Mazda RX-7

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mazda RX-7
Mazda RX-7
Informasi
ProdusenMazda
Masa produksi1978–2002
811.634 dibuat[1]
PerakitanHiroshima, Japan
Bodi & rangka
KelasMobil sport
Bentuk kerangkaCoupe dua pintu
Tata letakMesin tengah depan, penggerak roda belakang
Kronologi
PendahuluMazda RX-3
PenerusMazda RX-8

Mazda RX-7 adalah mobil sport yang diproduksi oleh Mazda tahun 1978 sampai 2002. RX-7 pada awalnya menggunakan mesin wankel rotari berkapasitas silinder 1.146 cc (69,9 cu in) dengan penggerak roda belakang. RX-7 menggantikan RX-3. RX-7 awalnya adalah mobil sport dengan lampu utama tersembunyi dan hanya tersedia dengan versi coupé 2 kursi.

Mazda RX-7 dipuji oleh para kritikus karena mobil ini menggunakan mesin wankel yang tidak biasanya digunakan untuk mobil. Motor mobil ini merupakan salah satu yang terkuat, berkat sistem twin-turbo.

Mazda RX-7 telah dikenal melalui berbagai media kultur pop seperti Seri The Fast and the Furious, Initial D, Need for Speed, Wangan Midnight, Forza Motorsport dan Gran Turismo. Bahkan Mazda RX-7 meraih sukses dalam Motorsport pula.

RX-7 generasi pertama, terkadang disebut sebagai SA (awal) dan FB (akhir), adalah coupé hatchback 2 pintu dengan dua tempat duduk . Ini menampilkan mesin rotari karburator 12A serta opsi untuk mesin rotari 13B dengan injeksi bahan bakar elektronik di tahun-tahun berikutnya.

RX-7 generasi kedua, terkadang disebut sebagai FC, ditawarkan sebagai coupé 2 tempat duduk dengan opsi 2+2 yang tersedia di beberapa pasar, serta dalam gaya bodi yang dapat dikonversi. Ini ditenagai oleh mesin rotari 13B, ditawarkan dalam bentuk aspirasi alami atau turbocharged.

RX-7 generasi ketiga, terkadang disebut sebagai FD, ditawari coupé 2+2 tempat duduk dengan opsi 2 tempat duduk terbatas. Ini menampilkan mesin 13B REW berurutan-turbocharged.

Lebih dari 800.000 RX-7 diproduksi selama masa pakainya.

Generasi pertama (SA22C, FB)[sunting | sunting sumber]

Seri 1 (1978-1980)[sunting | sunting sumber]

1980 Mazda RX-7

Seri 1 (1978 - 1980) umumnya disebut sebagai "SA22C" dari alfanumerik pertama nomor identifikasi kendaraan . Nomor proyek internal Mazda untuk menjadi RX-7 adalah X605. Di Jepang, diperkenalkan pada Maret 1978, menggantikan Savanna RX-3 , dan bergabung dengan satu-satunya produk bertenaga mesin rotari Mazda lainnya, yang disebut Cosmo yang merupakan coupé mewah dua pintu, dan sedan mewah Luce .

Perancang utama di Mazda adalah Matasaburo Maeda (前田 又三郎, Maeda Matasaburō ) , yang putranya, Ikuo , akan merancang Mazda dan penerus RX-7, RX-8 .  Peralihan Savanna ke tampilan mobil sport mencerminkan produk dari pabrikan Jepang lainnya. Keuntungan yang dimiliki RX-7 adalah ukuran dan bobotnya yang minimal, dan mesin rotari kompak yang dipasang di belakang gandar depan membantu menyeimbangkan distribusi bobot depan dan belakang, yang menyediakan pusat gravitasi rendah.

Di Jepang, penjualan meningkat karena fakta bahwa RX-7 mematuhi peraturan dimensi Pemerintah Jepang : sehingga pembeli Jepang tidak bertanggung jawab atas pajak tahunan karena mengendarai mobil yang lebih besar. Mesin rotari memiliki keuntungan finansial bagi konsumen Jepang karena perpindahan mesin tetap di bawah 1.500 cc (1,5 L), penentuan yang signifikan saat membayar pajak jalan tahunan Jepang ; ini membuat kewajiban terjangkau bagi sebagian besar pembeli sekaligus memiliki tenaga lebih besar daripada mesin tradisional dengan konfigurasi silinder lurus.

Pada Mei 1980, Mazda memperkenalkan produksi terbatas model khusus Amerika Utara yang dikenal sebagai Model Leathersport. Paket ini pada dasarnya adalah model GS yang ditingkatkan dengan menambahkan lencana LS di setiap pilar B, garis-garis khusus di bagian luar, dan roda anodized emas khusus LS (dengan permukaan luar dan pelek roda yang dipoles). Semua edisi LS dilengkapi dengan jok kulit full brown khusus LS, setir berbalut kulit, tombol shift berbalut kulit, sunroof yang dapat dilepas, radio stereo AM/FM empat speaker khusus LS dengan antena daya (meskipun terdaftar sebagai enam -speaker stereo, karena dua speaker koil suara ganda belakang dihitung sebagai total empat speaker), kaca spion samping pintu listrik jarak jauh, dan peralatan GS standar lainnya. Dua opsi utama juga tersedia; JATCO tiga kecepatanTransmisi otomatis 3N71B dan AC. Opsi GS lainnya seperti deck kaset, pelindung percikan, sandaran tangan konsol tengah yang empuk dan lainnya dapat ditambahkan oleh dealer. Model LS hanya tersedia dalam tiga warna eksterior berbeda: Aurora White, Brilliant Black, dan Solar Gold. Tidak ada catatan produksi resmi yang diketahui ada atau telah dirilis. Seri RX-7 ini telah memperlihatkan bumper baja dan pelat nomor belakang yang dipasang di lekukan tinggi, yang disebut oleh Werner Buhler dari majalah Road & Track sebagai " Depresi Barok ."

Mazda RX-7 Seri 2 GSL (AS)

Seri 2 (1981-1983)[sunting | sunting sumber]

Seri 2, disebut sebagai FB (1981 - 1983), memiliki bumper berlapis plastik terintegrasi, moulding samping bodi karet hitam lebar, lampu belakang sampul, dan komponen kontrol mesin yang diperbarui. Meskipun secara keseluruhan sedikit lebih panjang, model baru ini lebih ringan 61 kg dengan trim federal.  Opsi manual empat kecepatan juga dihilangkan pada tahun 1981, sementara tangki bensin bertambah besar dan dasbor didesain ulang, termasuk tongkat persneling yang lebih pendek yang dipasang lebih dekat ke pengemudi.  Pada tahun 1983, speedometer 130 mph (209 km/h) dikembalikan untuk RX-7. Paket GSL menyediakan rem cakram empat roda opsional, berventilasi depan (model Australia) dan diferensial selip terbatas belakang tipe kopling(LSD). Revisi SA22 ini dikenal di Amerika Utara sebagai "FB" setelah Departemen Perhubungan AS mengamanatkan penggantian Nomor Identifikasi Kendaraan 17 digit. Untuk berbagai pasar lain di seluruh dunia, RX-7 1981–1985 mempertahankan awalan VIN 'SA22C'. Di Inggris, mobil seri 1 1978–1980 membawa kode SA pada VIN tetapi semua mobil berikutnya (1981–1983 seri 2 dan 1984–1985 seri 3) membawa kode FB dan RX-7 generasi pertama ini dikenal sebagai "FB" hanya ada di Amerika Utara.

Di Jepang, versi yang ditunjuk dengan sangat baik mirip dengan GSL pasar ekspor tiba pada akhir tahun 1982, yang disebut SE-Limited. Model ini menerima cat dua warna, velg berbentuk seperti rotor Wankel, rem cakram semua roda, diferensial selip terbatas , dan interior kulit penuh. Itu juga memiliki iterasi terbaru dari mesin rotari 12A, RE-6PI dengan sistem port induksi variabel dan 140 PS (103 kW; 138 hp).

Di Eropa, FB terutama diperhatikan karena menerima peningkatan daya dari 105 PS (77 kW) dari SA22; RX-7 1981 sekarang memiliki tenaga 115 PS (85 kW). Mobil pasar Eropa juga menerima rem cakram empat roda sebagai standar.

1984–1985 Mazda RX-7 (Seri 3)

Seri 3 (1984-1985)[sunting | sunting sumber]

Seri 3 (1984–1985) menampilkan fasia depan bawah yang diperbarui. Model Amerika Utara menerima kluster instrumen yang berbeda. Paket GSL dilanjutkan ke seri ini, namun Mazda memperkenalkan sub-model GSL-SE. GSL-SE memiliki injeksi bahan bakar 1.308 cc (1,3 L) 13B RE-EGImesin dengan tenaga 135 hp (101 kW; 137 PS) dan 133 lb⋅ft (180 N⋅m). Model GSL-SE memiliki opsi yang hampir sama dengan GSL (LSD belakang tipe kopling dan rem cakram belakang), tetapi rotor rem lebih besar, memungkinkan Mazda menggunakan mur roda yang lebih umum (versus baut), dan pola baut baru. dari 4x114.3mm (4x4.5"). Juga, mereka telah meningkatkan suspensi dengan pegas dan guncangan yang lebih kaku. Pendingin oli eksternal diperkenalkan kembali, setelah dijatuhkan pada model tahun 1983 untuk penukar panas air-minyak "sarang lebah" yang kontroversial .

RX-7 GSL 1984 diperkirakan memiliki 29 MPG (8,11 liter/100 km) jalan raya/19 MPG (12,37 L/100 km) kota. Menurut Mazda, mesin rotari yang dilisensikan oleh NSU-Wankel memungkinkan RX-7 GSL berakselerasi dari 0 hingga 80 km/jam (50 mph) dalam 6,3 detik.

Pada tahun 1985, Mazda memperkenalkan RX-7 Finale di Australia. Ini adalah seri terakhir dan dibawa keluar dalam jumlah terbatas. Final menampilkan opsi daya dan plakat kuningan yang menyebutkan nomor mobil itu serta "Legenda Terakhir" di plakat tersebut. Final memiliki stiker khusus dan bagian yang dihitamkan antara jendela & palka belakang.

Penanganan dan akselerasi mobil ini tercatat memiliki kaliber tinggi pada zamannya. [ rujukan? ] RX-7 memiliki suspensi belakang 4-link "poros hidup" dengan linkage Watt , distribusi bobot depan dan belakang 50:50, dan beratnya di bawah 1.100 kg (2.425 lb). Itu adalah generasi RX-7 paling ringan yang pernah diproduksi. Model bertenaga 12A berakselerasi dari 0–97 km/j (60 mph) dalam 9,2 detik, dan membelok 0,779  g (7,64 m/s²) ke samping pada skid pad. Mesin 1.146 cc (1,1 L) 12Amesin diberi peringkat 100 hp (75 kW; 101 PS) pada 6.000 rpm di model Amerika Utara, memungkinkan mobil mencapai kecepatan lebih dari 190 km/jam (120 mph). Karena kehalusan yang melekat pada mesin rotari Wankel, sedikit getaran atau kekerasan yang dialami pada putaran mesin tinggi, sehingga bel dipasang pada tachometer untuk memperingatkan pengemudi saat mendekati garis merah 7.000 rpm.

Mesin 12A memiliki ruang bakar berbentuk tipis panjang, memiliki luas permukaan yang besar dibandingkan dengan volumenya. Oleh karena itu, pembakarannya dingin, menghasilkan sedikit oksida nitrogen. Namun, pembakarannya juga tidak sempurna, sehingga terdapat sejumlah besar hidrokarbon dan karbon monoksida yang terbakar sebagian. Knalpot cukup panas untuk pembakaran ini berlanjut ke knalpot. Pompa yang digerakkan oleh mesin memasok udara ke knalpot untuk menyelesaikan pembakaran bahan kimia ini. Ini dilakukan di ruang "reaktor termal" di mana manifold buang biasanya berada di mesin konvensional. Dalam kondisi tertentu, pompa menyuntikkan udara ke dalam reaktor termal dan di lain waktu udara dipompa melalui injektor ke lubang pembuangan. Udara segar ini diperlukan untuk pembakaran campuran udara/bahan bakar yang lebih efisien dan bersih.

Pilihan dan model bervariasi dari satu negara ke negara lain. Tata letak pengukur dan gaya interior di Seri 3 hanya diubah untuk model Amerika Utara. Selain itu, Amerika Utara adalah satu-satunya pasar yang menawarkan generasi pertama RX-7 dengan model GSL-SE 13B injeksi bahan bakar . Penjualan RX-7 generasi pertama sangat kuat, dengan total 474.565 mobil yang diproduksi; 377.878 (hampir delapan puluh persen) terjual di Amerika Serikat saja.

Mazda Savanna RX-7 Turbo

RX-7 Turbo[sunting | sunting sumber]

Menyusul pengenalan mesin rotari turbocharged pertama di Luce / Cosmo , mesin turbocharged 12A yang serupa dengan injeksi bahan bakar dan non-intercooler tersedia untuk model top-end Seri 3 RX-7 di Jepang. Itu diperkenalkan pada September 1983. Mesin diberi peringkat 165 PS (121 kW) (JIS) pada 6.500 rpm. Sementara angka tenaga puncak hanya sedikit lebih tinggi daripada mesin yang digunakan di Luce/Cosmo, "Impact Turbo" baru dikembangkan secara khusus untuk menghadapi karakteristik gas buang yang berbeda dari mesin rotari. Kedua baling-baling turbin direnovasi dan dibuat lebih kecil, dan turbin memiliki kecepatan dua puluh persen lebih tinggi daripada turbo yang ditujukan untuk mesin konvensional.  Savanna Turbo berumur pendek, karena generasi berikutnya dari RX-7 akan segera diperkenalkan.

Generasi kedua (FC3S dan FC3C)[sunting | sunting sumber]

Generasi kedua RX-7 ("FC", VIN dimulai JM1FC3 atau JMZFC1), masih dikenal sebagai Mazda Savanna RX-7 di Jepang, menampilkan penataan ulang yang lengkap seperti mobil sport serupa pada zamannya seperti Nissan 300ZX . Tim pengembangan Mazda, dipimpin oleh Chief Project Engineer Akio Uchiyama (内山 昭朗) , memilih untuk fokus pada pasar Amerika saat merancang FC, di mana sebagian besar model RX-7 generasi pertama telah terjual. Tim tersebut mengambil inspirasi dari mobil sport sukses yang populer saat itu, seperti mempelajari desain suspensi Porsche 928 .

Sementara SA22 adalah mobil sport yang lebih murni, FC cenderung ke arah tren sport-tourer yang lebih lembut pada masanya, berbagi beberapa kesamaan dengan seri HB Cosmo.. Penanganan jauh lebih baik, dengan kecenderungan oversteer SA22 yang lebih sedikit. Desain bagian belakang jauh lebih baik dari poros belakang hidup SA22 menjadi Suspensi Belakang Independen (poros belakang) yang lebih modern. Kemudi lebih presisi, dengan kemudi rak dan pinion menggantikan kemudi bola resirkulasi SA22 yang lama. Rem cakram juga menjadi standar, dengan beberapa model (S4: Sport, GXL, GTU, Turbo II, Convertible; S5: GXL, GTUs, Turbo, Convertible) menawarkan rem depan empat piston. Kursi belakang adalah opsional di beberapa model FC RX-7, tetapi tidak umum ditemukan di Pasar Amerika. Mazda juga memperkenalkan Dynamic Tracking Suspension System (DTSS) di FC. Suspensi belakang independen yang direvisi menggabungkan hub kontrol jari kaki khusus yang mampu memperkenalkan kemudi belakang pasif tingkat terbatas di bawah beban menikung. DTSS bekerja dengan membiarkan sedikit toe-out dalam kondisi mengemudi normal tetapi menyebabkan sedikit toe-in di bawah beban menikung yang lebih berat sekitar 0,5g atau lebih; toe-out di belakang memungkinkan rotasi belakang yang lebih responsif, tetapi toe-in memungkinkan bagian belakang yang lebih stabil di bawah menikung yang lebih berat. Fitur baru lainnya adalah Auto Adjusting Suspension (AAS). Sistem mengubah karakteristik redaman sesuai dengan kondisi jalan dan berkendara. Sistem mengkompensasi perubahan camber dan memberikan efek anti-penyelaman dan anti-jongkok. Fitur baru lainnya adalah Auto Adjusting Suspension (AAS). Sistem mengubah karakteristik redaman sesuai dengan kondisi jalan dan berkendara. Sistem mengkompensasi perubahan camber dan memberikan efek anti-penyelaman dan anti-jongkok. Fitur baru lainnya adalah Auto Adjusting Suspension (AAS). Sistem mengubah karakteristik redaman sesuai dengan kondisi jalan dan berkendara. Sistem mengkompensasi perubahan camber dan memberikan efek anti-penyelaman dan anti-jongkok.

Di Jepang, FC edisi terbatas bernama Infini tersedia dengan produksi terbatas hanya 600 mobil setiap tahun. Beberapa fitur khusus yang dicatat untuk semua seri Infini adalah: logo infini di bagian belakang, suspensi yang ditingkatkan, ECU yang ditingkatkan, output daya mesin yang lebih tinggi, bobot yang lebih ringan, velg aluminium BBS 15 inci, roda kemudi logo Infini, kit bumper aero, perunggu kaca jendela berwarna, palang lantai di sisi penumpang, kap aluminium dengan scoop, flare, dan dudukan. Mobil tersebut dianggap sebagai puncak dari seri RX-7 (hingga pengenalan FD). Infini IV hadir dengan item khusus lainnya seperti jok bucket hitam, BBS 16 inciroda, bantalan Lutut, dan semua item lain yang disebutkan sebelumnya. Ada perbedaan tahun untuk Infini, yang melambangkan seri tersebut. Seri I diperkenalkan pada tahun 1987, Seri II diperkenalkan pada tahun 1988, Seri III diperkenalkan pada tahun 1989, dan Seri IV diperkenalkan pada tahun 1990. Seri I dan II hadir dalam warna eksterior Putih atau Hitam, Seri III hanya dalam Shade Green, dan Seri IV hadir dalam warna eksterior Shade Green atau Noble Green. Hanya ada perbedaan kecil antara model Seri, perubahan terbesar yaitu dari Seri I dan II menjadi S4 dan Seri III dan IV menjadi S5.

Model Turbo II menggunakan turbocharger dengan desain twin scroll. Ruang utama yang lebih kecil direkayasa untuk membatalkan turbo lag pada kecepatan mesin rendah. Pada putaran yang lebih tinggi, ruang sekunder dibuka, memompa keluar daya 33 persen lebih banyak daripada rekan yang disedot secara alami. Turbo II juga memiliki air-to-air intercooler yang memiliki intake khusus di kap mesin. Asupan sedikit diimbangi ke arah sisi kiri kap mesin. Di pasar Jepang, hanya tersedia mesin turbocharged; versi aspirasi alami hanya tersedia untuk pasar ekspor tertentu. Hal ini dapat dikaitkan dengan perusahaan asuransi di banyak negara Barat yang menghukum mobil turbocharged (sehingga membatasi potensi penjualan). Mobil pasar Jepang menghasilkan 185 PS (136 kW) dalam versi aslinya; mesin ini ditingkatkan menjadi 205 PS (151 kW) pada April 1989 sebagai bagian dari facelift Seri 5. Model Infini dua tempat duduk edisi terbatas menerima versi 215 PS (158 kW) mulai Juni 1990, berkat sistem pembuangan yang ditingkatkan dan bahan bakar beroktan tinggi.

Australian Motors Mazda memperkenalkan model terbatas 250 'Sports' Seri 4 RX-7; masing-masing tanpa power steering, power window atau wiper belakang sebagai upaya untuk mengurangi bobot mobil.

Generasi ketiga (FD3S)[sunting | sunting sumber]

RX-7 FD3S

RX‑7 generasi ketiga, FD (kode sasis FD3S untuk Jepang dan JM1FD untuk Amerika Utara), menampilkan desain bodi yang diperbarui. 13B-REW adalah sistem twin-turbocharger sekuensial produksi massal pertama yang diekspor dari Jepang,  meningkatkan tenaga menjadi 255 PS (188 kW; 252 hp) pada tahun 1992 dan akhirnya menjadi 280 PS (206 kW; 276). hp) pada saat produksi berakhir di Jepang pada tahun 2002.

Kepala desainer RX-7 FD adalah Yoichi Sato (佐藤 洋一, Satō Yōichi ) .  Perancang kunci lainnya adalah Wu-huang Chin (秦無荒), seorang seniman otomotif Taiwan yang juga mengerjakan Mazda MX-5 Miata .

Di Jepang, penjualan dipengaruhi oleh ketidakpatuhan seri ini terhadap peraturan dimensi Jepang dan pembeli Jepang membayar pajak tahunan untuk lebar mobil yang tidak sesuai. Karena RX‑7 sekarang dianggap sebagai mobil sport mewah kelas atas karena dimensi lebarnya yang bertambah, Mazda juga menawarkan dua penawaran yang lebih kecil, Eunos Roadster , dan hatchback Eunos Presso .

Sistem turbocharging kembar berurutan, diperkenalkan pada tahun 1992, sangat kompleks dan dikembangkan dengan bantuan Hitachi . Ini sebelumnya digunakan pada Seri Cosmo JC eksklusif-ke-Jepang . Sistem menggunakan dua turbocharger, satu untuk memberikan dorongan 10 psi (0,69 bar) dari 1.800 rpm. Turbocharger kedua diaktifkan di paruh atas kisaran rpm, selama akselerasi kecepatan penuh – pada 4.000 rpm untuk mempertahankan 10 psi (0,69 bar) hingga redline.  Proses pergantian terjadi pada 4.500 rpm, dengan penurunan tekanan sesaat hingga 8 psi (0,55 bar),  dan memberikan akselerasi semi-linier dari kurva torsi lebar di seluruh rentang putaran dalam operasi normal.

Dalam kondisi berkendara dengan kecepatan tinggi, proses pergantian menghasilkan peningkatan output daya yang signifikan dan memaksa pengemudi teknis untuk menyesuaikan gaya mengemudi mereka untuk mengantisipasi dan mengurangi over-steer saat menikung. [ kutipan diperlukan ] Sistem kontrol turbo standar menggunakan 4 solenoida kontrol, 4 aktuator, ruang vakum dan tekanan, dan selang vakum/tekanan setinggi beberapa kaki, yang semuanya rentan terhadap kegagalan sebagian karena kerumitan dan tinggi yang melekat. temperatur mesin rotari. Informasi tentang berbagai trim dan model tercantum sebagai berikut:

Seri 6 (1992–1995)
Model Keluaran daya Torsi Gearbox Berat
Tipe R 255 PS (188 kW; 252 hp) 294 N⋅m (217 lbf⋅ft) manual 5 kecepatan 1.260 kg (2.778 pon)
Ketik RZ 1.230 kg (2.712 pon)
Ketik RB 1.260 kg (2.778 pon)
A-Spec 265 PS (195 kW; 261 hp) 1.220 kg (2.690 pon)
UE-Spesifikasi 239 PS (176 kW; 236 hp) 294 N⋅m (217 lbf⋅ft) 1.325 kg (2.921 pon)
Tur X 255 PS (188 kW; 252 hp) Otomatis 4 kecepatan 1.330 kg (2.932 pon)

Motorsport[sunting | sunting sumber]

Mobil Rally Mazda RX-7 Grup B yang berkompetisi di Rally Monte Carlo 1979

Versi balap dari RX-7 generasi pertama diikutsertakan pada balapan ketahanan 24 jam Le Mans yang bergengsi . Tamasya pertama untuk mobil yang dilengkapi dengan mesin 13B , gagal kurang dari satu detik untuk lolos pada tahun 1979 . Tahun berikutnya, RX-7 yang dilengkapi 12A tidak hanya memenuhi syarat, tetapi juga menempati posisi ke-21 secara keseluruhan. Mobil yang sama tidak selesai pada tahun 1981, bersama dengan dua mobil 13B lainnya. Kedua mobil itu kembali pada tahun 1982, dengan satu finis di urutan ke-14 dan DNF lainnya. Upaya RX-7 Le Mans digantikan oleh prototipe 717C untuk tahun 1983.

Mazda mulai balapan RX-7 di seri IMSA GTU pada tahun 1979. Di tahun pertamanya, RX-7 menempati posisi pertama dan kedua di Daytona 24 Jam , dan mengklaim kejuaraan seri GTU. Mobil terus menang, mengklaim kejuaraan GTU tujuh tahun berturut-turut. RX-7 merebut kejuaraan GTO sepuluh tahun berturut-turut dari tahun 1982. Selain itu, versi GTX dikembangkan, diberi nama Mazda RX-7 GTP ; ini tidak berhasil, dan GTPversi mobilnya juga tidak berhasil. RX-7 telah memenangkan lebih banyak balapan IMSA daripada model mobil lainnya. Di kompetisi SCCA AS, RX-7 dibalap dengan sukses besar oleh Don Kearney di Divisi NE dan John Finger di Divisi SE. Pettit Racing memenangkan GT2 Road Racing Championship pada tahun 1998 . Mobil itu adalah mobil jalanan Mazda RX-7 '93 dengan hanya aksesori yang dipasang dengan baut. Di akhir musim, Pettit mengumpulkan 140 poin—63 poin lebih banyak dari tim peringkat kedua. Mobil yang sama menyelesaikan balapan 24 jam Daytona Rolex sebanyak empat kali.

RX-7 juga bernasib baik di balapan Spa 24 Jam . Tiga Savanna/RX-7 dimasukkan pada tahun 1981 oleh Tom Walkinshaw Racing . Setelah berjam-jam bertarung dengan beberapa BMW 530is dan Ford Capris , RX-7 yang dikemudikan oleh Pierre Dieudonné dan Tom Walkinshaw memenangkan acara tersebut. Mazda membalikkan keadaan dari BMW , yang mengalahkan Mazda's Familia Rotary ke podium sebelas tahun sebelumnya di acara yang sama. RX-7 yang disiapkan TWR juga memenangkan British Touring Car Championship pada tahun 1980 dan 1981 , dikemudikan oleh Win Percy .

Pengemudi mobil touring Australia kelahiran Kanada Allan Moffat berperan penting dalam membawa Mazda ke kancah mobil touring Australia yang mengikuti peraturan Grup C yang unik di Australia. Selama rentang waktu empat tahun yang dimulai pada tahun 1981, Moffat membawa Mazda RX-7 meraih kemenangan di Australian Touring Car Championship 1983 , serta tiga podium Bathurst 1000 , pada tahun 1981 (ke-3 dengan Derek Bell ), 1983 (kedua dengan Yoshimi Katayama ) dan 1984 (ketiga dengan mantan juara sepeda motor Gregg Hansford ). Pembalap privateer Peter McLeod mengendarai RX-7 miliknya untuk memenangkanKejuaraan Ketahanan Australia 1983 , sedangkan Moffat memenangkan gelar Ketahanan pada tahun 1982 dan 1984 . Penerapan peraturan Grup A internasional Australia , dikombinasikan dengan keengganan Mazda untuk homologasi Grup A RX-7 (artinya nomor dasar 5.000 harus dibuat, ditambah 500 model "evolusi" lainnya), mengakhiri partisipasi aktif Mazda dalam mobil touring Australia. balapan di akhir musim 1984. Ada rencana untuk mengganti RX-7 dengan Mazda 929 , tetapi pengujian oleh Allan Moffat pada akhir 1984 menunjukkan bahwa mobil tersebut tidak akan kompetitif dan Mazda membatalkan rencana untuk balapan di Grup A.

RX-7 bahkan tampil di World Rally Championship . Mobil tersebut menempati posisi ke-11 pada debutnya di RAC Rally di Wales pada tahun 1981. Grup B mendapat banyak perhatian untuk bagian pertama tahun 1980-an, tetapi Mazda berhasil menempati posisi ketiga pada Reli Acropolis 1985 , dan ketika Grup B menjadi dilipat, penggantinya yang berbasis di Grup A , 323 4WD mengklaim kemenangan di Reli Swedia pada tahun 1987 dan 1989.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Long, Brian (2004). RX-7. Dorchester: Veloce Publishing. hlm. 206. ISBN 1-904788-03-3. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]