Grab (aplikasi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari GrabTaxi)
Jump to navigation Jump to search
Grab
Sektor

Transportasi Pengiriman

Layanan Keuangan
Didirikan June 2012 (dikenal sebagai GrabTaxi hingga 2016)
Pendiri Anthony Tan dan Tan Hooi Ling
Markas Singapura
Cabang
Delapan negara (hingga Mei 2018)
Situs web https://www.grab.com

Grab[1] (sebelumnya dikenal sebagai GrabTaxi) merupakan salah satu platform O2O yang bermarkas di Singapura dan paling sering digunakan di Asia Tenggara, menyediakan layanan kebutuhan sehari-hari bagi para pelanggan termasuk perjalanan, pesan-antar makanan, pengiriman barang – dan pembayaran menggunakan dompet digital. Saat ini Grab menyediakan layanan di Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja.[2] Grab yakin bahwa setiap masyarakat di Asia Tenggara harus mendapatkan keuntungan dari ekonomi digital, dan perusahaan memberikan akses untuk layanan transportasi yang aman dan terjangkau, layanan pesan antar makanan dan pengiriman barang, serta layanan pembayaran mobile dan finansial.

Di Indonesia, Grab melayani pemesanan kendaraan seperti ojek (GrabBike), mobil (GrabCar), dan taksi (GrabTaksi) serta kurir (GrabExpress), pesan-antar makanan (GrabFood), dan carpooling sosial (GrabHitch Car). Saat ini Grab tersedia di 125 kota di seluruh Indonesia, mulai dari Banda Aceh - Aceh hingga Jayapura - Papua[3] .

Baru-baru ini Grab meluncurkan layanan GrabGerak, sebuah solusi unik yang pertama kali disediakan untuk mendukung para penyandang disabilitas untuk bergerak dan mendapatkan lebih banyak akses dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Aplikasi penyedia transportasi
  • GO-JEK, aplikasi serupa Grab, namun khusus pemesanan kendaraan berbasis ojek tetapi sekarang juga sudah berbasis mobil.
  • Easy Taxi, aplikasi serupa namun dengan cakupan negara selain Asia Tenggara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ GrabTaxi Rebranding Menjadi Grab, Perbarui Aplikasi dan Luncurkan Dashboard Buat Pengguna
  2. ^ "Grab Merger dengan Uber di Asia Tenggara". Grab.com. Grab.com. 26 March 2018. Diakses tanggal 2 May 2018. 
  3. ^ Nuraini, Dewi (2018-04-30). "HUT Kota Semarang, Grab Pecahkan Rekor MURI Hias 30 Zebra Cross". Tempo. Diakses tanggal 2018-05-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]