Krim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sesendok krim

Krim atau kepala susu[1] atau rum[2] adalah produk berbahan susu yang dibuat dari lapisan lemak susu sebelum susu dihomogenisasi. Susu yang belum dihomogenisasi memiliki lemak yang lambat laun akan mengambang ke atas. Dalam skala produksi industri krim, proses ini dipercepat menggunakan pemusing bernama separator. Di banyak negara, krim dijual dalam beberapa kelas berdasarkan banyaknya lemak susu yang dikandung. Krim dapat diubah ke dalam bentuk bubuk untuk pengiriman ke pasar yang jauh, dan mengandung tingkat lemak jenuh yang tinggi.[3][4]

Krim yang disaring dari susu bisa disebut krim manis untuk membedakannya dengan krim yang disaring dari wei, produk sampingan dari pembuatan keju. Krim wei memiliki kadar lemak yang lebih rendah dan terasa asin, tajam dan lirkeju.[5] Di banyak negara, krim juga dijual dalam bentuk setengah terfermentasi, seperti krim asam dan crème fraîche. Keduanya memiliki kegunaan dalam masak-memasak untuk menambahkan cita rasa manis, pahit, asin dan tajam ke dalam makanan.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hasil Pencarian - KBBI Daring". kbbi.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 2019-07-27. 
  2. ^ "Hasil Pencarian - KBBI Daring". kbbi.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 2019-07-27. 
  3. ^ "Nutrition for Everyone: Basics: Saturated Fat - DNPAO - CDC". www.cdc.gov. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 January 2014. Diakses tanggal 16 June 2017. 
  4. ^ Choices, NHS. "Eat less saturated fat - Live Well - NHS Choices". www.nhs.uk. Diakses tanggal 16 June 2017. 
  5. ^ ""Everything Is In Butter" - Kosher". 8 June 2013. Diakses tanggal 16 June 2017.