Klasifikasi mobil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Berbagai macam mobil di dunia dapat diklasifikasikan dengan berbagai kriteria yang ada. Meski bergitu, pengklasifikasian yang betul-betul pas sangat tidak mungkin karena sebuah kendaraan dapat saja masuk ke dalam berbagai kategori kendaraan atau bisa juga tidak memenuhi salah satu persyaratan yang ada. Artikel ini menunjukkan sistem yang paling biasa digunakan dalam pengklasifikasian sebuah kendaraan. Sistem ini menggunakan sistem dari Euro NCAP dan Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (United States Environmental Protection Agency) (Amerika menggolongkan klasifikasi berdasarkan kabin penumpang dan volume bagasi).[1] Kanada juga menggunakan penggolongan klasifikasi yang mirip.[2] Di Australia, Federal Chamber of Automotive Industries menggunakan klasifikasi mereka sendiri.[3]

Mobil mikro[sunting | sunting sumber]

Smart ForTwo

Mobil jenis ini merupakan jenis mobil di antara mobil dan motor. Biasanya menggunakan mesin di bawah 1000 cc dan kebanyakan untuk 2 penumpang. Beberapa malah menggunakan tiga roda. Mobil jenis ini populer di Eropa. Salah satu contoh mobil mikro modern adalah Smart Fortwo.

Contoh mobil mikro:

Hatchback, sedan, dan station wagon[sunting | sunting sumber]

Mobil kota[sunting | sunting sumber]

Citroën C1

Mobil kota adalah mobil kecil yang diperuntukkan untuk penggunaan di dalam kota. Berbeda dengan mobil mikro, sebuah mobil kota memiliki performa lebih tinggi dan tingkat keselamatan lebih baik. Mobil ini bisa juga dipakai untuk luar kota meskipun sebenarnya tidak dibuat untuk itu. Di Jepang. mobil ini dinamai mobil kei. Kapasitas mesin mobil kei dibatasi 660 cc dan panjang mobil tidak lebih dari 3.400 mm.

Contoh mobil kei:

Contoh mobil kota:

Mobil supermini/subkompak/hatchback[sunting | sunting sumber]

Ford Fiesta

Mobil ini dikategorikan sebagai mobil supermini di Europe, atau subkompak di Amerika Utara. Mobil supermini biasanya memiliki tiga, empat, atau lima pintu dan memuat 4 penumpang. Mobil supermini memiliki panjang kira-kira 3.900 mm.

Di Eropa, mobil supermini yang pertama kali muncul adalah Fiat 500 tahun 1957 dan Austin Mini tahun 1959. Sekarang, beberapa mobill supermini adalah mobil paling laris di Eropa.

Beberapa contoh mobil supermini/subkompak/hatchback:

Mobil keluarga kecil/mobil kompak[sunting | sunting sumber]

Toyota Corolla (2001-2007 Model)

Mobil keluarga kecil/mobil kompak dapat digolongkan pada sedan-sedan paling kecil. Mobil dengan kategori ini biasanya memiliki panjang sampai 4.500 mm. Mobil kompak biasanya memuat sampai 5 penumpang dewasa dan memiliki mesin mulai dari 1.4L sampai 2.2L, dan di beberapa negara bisa sampai 2.5L. Mobil jenis ini biasanya adalah jenis mobil paling populer.

Beberapa contoh mobil di kelas ini antara lain:

Mobil keluarga besar/Mobil mid-size[sunting | sunting sumber]

Opel Insignia

Sebuah mobil keluarga besar/mobil mid-size mempunyai ruangan yang cukup untuk menampung 5 orang dewasa beserta bagasi yang luas. Mesinnya lebih bertenaga daripada mobil keluarga kecil/mobil kompak. Umumnya sudah menggunakan mesin 6 silinder. Ukuran mobil bisa berbeda di beberapa kawasan, seperti Eropa ukuran panjangnya 4700 mm, sedangkan Amerika Utara, Timur Tengah, dan Australasia ukurannya bisa lebih dari 4800 mm.

Beberapa contoh mobil di kelas ini antara lain:

Kategori mobil ini sejajar dengan pengklasifikasian EuroNCAP di kelas "Large Family Cars".

Mobil full-size/mobil besar[sunting | sunting sumber]

Lincoln Town Car

Penamaan ini kebanyakan dipakai di pasar Amerika Utara, Timur Tengah, dan Australia untuk mendefinisikan kelas sedan paling besar di pasaran. Mobil ukuran ini mempunyai panjang lebih dari 4900 mm long dan ruangannya sangat lega.

Beberapa contoh mobil di kelas ini antara lain:

Mobil kompak eksekutif/Mobil mewah entry-level (level pemula)[sunting | sunting sumber]

Mobil kelas ini memiliki kemewahan setara dengan mobil mid-size dan mobil kompak. Mesinnya bisa memakai 4, 6 , atau kadang 8 silinder. Ukuran ruangannya masih lebih kecil dari mobil eksekutif atau mobil mewah karena memang ukurannya lebih kecil dan karakternya mobil sport.

Beberapa contoh mobil di kelas ini antara lain:

Kategori ini sama dengan EuroNCAP kelas "Large Family Cars".

Mobil eksekutif/Mobil mid-luxury[sunting | sunting sumber]

BMW Seri 5

Sebuah mobil eksekutif adalah mobil mid-luxury adalah mobil yang ukurannya lebih besar dari mobil keluarga besar/mobil mid-size dan mobil kompak eksekutif. Mobil ini ruangnya sangat lega, mesinnya bertenaga besar, dan mewah. Hal ini juga merujuk pada hatchback dengan ukuran paling besar dengan ukuran panjang yang mirip.

Beberapa contoh mobil di kelas ini antara lain:

Kategori ini sama dengan EuroNCAP kelas "Executive Cars".

Mobil mewah full-size/Grand saloon[sunting | sunting sumber]

Sebuah mobil mewah full-size biasanya mempunyai betuk bodi sedan 4 pintu. Sedan-sedan ini memiliki mesin paling bertenaga, dengan 6,8, atau 12 silinder. Mempunyai kelengkapan paling lengkap di antara semua jenis sedan lainnya.

Beberapa contoh mobil di kelas ini antara lain:

Kategori ini sama dengan EuroNCAP kelas "Executive Cars".

Mobil sport dan grand tourer[sunting | sunting sumber]

Hot hatch[sunting | sunting sumber]

Sebuah mobil hot hatch adalah mobil hatchback dengan performa tinggi yang biasanya berasal dari mobil-mobil supermini standar dengan performa, pengendalian (handling), dan styling ditingkatkan/dinaikkan. Hot hatch sangat populer di Eropa. Di Amerika Utara, mobil kompak sport biasanya dijual sebagai sedan daripada hatchbacks. Mobil kelas hot hatch sekarang berkembang lebih besar sehingga dinamai large hot hatch karena ukurannya yang membesar

Beberapa contoh mobil di kelas hot hatch/kompak sport antara lain:

Beberapa contoh mobil di kelas hot hatch besar antara lain:

Sedan Sport[sunting | sunting sumber]

Opel Insignia OPC

Mobil jenis ini adalah versi performa tinggi dari sedan biasa. Kabinnya kebanyakan seperti sedan biasa, ditujukan untuk 4 atau 5 penumpang.

Beberapa contoh mobil di kelas sedan sport antara lain:

Beberapa contoh mobil di kelas sedan kompak sport antara lain:

Mobil sport[sunting | sunting sumber]

A Honda NSX

Mobil berukuran tidak terlalu besar dengan performa dan pengendalian yang baik. Terkadang mobil ini terinsipirasi dari mobil balap. Kelasnya bermacam-macam, mulai dari Lotus Elise dan Mazda MX-5, sampai model yang sangat bertenaga seperti Dodge Viper.

Beberapa contoh mobil di kelas ini antara lain:

Grand tourer[sunting | sunting sumber]

Jaguar XK8

Mempunyai mesin dan ukuran bodi lebih besar daripada mobil sport, juga lebih mahal, tapi tidak semahal mobil super. Biasanya mempunyai layout FR dan kapasitas tempat duduk untuk 4 penumpang (2+2).

Beberapa contoh mobil di kelas ini antara lain:

Mobil super[sunting | sunting sumber]

Lamborghini Gallardo

Mobil super biasanya disebut untuk mobil ultra eksotik yang super mahal, mempunyai performa sangat tinggi diatas mobil-mobil lainnya. Tapi sebutan mobil super ini masih sangat subjektif dan masih diperdebatkan, terutama di antara penggemarnya.

Beberapa contoh mobil di kelas ini antara lain:

Mobil muscle[sunting | sunting sumber]

1970 The Machine

Mobil muscle biasanya merujuk kepada mobil performa tinggi, biasanya berbentuk sedan mid-size 2 pintu dengan mesin V8 dan berpenggerak roda belakang. Mobil ini banyak ditemukan di Amerika Serikat.[4][5] Beberapa opini menyebutkan kalau mobil muscle kebanyakan diproduksi akhir tahun 1960-an dan awal 1970-an.[6][7][8][9]

Beberapa contoh mobil muscle Amerika antara lain:

Beberapa contoh mobil muscle Australia antara lain:

Mobil pony[sunting | sunting sumber]

1966 Ford Mustang

Mobil pony adalah kelas mobil yang diluncurkan karena terinsipirasi dari Ford Mustang tahun 1964. Mobil ini bentuknya kompak, terjangkau, memiliki style tinggi, dengan orientasinya yang sporty.[10][11]

Beberapa contoh mobil pony antara lain:

Konvertibel[sunting | sunting sumber]

Konvertibel full-size

Sebuah mobil yang mempunyai atap fleksibel sehingga bisa digunakan dengan atap terbuka atau tertutup. Biasanya juga disebut cabriolet atau roadster.

Beberapa contoh mobil konvertibel antara lain:

Mobil Off-road[sunting | sunting sumber]

Mobil off-road biasanya merujuk pada mobil dengan penggerak 4 roda, 4WD, atau 4x4. Di beberapa negara kadang-kadang mobil berpenggerak 2 roda juga disebut mobil off-road.

Sport utility vehicle[sunting | sunting sumber]

Sport utility vehicle adalah kendaraan off-road dengan penggerak 4 roda. Biasanya mempunyai ground clearance (jarak dari tanah) yang tinggi.

Beberapa contoh mobil SUV di luar negeri:

Di Indonesia, contoh SUV dapat dibedakan menjadi beberapa kelas antara lain:

Mobil kategori ini sejajar dengan EuroNCAP kelas "Large Off-Roaders".

Crossover SUV[sunting | sunting sumber]

Crossover SUV menggunakan konstruksi monokok dengan kemampuan off-road lebih rendah daripada mobil off-road biasa. Mobil ini terkadang juga bisa berbentuk estate/station wagon.

Contoh mobil berkategori crossover SUV:

Mobil kategori ini sejajar dengan EuroNCAP kelas "Small Off-Roaders".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ {cite web |url=http://www.fueleconomy.gov/feg/info.shtml#sizeclasses |title=How are vehicle size classes defined? |publisher=U.S. Department of Energy |accessdate=18 January 2011}}
  2. ^ "Canadian Environmental Protection Act, 1999". Canada Gazette Part II 137 (1). Diakses 18 January 2011. 
  3. ^ "VFACTS Motor Vehicle Classifications and Definitions". Australian FCAI - Federal Chamber of Automotive Industries. Diakses 18 January 2011. 
  4. ^ Koch, Jeff. "The First Muscle Car: Older Than You" Hemmings Muscle Machines - October 1, 2004, retrieved on 2008-06-30.
  5. ^ The Merriam-Webster definition: "any of a group of American-made 2-door sports coupes with powerful engines designed for high-performance driving."car "muscle car." Merriam-Webster Online, retrieved on 2008-06-30.
  6. ^ "Muscle Car Definition" Muscle Car Club Muscle, retrieved on 2008-06-30.
  7. ^ Sherman, Don. "Muscle Cars Now Worth Millions" The New York Times, June 4, 2006, retrieved on 2008-06-30.
  8. ^ Classic Muscle Cars Library, How Stuff Works, undated, retrieved on 2008-06-30.
  9. ^ "Muscle Car Definition" by Muscle Car Society, retrieved on 2008-06-30.
  10. ^ Gunnell, John (2005). American Cars of The 1960s: A Decade of Diversity. Krause Publications. hlm. 47–50. ISBN 9780896891319. 
  11. ^ "Pony Car History", retrieved on 2008-06-30.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]