Mobil sport

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Mobil sport adalah mobil yang mengutamakan pengendalian dan performanya. Pada umumnya mobil sport berbentuk coupe 2 pintu, namun ada pula yang merupakan versi kemampuan tinggi dari sedan atau hatchback. Bentuk coupe sendiri ada yang benar-benar 2 pintu, dan ada yang liftback 3 pintu. Selain itu ada juga model convertible yang atapnya bisa dibuka.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Berbagai macam alasan mengapa orang membeli mobil sport. Yang paling umum adalah untuk mendapatkan sensasi menyetir yang lebih menyenangkan dari mobil biasa. Beberapa alasan lain yang lebih jarang seperti berpamer, atau yang ilegal, balapan di jalan raya. Adapun yang membeli mobil sedan mewah dengan paket sport untuk mendapat pengendalian yang lebih baik seperti Mercedes C 63 AMG.

Mobil sport adalah mobil yang harganya lebih tinggi dari pada mobil standar, karena itu mobil sport biasanya juga diproduksi oleh produsen yang memproduksi mobil - mobil mewah seperti Jaguar, Lamborghini, Ferrari dan Porsche.

Tahun 2013, Indonesia rencananya akan memproduksi mobil sport bertenaga listrik yang bernama "si Lumba-lumba" atau Tucuxi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]