Lompat ke isi

Kit Kat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infotaula de menjarKit Kat
Asal
Negara asalBritania Raya Edit nilai pada Wikidata
PembuatRowntree's (en) Terjemahkan Edit nilai pada Wikidata
Tanggal pembuatan1935 Edit nilai pada Wikidata
PabrikanNestlé Edit nilai pada Wikidata
Rincian
JenisCokelat batangan Edit nilai pada Wikidata
Situs webWeb oficial Edit nilai pada Wikidata

Untuk kegunaan lain, lihat Kit Kat ( disambiguasi ).

Kit Kat
Logo KitKat Internasional
Logo KitKat Internasional
Jenis produkBatang coklat
PemilikNestlé
NegaraBritania Raya
Diluncurkan1935
PasarSeluruh dunia
Situs webKit Kat

Kit Kat ( ditulis sebagai KitKat di berbagai negara ) adalah kue wafer batangan berlapis coklat yang dibuat oleh Rowntree's dari York, Inggris. Permen ini diproduksi secara global oleh Nestlé ( yang mengakuisisi Rowntree's di tahun 1988 ), kecuali di Amerika Serikat, yang dibuat dibawah lisensi oleh H. B. Reese Candy Company, sebuah divisi dari Hershey Company ( perjanjian pertama yang dibuat Rowntree dengan Hershey di tahun 1970 ).

Batangan standar terdiri dari 2 atau 4 potong yang terdiri dari 3 lapisan wafer, dipisahkan dan ditutup oleh lapisan luar coklat. Setiap jari bisa diambil dari bilah secara terpisah. Ada banyak rasa Kit Kat, antara lain susu, putih, dan coklat hitam.

Versi asli batangan empat jari ini dikembangkan setelah seorang pekerja di pabrik Rowntree di York memberikan saran di kotak rekomendasi untuk "sebatang coklat yang bisa dibawa seseorang untuk bekerja dalam kemasannya". Ini diluncurkan di bulan September 1935 di Inggris sebagai Rowntree's Chocolate Crisp, dan versi dua jari kemudian diluncurkan di tahun 1936. Namanya diubah menjadi Kit Kat Chocolate Crisp di tahun 1937, dan hanya Kit Kat setelah Perang Dunia II.

Sejak pertama kali muncul di televisi dalam iklan Inggris di tahun 1958, slogan Kit Kat di Inggris dan negara lain adalah "Selamat istirahat...nikmati Kit Kat". Sejak tahun 1986 di AS, jingle yang digunakan dalam iklan televisi adalah "Beri aku istirahat, Beri aku istirahat, Hancurkan aku sepotong Kit Kat itu!"

Penggunaan nama Kit Kat atau Kit Cat untuk suatu jenis makanan dimulai di abad ke-18, ketika pai daging kambing yang dikenal sebagai Kit Kat disajikan di pertemuan politik Klub Kit-Cat di London yang dimiliki oleh koki pastry Christopher Cat.

Asal usul merek Kit Kat dimulai di tahun 1911, ketika Rowntree's, sebuah perusahaan gula-gula yang berbasis di York, Inggris, merek dagang dengan istilah Kit Cat dan Kit Kat. Nama-nama tersebut tidak segera digunakan dan Kit Kat pertama kali muncul di tahun 1920-an, ketika Rowntree's meluncurkan merek coklat kotak bertajuk Kit Cat. Hal ini berlanjut hingga tahun 1930-an, ketika Rowntree mengalihkan fokus dan produksinya ke merek Black Magic dan Dairy Box. Dengan promosi produk alternatif, merek Kit Cat menurun dan akhirnya dihentikan. Bilah 4 jari yang asli dikembangkan setelah seorang pekerja di Pabrik Rowntree's York memasukkan saran kedalam kotak rekomendasi untuk camilan yang "bisa dibawa seseorang ke tempat kerja dalam ranselnya". Batangan ini secara resmi diluncurkan di bulan September 1935, dengan nama Rowntree's Chocolate Crisp ( harga 2d ), dan dijual di London dan seluruh Inggris bagian selatan.

Keripik Coklat Rowntree berganti nama menjadi Keripik Cokelat Kit Kat di tahun 1937. Skema warna dan variasi rasa pertama di merek ini muncul di tahun 1942, karena Perang Dunia II, ketika kekurangan pangan menyebabkan perubahan resep. Rasa Kit Kat diubah menjadi coklat hitam; kemasannya meninggalkan judul Chocolate Crisp-nya, dan diberi warna biru. Setelah perang namanya menjadi Kit Kat, dengan resep coklat susu asli dan kemasan berwarna merah.

Menyusul kejayaannya di Inggris, di tahun 1940-an Kit Kat diekspor ke Kanada, Afrika Selatan, Irlandia, Australia, dan Selandia Baru. Di tahun 1957, Donald Gilles, eksekutif di JWT London, menciptakan lini iklan ikonik "Have a Break, Have a Kit Kat". Merek ini semakin berkembang di tahun 1970an ketika Rowntree mendirikan pabrik distribusi baru di Jerman untuk memenuhi permintaan Eropa dan menjalin perjanjian untuk mendistribusikan merek tersebut di AS melalui perusahaan Hershey, dan di Jepang melalui Fujiya.

Di bulan Juni 1988, perusahaan Swiss Nestlé mengakuisisi Kit Kat melalui pembelian Rowntree's, memberikan Nestlé kendali global atas merek tersebut, kecuali di AS, dan produksi serta distribusi meningkat dengan fasilitas baru di Jepang dan operasi manufaktur tambahan didirikan di Malaysia, India dan Tiongkok.

Perusahaan Hershey memiliki lisensi untuk memproduksi batangan Kit Kat di Amerika Serikat yang dimulai di tahun 1970, ketika Hershey menandatangani perjanjian lisensi dengan Rowntree yang mengizinkan Hershey untuk mempertahankan lisensi Kit Kat selama Hershey tidak dijual. Nestlé, yang memiliki kehadiran besar di AS, harus menghormati perjanjian lisensi ketika membeli Rowntree di tahun 1988. Karena Kit Kat adalah salah satu dari 5 merek Hershey teratas di pasar AS, lisensi Kit Kat merupakan faktor kunci dalam kegagalan Hershey. upaya untuk menarik pembeli yang serius di tahun 2002. Bahkan Nestlé menolak harga yang diminta Hershey. Penjualan bisnis gula-gula Nestlé di AS kepada Ferrara Candy Company di tahun 2018 tidak berdampak pada bar Kit Kat, sehingga haknya akan langsung dikembalikan ke Nestlé dan bukan Ferrara jika terjadi penjualan Hershey.

Varian coklat batangan tradisional pertama kali muncul di tahun 1996 ketika Kit Kat Orange, varian rasa pertama, diperkenalkan di Inggris. Kesuksesannya diikuti oleh beberapa varietas termasuk mint dan karamel, dan di tahun 1999 Kit Kat Chunky diluncurkan dan diterima dengan baik oleh konsumen internasional. Variasi Kit Kat tradisional terus dikembangkan sejak saat itu. Di tahun 2000, Nestlé mengakuisisi saham Fujiya di Jepang, dan juga memperluas pasarnya di Jepang, Rusia, Turki, dan Venezuela, selain pasar di Eropa Timur dan Tengah. Sepanjang dekade ini, Kit Kat memperkenalkan lusinan rasa dan perluasan lini dalam pasar konsumen tertentu. Di bulan September 2010, Kit Kat ( dan Aero ) merayakan ulang tahun yang ke-75. Nestlé menyatakan, "Sejak hari penting di tahun 1935, Kit Kat telah memantapkan dirinya dalam budaya Inggris, menyebarkan produk coklatnya jauh dan luas yang dijual di lebih banyak negara dibandingkan merek coklat lainnya".

Batangan tradisional memiliki 4 jari yang masing-masing berukuran kira-kira 1 sentimeter ( 0,4 inci ) kali 9 sentimeter ( 3,5 inci ). Batangan 2 jari diluncurkan di tahun 1930-an, dan tetap menjadi merek biskuit terlaris perusahaan sejak saat itu. Kit Kat Chunky tahun 1999 ( dikenal sebagai Big Kat dan Kit Kat Extra Crispy di AS ) memiliki 1 jari besar dengan lebar sekitar 2,5 sentimeter ( 1 inci ). Batangan Kit Kat berisi jumlah jari yang berbeda-beda tergantung pasar, mulai dari Kit Kat Petit berukuran setengah jari di Jepang, hingga varian 3 jari di Arab, dan batangan ukuran keluarga 12 jari di Australia dan Prancis. Batangan Kit Kat dijual secara terpisah dan dalam tas, kotak, dan multi-bungkus.

Penganan Global

[sunting | sunting sumber]

Batangan Kit Kat diproduksi di 16 negara oleh Nestlé : Brasil, Meksiko, Inggris, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Jerman, Rusia, Jepang, Tiongkok, Malaysia, Thailand, India, Turki, Uni Emirat Arab, Bulgaria, dan Aljazair. Batangan Kit Kat di Amerika Serikat diproduksi dibawah lisensi oleh The Hershey Company, pesaing Nestlé, karena perjanjian lisensi sebelumnya dengan Rowntree. Tahun 2003 merupakan titik balik bagi bar Kit Kat serta industri gula-gula pada umumnya. Popularitas diet rendah karbohidrat dan dorongan menuju pola makan yang lebih sehat menghambat pertumbuhan penjualan di banyak belahan dunia. Selain itu, persaingan ketat dari superbrand Susu Susu Cadbury yang baru dibentuk juga berkontribusi terhadap penurunan penjualan Kit Kat secara signifikan di pasar dalam negerinya di Inggris, dan mengancam akan menurunkannya dari posisi No.1. Solusi yang diadopsi oleh Nestlé dan perusahaan lainnya adalah meningkatkan secara dramatis jumlah variasi baru dan unik dari produk manisan mereka dan memasarkannya sebagai edisi terbatas atau khusus, yang biasanya hanya tersedia selama beberapa bulan agar tidak kehilangan penjualan produk standar mereka. Strategi ini awalnya membalikkan kemunduran Kit Kat dan telah diadopsi di seluruh dunia oleh Nestlé, Hershey, Mars, dan lainnya dengan keberhasilan serupa. Hal ini menghasilkan banyak rasa dan variasi baru dari Kit Kat dan manisan lainnya yang bermunculan secara global sejak saat itu.

Di bulan September 2006, Nestlé mengumumkan bahwa mereka akan memangkas 645 pekerjaan di pabrik mereka di York dan memindahkan seluruh produksi Smarties ke pabrik mereka di Hamburg, yang telah memenuhi 2 per 3 produksi. Mereka menyatakan bahwa langkah ini akan memungkinkan investasi £20 juta untuk memodernisasi pabrik kuno York dan meningkatkan produksi Kit Kat. Di tahun 2010, jalur produksi baru senilai £5 juta dibuka oleh Nestlé di York, untuk memproduksi lebih dari 1 miliar batangan Kit Kat setiap tahunnya.

Karena coklat hitam telah mengalami peningkatan permintaan dan kesukaan di seluruh dunia karena manfaat kesehatannya, di bulan September 2006 Kit Kat Fine Dark dengan 4 jari diluncurkan di Inggris sebagai produk permanen. Hershey telah menjual Kit Kat Dark empat jari di AS beberapa tahun sebelumnya sebagai edisi terbatas, dan mulai melakukannya lagi.

Nestlé kini memproduksi Kit Kat 2 jari dengan perasa alami, dan di Februari 2021 mengumumkan peluncuran Kit Kat vegan pertama, yang disebut "KitKat V". Di tahun 2014, Kit Kat menduduki peringkat coklat batangan terlaris ketiga di Inggris, setelah Dairy Milk dan Galaxy. Terkadang dianggap sebagai biskuit, di tahun 2020 penjualan Kit Kat berada di urutan kedua setelah biskuit McVitie di Inggris dalam kategori biskuit.

Saat pertama kali diperkenalkan di Inggris di tahun 1935, batangan Chocolate Crisp Rowntree yang asli memiliki bungkus berwarna merah, yang sempat berubah menjadi biru antara tahun 1945 dan 1947. Logo Kit Kat ditambahkan di tahun 1937. Akibat kekurangan susu setelah berakhirnya Perang Dunia II – periode penjatahan di Inggriscoklat hitam digunakan sebagai pengganti coklat susu di periode tersebut.

Sejak diperkenalkan di AS di tahun 1970-an, kemasan dan iklan Kit Kat Hershey berbeda dari merek yang digunakan di negara lain tempat produk tersebut dijual. Di tahun 2002, Hershey Kit Kat mengadopsi logo elips miring yang digunakan di seluruh dunia oleh Nestlé, meskipun elipsnya berwarna merah dan teksnya berwarna putih. "Kit Kat Chunky" versi AS dikenal sebagai "Big Kat".

Di Inggris, produk ini secara tradisional dibungkus dengan kertas perak dan pita kertas luar. Di tahun 2001 ini diubah menjadi plastik pembungkus aliran. Pembungkus foil dan kertas masih digunakan untuk Kit Kat yang dijual sebagai bagian dari multipak. Di tahun 2020, Kit Kat memenangkan Lausanne Index Prize - Kemasan Terbaik.

Pemasaran dan promosi

[sunting | sunting sumber]

Periklanan

[sunting | sunting sumber]

Setelah diluncurkan di tahun 1930-an, Rowntree's Chocolate Crisp awalnya diiklankan dengan slogan "makanan kecil terbesar" dan "pendamping sempurna untuk secangkir teh". Selama Perang Dunia II, Kit Kat digambarkan sebagai bahan makanan masa perang yang berharga, dengan slogan "apa yang dibutuhkan orang-orang yang aktif". Poster Kit Kat pertama muncul di tahun 1951, dan merek tersebut pertama kali muncul di televisi dalam iklan Inggris di tahun 1958. Iklan TV berwarna pertama kali muncul di tahun 1969.

Sejak tahun 1957, slogan Kit Kat di Inggris dan negara lain adalah "Selamat istirahat...nikmati Kit Kat". Namun, di tahun 1995, Nestlé berusaha membuat merek dagang untuk porsi "Istirahat". Setelah pertarungan hukum selama 10 tahun, yang ditentang oleh saingannya Mars, Pengadilan Eropa memutuskan di tanggal 7 Juli 2005 untuk mengirim kasus tersebut kembali ke pengadilan Inggris. Di tahun 2004, Nestlé UK menggunakan slogan "Manfaatkan waktu istirahat Anda sebaik-baiknya", namun kemudian kembali ke slogan aslinya.

Amerika Serikat juga menggunakan slogan berumur pendek, "Rasanya Sangat Enak, Anda Akan Mengaum", di awal tahun 1980an. Iklan TV yang paling terkenal dari slogan ini menampilkan seorang pria muda yang menggigit salah satu bar Kit Kat di toko kelontong, dan mengaum seperti singa dengan sangat keras hingga seluruh toko bergetar hebat, menjatuhkan barang-barang dari rak. Slogan AS lainnya yang berumur pendek adalah "Itulah Yang Anda Inginkan", yang iklan televisinya menunjukkan orang-orang mengambil bahan makanan yang tidak terduga dari saku atau dompet mereka, sebelum menolaknya dan memilih Kit Kat. Versi "klasik" Amerika dari jingle Kit Kat "Gimme a Break" ( digunakan di AS sejak 1986 ) ditulis oleh Ken Shuldman ( salinan ) dan Michael A. Levine ( musik ) untuk Agen Periklanan DDB. Versi aslinya telah di-cover oleh Carrie Underwood, Shawn Colvin, dan banyak penyanyi studio, serta orang-orang yang muncul didepan kamera dalam iklan.

Jingle tersebut dikutip dalam sebuah penelitian oleh peneliti Universitas Cincinnati James J. Kellaris sebagai salah satu dari 10 "earworms" – potongan melodi yang menempel di kepala Anda. Versi lain dari jingle iklan 'Gimme a break' yang dibuat untuk iklan Kit Kat "Factory" di AS adalah rekaman asli oleh Andrew W.K. W.K. dipekerjakan untuk menulis versi musik baru untuk slogan "Gimme a break" mereka. Variasi pada Andrew W.K. iklan termasuk rutinitas tarian eksekutif di kantor perusahaan dan ruang redaksi jaringan. Namun, lagu "klasik" tersebut juga telah digunakan kembali sejak versi terbarunya pertama kali ditayangkan di tahun 2004.

Banyak iklan yang menjadi hits di seluruh dunia diantaranya di tahun 1980-an dengan Ken Campbell dalam iklan Surga dan Neraka dengan Iblis dan Malaikat di Televisi. Di Australia, iklan TV untuk Kit Kat menampilkan acara klasik anak-anak Thunderbirds, yang memainkan slogannya "Thunderbirds Are Go" tetapi malah menampilkan salah satu anggota menikmati "Break" Kit Kat. Iklan televisi Inggris tahun 1989 untuk Kit Kat, dimana seorang fotografer kebun binatang "beristirahat" dari menunggu panda muncul di kandang dan merindukan mereka melakukan tarian rutin, berada di urutan ke-30 dalam jajak pendapat "100 Iklan TV Terbaik" Channel 4 di tahun 2000.

Di akhir tahun 2004 hingga akhir tahun 2006, Nestlé Rowntree mensponsori klub sepakbola Inggris York City F.C. Akibatnya, kandang klub, Bootham Crescent, berganti nama menjadi KitKat Crescent. Kapal wisata Malta MV Lady Davinia memiliki skema cat Kit Kat merah dan putih yang khas sebelum ditenggelamkan di tahun 2008.

Dalam kampanye periklanan tahun 2012 di Inggris dan Irlandia, beberapa rasa baru dari Chunky Kit Kat dipasarkan, dengan konsumen diminta untuk memilih favorit mereka. Dipilih dari coklat putih, coklat ganda, selai kacang, dan jeruk, selai kacang menjadi pemenang dengan perolehan 47% suara. Kampanye serupa terjadi di tahun 2013 dengan mint, kelapa, hazelnut, dan coklat fudge.

Asosiasi dengan Android

[sunting | sunting sumber]

Di bulan September 2013, diumumkan bahwa versi 4.4 sistem operasi seluler Android Google akan diberi nama "KitKat". Google melisensikan nama tersebut dari Nestlé, tanpa uang berpindah tangan. Sebuah promosi dijalankan di banyak negara dengan bilah Android Kit Kat bermerek khusus untuk memenangkan perangkat Nexus 7 dan kredit Google Play Store.

Fairtrade

[sunting | sunting sumber]

Di bulan Desember 2009, diumumkan bahwa variasi 4 jari Kit Kat akan menggunakan coklat Fairtrade ( setidaknya di Inggris dan Irlandia ) mulai Januari 2010. Promosi Fairtrade Kit Kat diperluas ke edisi 2 jari di bulan Januari 2010.

Di bulan Juni 2020, Nestlé mengumumkan bahwa KitKat akan mengakhiri hubungannya dengan organisasi nirlaba, Fairtrade, dan memilih untuk membeli kakao untuk coklat batangan KitKat dari perkebunan yang memiliki akreditasi Rainforest Alliance.

Pengundian tiket emas

[sunting | sunting sumber]

Dalam 3 minggu pertama Big Brother Seri 7 di Inggris, Channel 4 melakukan promosi bersama Nestlé untuk mendistribusikan 100 "tiket emas" secara acak ke seluruh Kit Kat, dengan gaya yang mengingatkan pada kisah Charlie and Chocolate Factory. Anggota masyarakat yang menemukan tiket ini diizinkan menggunakannya untuk memberikan diri mereka kesempatan menjadi teman serumah Big Brother dan melewati proses audisi standar.

Pemegang tiket emas diundang ke acara televisi dimana salah satu dari mereka, Susie Verrico, dipilih untuk memasuki DPR oleh Aisleyne Horgan-Wallace, mengambil bola dari mesin secara acak. Kontes ini menimbulkan beberapa kontroversi, dengan Otoritas Standar Periklanan mengatakan bahwa syarat dan ketentuan pengundian seharusnya dibuat lebih jelas dalam iklan terkait, dan bahwa juri independen harus dihadirkan sebelum dan selama pengundian.

Banyak jenis Kit Kat yang telah ada, baik secara permanen maupun sebagai edisi terbatas, seperti yang dijual untuk memperingati festival seperti Hari Valentine. Di Jepang, Nestlé telah memperkenalkan lebih dari 300 rasa berbeda sejak tahun 2000, termasuk saus pedas, kecap, wasabi, cuka sari apel, zunda, es krim, teh susu, dan obat batuk. Mereka bahkan telah memperkenalkan produk yang memerlukan pemanggangan dalam oven. Rasa ini dirancang untuk menarik pembeli yang lebih muda, dan seringkali dibeli sebagai hadiah keberuntungan karena nama mereknya mencerminkan frasa Jepang "Kitto Katsu", yang secara kasar diterjemahkan sebagai "pasti menang". Kit Kat Orange adalah varian rasa pertama yang diperkenalkan di Inggris, di tahun 1996 dan 1998 di Irlandia. Disusul di tahun 1997 oleh Kit Kat Dark dan Kit Kat Mint. Ketiganya tersedia sebagai edisi permanen multipak 2 jari di Inggris, bersama dengan Kit Kat Original, Kit Kat White, dan mulai tahun 2012 Kit Kat Cookies & Cream. Ada juga Kit Kat Caramel.

Berbagai macam barang promosi tersedia, mulai dari barang dagangan tradisional ( seperti mug, pulpen, sarung tangan oven, dan handuk teh ) hingga barang yang kurang umum seperti mantel untuk anjing kecil. Di Jepang, Kit Kat dikemas dalam CD single, dan paket ganda Kit Kat Crispy Monogatari edisi terbatas khusus dibundel dengan buku mini yang menampilkan 6 cerita pendek, salah satunya ditulis oleh Koji Suzuki, penulis seri siklus Ring . Di Jepang, Kit Kat juga tersedia dalam toples yang dibagikan dari mesin penjual otomatis.

Kit Kat memperkenalkan 2 rasa baru ke Amerika Serikat di tahun 2020 : Lemon Crisp dan Raspberry Creme. Rasa baru ini tersedia dalam batangan berukuran biasa atau batangan mini. Di tahun 2020, Nestlé meluncurkan rasa baru, wiski Scotch KitKats, hanya tersedia di Jepang menggunakan coklat berumur 6 bulan dalam tong wiski di Skotlandia. Di bulan Februari 2021, perusahaan mengumumkan akan meluncurkan versi produk KitKat populer mereka yang vegan dan bebas susu. Bilah tersebut akan diberi nama KitKat V dan akan tersedia di negara tertentu di akhir tahun 2021 dan kemudian diperluas ke seluruh dunia.

Batangan jari Kit Kat 'standar' tersedia dalam beragam penyajian dan nilai gizi. Batangan bisa berbentuk mini batangan mini 2 jari, atau batangan standar 4 jari yang lebih besar, atau dalam beberapa kasus, batangan 3 jari.

Ukuran standar telah ditingkatkan dalam beberapa kasus hingga menjadi bilah 'ukuran monster', yang bisa mencakup hingga 5 atau 8 jari. "Chunky Kit Kats" satu jari berukuran besar diluncurkan di Inggris di tahun 1998 dan telah dijual dalam berbagai rasa, seperti Cokelat Putih, Karamel, Krim Hazelnut, dan Selai Kacang. Pasar Chunky Kit Kat juga telah meluas ke Kanada.

Bentuk dan bentuk lainnya termasuk "Choc n 'Go" yang dibungkus satu per satu dengan jari di Prancis, "Family Block" 12 jari yang tersedia di Selandia Baru dan Australia, potongan "Pop Choc" seukuran sekali gigit, "Kubes" persegi , "Senses" berisi praline, yoghurt dengan potongan Kit Kat, dan es krim Kit Kat.

Di tahun 1980-an, Kit Kat dengan 5 jari lebih pendek dijual di mesin penjual otomatis di Inggris. Rasa Puding Custard Bake 'N Tasty Mini Kit Kats Jepang diluncurkan di tahun 2014. Batangan harus dipanggang dalam oven sebelum dikonsumsi, dan permukaan gula menjadi karamel dalam prosesnya.

Di tahun 2015, varian Kit Kat baru yang mewah dan bisa dihadiahkan yang disebut Kit Kat Ruby diluncurkan di Malaysia. Dilengkapi dengan sekotak 20 batangan kecil, batangan Kit Kat Rubies dibuat dengan krim truffle coklat premium dan potongan hazelnut panggang impor.

Di tahun 2017, varian AS mencakup batangan 4 jari standar dan ukuran king, batangan standar yang dilapisi dengan coklat putih atau hitam, batangan berlapis oranye ukuran camilan untuk Halloween ( dijual hingga tahun 2021 dan diganti dengan Breaking Bones mulai tahun 2022 ), miniatur 1 jari yang dibungkus dalam kantong ( asli dan berbagai macam ), mini yang tidak dibungkus, Big Kat yang didesain ulang, dan Big Kat berukuran besar ( 2 batangan Big Kat yang baru ).

Sereal sarapan Kit Kat diluncurkan di Inggris di tahun 2023.

Chocolatory

[sunting | sunting sumber]

Kit Kat telah membuka Chocolatory di Melbourne Central Shopping Centre di Melbourne, Australia. Ada juga satu di Sydney. Toko-toko tersebut memungkinkan pelanggan menggunakan layar sentuh untuk membuat Kit Kat mereka sendiri dari pilihan coklat dan bahan-bahan; mereka dibuat selagi pelanggan menunggu, dan pelanggan bisa mencampurkan rasa mereka sendiri dengan beberapa Kit Kat yang telah disediakan di toko.

Ada lokasi serupa di Brazil, Jepang dan Kanada.

Kritik dan kontroversi

[sunting | sunting sumber]

Di bulan Maret 2010, Kit Kat menjadi sasaran boikot oleh Greenpeace karena menggunakan minyak sawit, yang diklaim oleh organisasi lingkungan tersebut mengakibatkan rusaknya habitat hutan bagi orangutan di Indonesia. Sebuah video YouTube oleh Greenpeace menjadi viral dan Nestlé mengumumkan kemitraan dengan The Forest Trust untuk menetapkan "pedoman pengadaan yang bertanggung jawab" dan memastikan bahwa produk-produknya tidak memiliki jejak deforestasi. Mereka bertujuan untuk mencapai metode pemanenan minyak sawit yang sepenuhnya berkelanjutan di tahun 2015. Nestlé menyatakan bahwa 58% minyak sawit yang dibeli di tahun 2017 disertifikasi dari sumber yang bertanggung jawab. Di tahun 2023 angkanya mencapai 100% dan 96% diantaranya bebas deforestasi.

Bahan-bahan

[sunting | sunting sumber]

Isian Kit Kat terungkap ( atau setidaknya mengandung ) Kit Kat yang dihancurkan, di Inside the Factory BBC Two.

Bahan Kit Kat asli kecuali dinyatakan lain, dicantumkan berdasarkan penurunan berat : coklat susu ( gula, bahan susu, mentega kakao, massa kakao, bubuk whey, laktosa, lesitin kedelai, poligliserol polirisinoleat, perisa alami ), tepung terigu, gula, minyak sawit termodifikasi, kakao, natrium bikarbonat, lesitin kedelai, ragi, dan perisa alami.

Cokelat susu ( 66% ) ( gula, mentega kakao, massa kakao, susu murni kering, massa kakao, laktosa dan protein dari whey, bubuk whey, pengemulsi ( lesitin bunga matahari ), lemak mentega, penyedap rasa ), tepung terigu, gula, lemak nabati, massa kakao, ragi, bahan pengembang ( natrium bikarbonat ), garam, pengemulsi ( lesitin kedelai ), penyedap rasa.

Di tahun 2006, Kit Kat 4 jari di Inggris mengandung 233 kalori makanan ( kkal ) ( 975 kilojoule ). Di tahun 2009, Kit Kat 2 jari mengandung 107 kalori.

Di tahun 2013, Kit Kat Chunky Inggris mengandung 247 kalori yang berkurang menjadi 207 kalori di tahun 2015. Hal ini berkorelasi dengan penurunan berat badan sebesar 19% dari 48 g menjadi 40 g.

Amerika Serikat

[sunting | sunting sumber]

Wafer Renyah Kit Kat Hershey dalam Cokelat mengandung gula, tepung terigu, mentega kakao, susu tanpa lemak, coklat, minyak inti sawit olahan, laktosa ( susu ), lemak susu, mengandung 2% atau kurang dari : lesitin kedelai, PGPR ( pengemulsi ), ragi, perasa buatan, garam, dan natrium bikarbonat.

Cokelat susu ( gula, bahan susu, mentega kakao, massa kakao, bubuk whey, laktosa, lesitin kedelai, poligliserol polirisinoleat, perisa alami ), tepung terigu, gula, minyak sawit termodifikasi, kakao, natrium bikarbonat, lesitin kedelai, ragi, perisa alami.

Cokelat hitam : massa kakao, gula, tepung terigu, inti sawit, kelapa sawit, minyak kelapa dan nabati, bahan susu termodifikasi, mentega kakao, lesitin bunga matahari dan kedelai, ragi, natrium bikarbonat, kalsium sulfat, garam, protease, xilanase, perisa alami.

Di Jepang, Kit Kat diproduksi di pabrik milik Nestlé di Himeji dan Kasumigaura. Cokelat susu yang digunakan untuk Kit Kat terbuat dari susu bubuk utuh dan Nestlé membeli sebagian besar biji kakaonya dari Afrika Barat.

Nestlé memiliki pabrik di berbagai lokasi di Tiongkok, untuk memasok ke Tiongkok dan Hong Kong. Selama skandal susu Tiongkok tahun 2008, ketika melamin ditemukan terdapat pada beberapa pemasok susu di Tiongkok, importir di Hong Kong memilih untuk mengimpor batangan yang diproduksi di Inggris.

Lihat juga

[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki

[sunting | sunting sumber]

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]