Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kebayoran Lama)
Kebayoran Lama
Locator Kecamatan Kebayoran Lama di Jakarta Selatan.png
Peta lokasi Kecamatan Kebayoran Lama
Negara Indonesia
ProvinsiDKI Jakarta
Kota AdministrasiJakarta Selatan
Pemerintahan
 • CamatIwan Santoso
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri31.74.05 Edit the value on Wikidata
Desa/kelurahan6
Tempat pemakaman umum Tanah Kusir

Kebayoran Lama adalah sebuah kecamatan yang terletak di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan. Kebayoran Lama dahulu adalah wilayah terbarat dari Kotamadya Jakarta Selatan. Namun semenjak dimekarkan menjadi dua kecamatan baru, Kebayoran Lama dan Pesanggrahan pada dekade 1990an, maka sebagian wilayah kelurahan Kebayoran Lama masuk ke dalam wilayah Pesanggrahan yang merupakan wilayah terbarat dari Kota Jakarta Selatan.

Batas dan pembagian administratif[sunting | sunting sumber]

Batas-batas[sunting | sunting sumber]

Kelurahan[sunting | sunting sumber]

Kantor kecamatan Kebayoran Lama

Kecamatan Kebayoran Lama terdiri atas 6 kelurahan, yakni:

  1. Kelurahan Grogol Utara, dengan kode pos 12210
  2. Kelurahan Grogol Selatan, dengan kode pos 12220
  3. Kelurahan Cipulir, dengan kode pos 12230
  4. Kelurahan Kebayoran Lama Utara, dengan kode pos 12240
  5. Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, dengan kode pos 12240
  6. Kelurahan Pondok Pinang, dengan kode pos 12310.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Konon, nama Kebayoran berasal dari kata Bahasa Betawi "kabayuran", yang artinya tempat penimbunan kayu bayur (pterospermum javanicum). Kayu bayur tersebut dianggap sangat baik karena kuat dan tahan terhadap serangan rayap.

Sampai sebelum kemerdekaan Indonesia, Kebayoran adalah sebuah distrik yang dikepalai oleh seorang wedana. Ia adalah bagian dari Kabupaten Meester Cornelis, yang wilayahnya sampai meliputi Ciputat. Kira-kira tahun 1938, Pemerintah Hindia Belanda merencanakan sebuah lapangan terbang internasional, yang batal terwujud karena Perang Dunia Kedua. Permerintah Indonesia akhirnya mengembangkan areal tersebut menjadi wilayah Kebayoran Baru tahun 1969, sedangkan daerah lainnya menjadi wilayah Kebayoran Lama. Tahun 1990, sebagian wilayah Kebayoran Lama kembali dipisahkan untuk menjadi wilayah Pesanggrahan.

Wilayah Kebayoran Lama membentang dari Pertigaan Rawa Belong, Kemandoran, Palmerah hingga di selatan yakni Pasar Jumat, Ciputat, dan Lebak Bulus. Wilayah ini terdapat sejumlah mall mulai dari ITC Permata Hijau, hingga Pondok Indah Mall. Wilayah yang masih rindang terutama di sepanjang jalan Raya Kebayoran Lama menjadikan tempat ini cukup asri dan masih hijau guna menyegarkan mata.

Wilayah elit Permata Hijau dipenuhi sejumlah real estate, perumahan, apartemen, dan kondominium tingkat atas. Di sebelah selatan, Pondok Indah memiliki sejumlah perumahan yang masih hijau di sepanjang jalan Metro Pondok Indah. Apartemen dan kondominium mewah pun tak luput dari tempat ini.

Fasilitas Umum[sunting | sunting sumber]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sekolah negeri untuk semua tingkat terdapat di sini. Di setiap kelurahan terdapat SD negeri, seperti SDN Cipulir 01, 03, 05, 07, 11, SDN Grogol Selatan 01, 05, 08, 09, 13, 17, SDN Grogol Utara 01, 03, 05, 12, 13, 16, SDN Kebayoran Lama Utara 01, 03, 09, SDN Kebayoran Lama Selatan 03, 05, 09, 14, 19, dan SDN Pondok Pinang 01, 03, 05, 08, 10. SMP negeri mencakup SMPN 16, 31, 48, 66, 87, 153, 161, 164, 185. SMA negeri yang terdapat di kecamatan ini mencakup 29, 32, 47, 74; dan SMK negeri mencakup 18, 43, 59. Sekolah swasta juga banyak berdiri. Beberapa di antaranya cukup dikenal seperti SMA Muhammadiyah 18 Jakarta, SMA Hang Tuah 1 Jakarta, dan SMK Pandawa Budi Luhur.

Beberapa perguruan tinggi juga berlokasi di Kebayoran Baru seperti STMIK WIDURI, Universitas Budi Luhur, Sekolah Tinggi Management Yaksi, Universitas Satya Negara Indonesia.

Sarana ibadah[sunting | sunting sumber]

Sarana ibadah umum di kawasan ini terdiri dari masjid, gereja, dan vihara, seperti Masjid Jami Muyassarin, Masjid An Nur, Masjid Raya Pondok Indah, Masjid Jami An-Nidzom, Masjid As Sakinah, ada Gereja HKBK Kebayoran Lama, Gereja Kristus Kebayoran Lama, dan Klenteng Bio Hok Tek Tjeng Sin.

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Sarana kesehatan di Kebayoran Lama meliputi rumah-rumah sakit berikut:

  • Rumah Sakit Medika Permata Hijau
  • Rumah sakit Yadika Kebayoran Lama
  • RSUD Kebayoran Lama
  • Rumah sakit bersalin Kartini


Terdapat pula beberapa puskesmas yang terutama melayani masyarakat dari kalangan menengah ke bawah.

Praktik dokter (umum maupun spesialis) banyak ditemukan di berbagai bagian kawasan. Praktik dokter hewan pun juga dijumpai.

Pasar dan pusat perdagangan lain[sunting | sunting sumber]

Pasar yang dikelola Pemerintah DKI (di bawah PD Pasar Jaya) di kecamatan ini mencakup Pasar Kebayoran Lama, Pasar Cipulir, Pasar Cidodol, Pasar Pondok Indah. Seiring dengan perkembangan kota, bermunculan pula pusat perbelanjaan yang dikelola swasta.

Pusat pertokoan[sunting | sunting sumber]

Di Kebayoran Lama terdapat pula beberapa pusat pertokoan besar (mall) di Jakarta. Beberapa di antaranya adalah:

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Jalur Bus[sunting | sunting sumber]

Dengan adanya transportasi melalui aplikasi online (misal: Gojek & Grab) serta tersedia Jaklingko, maka keberadaan sejumlah trayek bis juga Metromini dan Kopaja semakin tergusur hilang.

Jalur Kereta Api[sunting | sunting sumber]

Tampak luar Stasiun Kebayoran dari arah timur.