Kereta Hantu Manggarai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Untuk film dengan nama yang mirip, lihat: Kereta Setan Manggarai, film yang juga diproduksi tahun 2008.
Kereta Hantu Manggarai
Hantu Manggarai.jpg
SutradaraNayato Fio Nuala
ProduserGope T. Samtani
Soebagio Samtani
PenulisEry Sofid
PemeranSheila Marcia
Melvin Giovanie
Stefanie Hariadi
Nadila Ernesta
Gianina Emanuela
Fendi Trihartanto
Rina Hasyim
MusikTeguh Pribadi
SinematografiDharma You
PenyuntingAgung N
DistributorRapi Films
Durasi
89 menit
NegaraIndonesia

Kereta Hantu Manggarai adalah film horror Indonesia tahun 2008 yang disutradarai oleh Nayato Fio Nuala. Film yang dibintangi oleh Sheila Marcia dan Melvin Giovanie ini bercerita tentang sekelompok remaja yang melakukan ritual untuk “memanggil” dan menaiki kereta yang konon merupakan kereta hantu, demi menemukan adik anggota mereka yang hilang. Film ini dirilis pada 30 April 2008.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Rossa (Sheila Marcia) dimarahi ibunya, Diah (Rina Hasyim), karena adiknya, Emily (Stefanie Hariadi) hilang tanpa kabar. Rossa menceritakan semua kejadian kepada sahabatnya, Tari (Nadila Ernesta) yang kemudian menaruh curiga, bahwa Emily dibawa pergi oleh kereta hantu. Meski tidak pernah percaya, Rossa mengikuti ajakan Tari untuk menemui Bobby (Melvin Giovanie), yang menjalankan situs investigasi ‘Dunia Gaib’ bersama dengan Doddy (Fendi Trihartanto) dan Peggy (Gianina Emanuela).

Sesampainya di tempat Bobby, Rossa merasa dia telah melakukan hal konyol dengan mengikuti ajakan Tari dan kemudian begegas pulang. Didalam taksi, Rossa mengalami flashback ketika dia dan Emily bertengkar hebat, hingga Rossa mengusir adiknya dari rumah. Hubungan Rossa dengan adiknya tidak berjalan baik karena dia merasa ibunya lebih memperhatikan adiknya. Ketika sampai di rumah, Rossa mulai mendapati penampakan aneh seorang hantu perempuan.

Bobby menjelaskan asal-usul kereta hantu dan mengajak Doddy dan Peggy untuk menaiki kereta hantu tersebut dibantu oleh Ki Anom (Abio Abie), seorang paranormal. Doddy dan Peggy ragu, tapi Bobby membujuk mereka dengan mengatakan bahwa pengalaman ini akan berguna untuk situs mereka. Di tempat lain, Rossa kembali mengalami mimpi buruk diterror oleh hantu perempuan, ketika dia bangun, dia sadar berada di sebuah cafe dan akan bertemu dengan Tari. Tari menghapiri Rossa dan bilang bahwa dia akan ikut naik kereta hantu bersama Bobby. Tari mengajak Rossa, tapi Rossa skeptis tidak percaya dan menolak ajakan Tari.

Bobby, Doddy, Peggy, dan Tari tiba di stasiun kereta Manggarai. Mereka melakukan ritual memanggil kereta hantu bersama Ki Anom. Setelah kereta muncul, mereka naik ke kereta hantu tersebut. Berbagai peristiwa mengerikan terjadi selama mereka di atas kereta hantu. Akhirnya, mereka selamat berkat pertolongan Ki Anom. Setelah mereka kembali, banyak kejadian aneh bermunculan. Doddy yang ketika mencuci film dan Tari yang sedang mandi, mereka diganggu oleh hantu perempuan. Doddy saking paniknya berlari menemui Bobby dan bercerita mengenai kejadian-kejadian aneh tersebut. Bobby bilang dia terlalu stres, dan meminta Doddy menenangkan diri. Besoknya, ketika dijalan memboceng Peggy, Doddy dikerjai oleh hantu perempuan yang berpura-pura menjadi Peggy, Doddy pun panik mengendarai motornya ketika melihat sosok hantu, sampai akhirnya meninggal ditabrak mobil.

Tari dan Rossa kembali berkunjung ketempat Bobby, mereka menemukan Peggy yang sedang menyalahkan Bobby atas kematian Doddy. Peggy bergegas keluar rumah, dan Tari mengejarnya. Bobby bercerita ke Rossa bahwa dia terobsesi dengan kereta hantu karena dia merasa pacarnya yang hilang diambil oleh kereta tersebut. Rossa pun meminta Bobby untuk mempertemukannya dengan Ki Anom. Ketika bertemu, Ki Anom memberitahukan bahwa keadaan Emily setengah mati dan stengah hidup (koma), dan lokasinya ada di sebuah desa terpencil. Seiring perjalanan pulang, Bobby memberikan info bahwa hantu perempuan yang yang menteror mereka terus menerus adalah arwah perempuan penganut aliran sesat yang ikut meninggal ketika kecelakaan kereta api jatuh ke jurang. Mobil Bobby tiba-tiba berhenti di atas rel kereta, kereta pun muncul, seolah-olah akan melindas mobil mereka. Rossa dan Bobby panik dan berteriak, dan kereta tersebut hilang.

Rossa ditelpon oleh seseorang dari desa terpencil, diberikan kabar bahwa Emily ditemukan. Rossa kemudian memberitahukan Bobby dan bergegas berangkat ke alamat tersebut. Ketika sampai di lokasi, ditemukanlah Emily dalam keadaan tidak sadar. Warga menjelaskan bahwa Emily diketemukan diatas rel kereta. Bobby merekomendasikan untuk membawa Emily ke rumah sakit. Tiba-tiba handphone Bobby berbunyi, dia mendapati kabar bahwa Peggy telah meninggal. Emily kemudian sadar, Rossa dan Bobby langsung mengajak Emily pulang. Sebelum berangkat seorang warga menyebut bahwa Emily masih dikuasai roh jahat dan memberikan jimat ke Rossa. Sepanjang perjalanan pulang, Emily tiba-tiba berontak dan berteriak karena melihat Rossa berwujud seperti hantu. Karena panik, Bobby menghentikan mobil dan Emily pun langsung membuka pintu dan turun, dia pun berlari kearah stasiun kereta.

Ki Anom menghubungi Bobby, memperingati bahwa hantu perempuan itu mengejar orang yang selamat dari kereta hantu. Mereka pun berusaha mencari-cari Emily sampai akhirnya Rossa menemukannya. Ketika Bobby mencoba menghampiri Rossa dan Emily, dia dihadang oleh si hantu perempuan dan dibunuh dengan baling-baling kipas plafon yang merobek lehernya. Rossa dan Emily terus berlari, sampai pada di rel kereta, tiba-tiba muncul kereta yang akan melindas mereka, Rossa ingat soal jimat yang diberikan dan memberikannya kepada Emily. Kereta hantu melindas mereka, Emily selamat, tetapi Rossa diambil.

Emily pulang ke rumahnya dan dia syok karena mendapati dirinya masih di terror oleh si hantu perempuan. Beralih ke kampus, Tari membaca artikel koran tentang Rossa yang hilang, dia kemudian membuka lokernya dan mengenang foto-foto bersama dengan Rossa. Ketika Tari menutup loker, muncul penampakan arwah Rossa seolah-olah meminta pertolongan kepada Tari.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran Tambahan

Produksi[sunting | sunting sumber]

Film Kereta Hantu Manggarai diangkat dari isu kereta hantu yang ada dikalangan masyarakat disekitar Stasiun Kereta Manggarai, di Jakarta, Indonesia. Syuting film diambil di lokasi sekitar Jakarta dan Bogor.

Rilis dan Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis pada 30 April 2008 dengan penerimaan yang cukup baik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]