Iruka Umino

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Karakter dalam seri Naruto
Iruka Umino
うみのイルカ
Iruka Umino
Penampilan perdana
Manga Chapter 1
Anime Naruto 1
Film Naruto the Movie: Ninja Clash in the Land of Snow
Permainan video Naruto: Clash of Ninja
OVA Naruto Shippūden: UNSG anime cutscenes
Tampil di Anime, manga, film, OVA, dan permainan
Pengisi suara
Inggris Quinton Flynn
Jepang Toshihiko Seki

Iruka Umino (うみのイルカUmino Iruka?) adalah nama seorang tokoh fiksi dari serial anime dan manga Naruto. Ia adalah seorang guru yang ditugaskan untuk mendidik pelajar-pelajar di Akademi Ninja Konoha merupakan salah satu guru favorit Naruto. Iruka dapat dikenali dengan mudah dengan melihat bekas luka yang terdapat di wajahnya.

Orang tua Iruka sendiri dibunuh oleh monster rubah ekor sembilan yang kini bersemayam di dalam tubuh Naruto. Meskipun begitu, ia tidak menyalahkan Naruto, karena ia tahu bahwa Naruto bukanlah penyebab terjadinya peristiwa itu. Naruto hanyalah tumbal yang tubuhnya digunakan untuk mengurung sang monster. Karena pernah merasakan hidup sendirian tanpa kasih sayang orang tua, ia bisa mengerti perasaan dan kesendirian Naruto sehingga hubungan keduanya menjadi sangat dekat di beberapa episode ia sering mentraktir naruto makan ramen ia kadang marah bila naruto makan terlalu banyak mie ramen

Ujian Chuunin[sunting | sunting sumber]

Sewaktu tim Naruto sampai di pagoda, mereka langsung membaca pengumuman yang ada pada dinding tersebut. Sewaktu Naruto UzumakiNaruto dan Sakura HarunoSakura membuka surat gulungan tersebut, tiba-tiba muncullah dirinya sehingga Naruto memeluknya dan melihat Sasuke UchihaSasuke masih kelelahan. Sebelum Sunagakure dan Oto menyerang desa Konohagakure Iruka was-was melindungi murid-murid akademik dari bencana besar Orochimaru NarutoOrochimaru.

Pencarian Tsunade[sunting | sunting sumber]

Sebelum Tsunade NarutoTsunade dilantik, Iruka sengaja meliburkan murid-murid akademik karena keadaan yang penting yaitu mencari Tsunade sedang bertarung melawan Kabuto.