Suzuki Karimun Wagon R

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Suzuki Wagon R)
Suzuki Karimun Wagon R
2018 Suzuki Karimun Wagon R GL (MP31S, Indonesia)
Informasi
ProdusenSuzuki
Juga disebut
  • Suzuki Wagon R
  • Maruti Suzuki Wagon R (India, 1999-sekarang)
Masa produksi2013–2021
Bodi & rangka
KelasMobil kota, LCGC
Bentuk kerangka5-pintu hatchback
Tata letakMesin depan, Penggerak roda depan


Suzuki Wagon R (Jepang: スズキ • ワゴンR) adalah mobil ringan yang diproduksi oleh pabrik mobil Jepang Suzuki sejak tahun 1993. R dalam namanya adalah singkatan dari "Recreation".[1] Ini adalah salah satu tipe mobil Suzuki pertama yang menggunakan desain "tall wagon" atau "tall boy". Mobil ini dirancang untuk menjadi luar biasa tinggi dengan kap mesin pendek dan hatchback hampir vertikal untuk memaksimalkan ruang kabin sementara bodi mobilnya tetap dalam batasan dimensi/ukuran mobil ringan.

Wagon R menjadi mobil ringan terlaris di Jepang sejak tahun 2003;[2] dan pada tahun 2008, Suzuki memproduksi Wagon R. yang ke tiga juta buah.[3]

Tipe mobil Suzuki ini telah menjadi mobil yang menguntungkan bagi Suzuki bahkan di pasaran Internasional, terutama sejak diperkenalkan di India. Penjualan Suzuki Wagon R telah mencapai 5 juta unit pada akhir Februari 2010.

Versi Indonesia[sunting | sunting sumber]

Suzuki Karimun Wagon R adalah mobil kota yang diproduksi oleh Suzuki sejak tahun 2013. R dalam nama ini adalah singkatan dari Rekreasi. Mobil ini hadir untuk menggantikan Suzuki Karimun yang berbasis Wagon R generasi pertama yang diluncurkan pada tahun 1999 dan dipasarkan hingga tahun 2006 serta Suzuki Karimun Estilo. Karimun Wagon R adalah rebadge dari Suzuki Wagon R yang sesuai dengan kebijakan Low Cost Green Car (LCGC) dari pemerintah Indonesia. Jika ditarik dari sejarah perjalanan Suzuki Karimun sejak tahun 1999, Karimun Wagon R merupakan generasi ketiga dari Karimun. Mobil ini diperkenalkan sebagai mobil konsep pada bulan Juni 2013 dan dalam bentuk produksi akhir di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 yang diselenggarakan pada tanggal 19-29 September 2013. Produksinya telah dimulai sejak bulan September 2013 di pabrik Tambun, Bekasi untuk penjualan di pasar dalam negeri Indonesia dan pasar Pakistan dan mulai dipasarkan pada bulan Oktober 2013. Karimun Wagon R dijadwalkan untuk memenuhi persyaratan persetujuan LCGC dengan mewujudkan konsumsi bahan bakar rendah dan meningkatkan tingkat pengadaan lokal. Nama resminya adalah Suzuki Indomobil Karimun Wagon R. Mobil ini hadir dengan 3 tipe: GA sebagai standar, GL, dan GX dengan peralatan yang lebih baik seperti Roof Rail, sporty cluster meter dan power windows, sementara di bawah nampan kursi dan kunci masuk tanpa kunci hanya untuk tipe GX. Karimun GL dan GX tersedia dengan kaca spion elektrik.

Mobil tersebut mengikuti lima elemen kebijakan LGCC yang dijuluki "S.U.P.E.R.", sebuah akronim untuk "Spacious, Useful, Practical, Efficient, and Reasonable" (Lega, Bermanfaat, Praktis, Irit, dan Layak).

Versi sporty yang berbasis Stingray, yang disebut Karimun Wagon R GS, diluncurkan pada bulan Agustus 2014. Karimun GS memiliki semua kelengkapan tipe GX. Versi dengan AMT 5 kecepatan muncul kemudian pada bulan Mei 2015. Dijuluki "AGS", singkatan dari "Auto Gear Shift", ini pada dasarnya adalah sebuah manual 5 kecepatan dengan unit kontrol transmisi bertenaga hidraulis untuk memungkinkan transmisi manual mengubah gigi secara otomatis.[4] Karimun Wagon R telah diperbarui pada tanggal 27 April 2017 di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, dan hanya tersedia dalam tipe GL dan GS saja. Pembaruan ini termasuk sistem audio baru in-dash. Untuk tipe GL, warna baru Speedy Blue ditambahkan, dan lambang Garuda dipindahkan dari grille depan ke pintu belakang di atas pelat, seperti yang di tipe GS.

Produksi Karimun Wagon R dihentikan pada tahun 2021 kemudian digantikan oleh Suzuki S-Presso yang diluncurkan setahun kemudian pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. S-Presso tidak digolongkan sebagai LCGC.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Suzuki Car Name FAQ". Suzuki Japan. Diakses tanggal 2017-11-06. 
  2. ^ "Suzuki Wagon R 1st-Half Best-Selling Car for 5 Straight Years". Japan Corporate News Network KK. 6 October 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 June 2010. Diakses tanggal 14 December 2017. 
  3. ^ Garrett, Jerry (2007-11-25). "Small Things in Good Packages". The New York Times. Diakses tanggal 2010-12-04. 
  4. ^ "Spesifikasi dan Harga Suzuki Karimun Wagon R AGS". Diakses tanggal 15 Juli 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]