Mobil sport

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Mobil sport adalah mobil yang mengutamakan pengendalian dan performanya. Pada umumnya mobil sport berbentuk coupe 2 pintu, namun ada pula yang merupakan versi kemampuan tinggi dari sedan atau hatchback. Bentuk coupe sendiri ada yang benar-benar 2 pintu, dan ada yang liftback 3 pintu. Selain itu ada juga model convertible yang atapnya bisa dibuka.

Untuk saat ini Mobil Sport Tercepat diduduki oleh Hennessey Venom GT

Mobil keluaran amerika ini telah diuji kecepatannya pada tanggal 14 Februari 2014 di landasan pacu pesawat luar angkasa milik NASA di Florida yang mempunyai panjang lintasan sejauh 3,22 mil. Hasilnya sungguh menakjubkan, mobil ini bisa berlari dengan kecepatan maksimal mencapai 435 km/jam atau 270  mil/jam yang dihasilkan dari sebuah mesin berkapasitas 7.0 Liter berseri LS7 Turbocharged V8. Akselarinya sangat fantastis, untuk mencapai kecepatan dari 0-60 mph hanya membutuhkan waktu sebanyak 2,5 detik saja, benar-benar sangat cepat sekali.  Mesin Turbo kembar V8 ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 1244 tenaga kuda. Mobil ini juga termasuk 5 mobil termahal di dunia tahun 2015 dengan menempati posisi ketiga menurut versi Forbes dengan harga US $ 1,25 juta atau sekitar 15 miliar rupiah. Elliot Alderson00 (bicara) 5 Januari 2016 13.52 (UTC)

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Berbagai macam alasan mengapa orang membeli mobil sport. Yang paling umum adalah untuk mendapatkan sensasi menyetir yang lebih menyenangkan dari mobil biasa. Beberapa alasan lain yang lebih jarang seperti berpamer, atau yang ilegal, balapan di jalan raya. Adapun yang membeli mobil sedan mewah dengan paket sport untuk mendapat pengendalian yang lebih baik seperti Mercedes C 63 AMG.

Mobil sport adalah mobil yang harganya lebih tinggi dari pada mobil standar, karena itu mobil sport biasanya juga diproduksi oleh produsen yang memproduksi mobil - mobil mewah seperti Jaguar, Lamborghini, Ferrari dan Porsche.

Di Indonesia sendiri pun telah berupaya untuk menciptakan mobil-mobil sport bertenaga listrik seperti mobil "si lumba-lumba" Tucuxi dan Selo

Pranala luar