapat dibagi menjadi dua kategori, yakni logistik dan lahan yasan. Bisnis utama perusahaan ini adalah manajemen gudang, logistik pelabuhan laut, dan lahan yasan.

Bisnis logistik perusahaan inipun memiliki sejumlah afiliasi yang tersebar di seluruh dunia. Mitsubishi Logistics juga memiliki gudang terbesar di Jepang. Perusahaan ini memiliki dua gudang berpendingin yang dapat menampung hingga 63.000 ton barang, yakni di Oi, Tokyo dan di Pulau Rokkō, Kobe.

Mitsubishi Logistics juga aktif berinvestasi pada bangunan komersial, perkantoran, dan perumahan. Perusahaan ini pun mengembangkan beberapa “bangunan yang dapat menjadi pusat data” seperti Tokyo Dia Building. Perusahaan ini merupakan pelopor dalam mengembangkan bangunan yang dilengkapi dengan generator listrik darurat dan ketahanan tinggi terhadap gempa (Tokyo Dia Building merupakan bangunan terbesar di Jepang yang terisolasi secara seismik).[3] Perusahaan ini juga mengembangkan sejumlah bangunan komersial, seperti Kobe Harbor Land dan Yokohama Bay Quarter. Mitsubishi Logistics pun mengembangkan sejumlah kondominium, seperti Nabeaure Yokohama Tower Residence dan M. M. Towers Foresis.

Yokohama Dia Building[sunting | sunting sumber]

Yokohama Dia Building adalah salah satu gedung perkantoran terbesar di kawasan tersebut.
Bagian tengah dan atas dari gedung tersebut disewakan sebagai ruang kantor.

Untuk menandai selesainya proyek pengembangan ulang di luar Stasiun Yokohama, pada tanggal 16 Desember 2009, perusahaan ini menyelesaikan konstruksi Yokohama Dia Building, yang memiliki rancangan unik dan dinding kaca.[4] Yokohama Dia Building memiliki 31 lantai di atas tanah, 2 lantai di bawah tanah, dan 2 lantai griya tawang. Gedung ini memiliki tinggi 157,7 meter (tertinggi ketiga setelah Landmark Tower dan Queens Tower (A) di Yokohama) dan memiliki luas lantai sebesar 69.977 meter persegi. Lantai 3 dan 6 dari gedung ini ditujukan sebagai ruang komersial dan terhubung langsung ke Yokohama Bay Quarter pada tiap lantainya, sementara lantai 7 hingga 30 disewakan sebagai ruang kantor. Gedung ini sangat dinanti karena tidak banyak pengembangan gedung tinggi di Yokohama sejak dekade 1990-an. Gedung ini juga sangat berkualitas sehingga dapat disejajarkan dengan gedung-gedung yang baru dibangun di Tokyo selama dekade 2000-an.[5] Gedung ini terhubung langsung ke Stasiun Yokohama dengan sebuah dek pejalan kaki (Bay Quarter Walkway) yang dibangun bersamaan dengan pembangunan gedung.

Anak usaha dan afiliasi di luar Jepang[sunting | sunting sumber]

  • Mitsubishi Logistics Europe B.V.
  • Mitsubishi Logistics America Corp.
  • Mitsubishi Warehouse California Corp.
  • Mitsubishi Logistics Hong Kong Ltd. 
  • Shanghai Linghua Logistics Co., Ltd.
  • Shanghai Lingyun Global Forwarding Co.,Ltd.
  • Shenzen Lingyang Global Forwarding co.,ltd 
  • Mitsubishi Logistics (Thailand) Co.,Ltd.
  • Dia Logistics (M) Sdn. Bhd. menangani Master Movers Sdn. Bhd. 
  • Mitsubishi Logistics Singapore Pte. Ltd. 
  • P.T. Mitsubishi Logistics Indonesia, P.T. DIA-JAYA FORWARDING INDONESIA

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]