JNE

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir
Swasta Nasional
IndustriLogistik
Didirikan26 November 1990
PendiriH. Soeprapto Soeparno
Kantor
pusat
Jl. Tomang Raya No. 11, Jakarta Barat, Jakarta, Indonesia
Tokoh
kunci
Mohamad Feriadi (Direktur Utama)
Chandra Fireta (Direktur)
Edi Santoso (Direktur)
ProdukJNE Express
JNE Logistics
JNE Freight
JNE Internasional
Roket Indonesia
JasaPengiriman dan logistik
Karyawan
50,000 (2022)[butuh rujukan]
Situs webwww.jne.co.id

PT. Tiki Jalur Nugraha Eka Kurir, atau lebih dikenal sebagai JNE Express, adalah sebuah perusahaan logistik dan ekspedisi barang asal Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta Barat, Indonesia. JNE dikenal sebagai salah satu perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia, karena jaringan dan jangkauan area distribusinya yang mencakup lebih dari 83 kota, dengan gerai penjualan berjumlah lebih dari 8,000 titik dan mempekerjakan lebih dari 50,000 karyawan di seluruh Indonesia[butuh rujukan].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 26 November 1990, H. Soeprapto Soeparno yang juga merintis salah satu ekspedisi TIKI, resmi mendirikan PT Tiki Jalur Nugraha Eka Kurir, dalam acara sederhana di sebuah Yayasan Yatim Piatu dan Tunanetra (Yatuna) bersama beberapa kolega di Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Dirintis dengan modal seadanya dan 8 orang karyawan, JNE awalnya hanya menangani kegiatan kepabeanan dari impor kiriman barang atau dokumen sekaligus distribusinya ke kota-kota destinasi di Indonesia dengan memanfaatkan jaringan TIKI.

Pada tahun 1993, H. Soeprapto Soeparno telah memisahkan manajemen dan tata kelola JNE dari TIKI sepenuhnya, sehingga JNE dimungkinkan mengembangkan arah dan tujuan perusahaan secara mandiri, bahkan bersaing secara sehat dengan TIKI.

Pada tahun 1994, JNE mulai merintis layanan pengiriman domestik dengan membuka gerai penjualan di Jl. Tomang Raya No. 3, Jakarta Barat. Alhasil, JNE yang awalnya dirancang menjadi divisi yang menangani kiriman internasional dari TIKI, masuk ke dalam pasar kiriman domestik yang telah didominasi oleh perusahaan-perusahaan yang lebih mapan seperti Pos Indonesia dan juga induknya sendiri yaitu TIKI.

Untuk memperkuat jaringan penjualan, JNE pada tahun 1995 memperkenalkan sistem drop point atau agen pengiriman yang disebut “Takuhaibin”. JNE banyak memanfaatkan keberadaan warung telekomunikasi (Wartel) yang menjamur pada waktu itu untuk membuka Takuhaibin, dan ini yang menjadi cikal bakal Agen JNE yang jumlahnya mencapai lebih dari 8,000 titik di seluruh Indonesia pada 2022.

Sampai tahun 2000, JNE masih menggunakan merek dagang atau brand TIKI JNE. Di tahun yang sama, JNE tidak lagi mencantumkan nama “TIKI” sebagai merek dagang atau brand, dan merilis logo baru dengan brand “JNE EXPRESS”.

Reputasi JNE EXPRESS mulai mencuat sebagai perusahaan ekspedisi terdepan di Indonesia di paruh kedua tahun 2000-an, seiring dengan tumbuhnya tren pemanfaatan internet untuk transaksi perdagangan dan jual beli secara daring di platform seperti Kaskus dan marketplace Multiply. Sebaran Agen JNE yang mudah ditemukan di kota-kota besar dan jam operasional dengan layanan 24 jam membuat JNE populer di kalangan pelaku bisnis online.

kantor pusat jne, head quarter jne, jne express
Kantor Pusat JNE berlokasi di Jakarta

Sejak tahun 2013, JNE fokus  memperbesar kapasitas dan kapabilitas infrastruktur fisik dan teknologinya untuk mengantisipasi pesatnya pertumbuhan transaksi belanja daring melalui marketplace dan dan tren gaya hidup digital di Indonesia.

Pada tahun 2014, JNE meluncurkan aplikasi MY JNE, yaitu aplikasi serba-guna berbasis android yang membantu pelanggan untuk mengecek tarif kiriman, menelusuri posisi paket, lokasi konter terdekat, sekaligus tempat transaksi jual-beli antara penjual dan pembeli individual.

Pada tahun 2017, JNE membangun E-fulfillment di beberapa cabang sebagai solusi bisnis terpadu bagi para pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM), khususnya pemilik nama dagang, yang berjualan secara daring. Idenya, E-fulfillment membantu  para pelaku UMKM fokus pada pengembangan produk dan marketing digital, sedangkan aktivitas logistiknya, mulai dari manajemen pergudangan, stok barang, pemilahan dan pengemasan sampai pengantaran barang ke tangan pelanggan, ditangani oleh JNE.

Blind Van JNE, Mobil JNE, Kendaraan JNE, Armada JNE
Blind Van JNE untuk pengantaran barang

Di tahun 2020, JNE merintis pembangunan pusat sortir otomatis berskala besar yang disebut Mega Hub di Bandara Mas, Cengkareng, Tangerang. Mega Hub diproyeksikan bisa memproses 1 juta paket dalam sehari.

Sejalan dengan tren gaya hidup digital yang semakin pesat, tuntutan akan pengiriman yang super-cepat, yang sampai dalam hitungan jam, semakin tinggi. Di tahun 2022, JNE merilis Roket Indonesia, yaitu layanan kurir instan berbasis aplikasi yang menjamin estimasi pengantaran sampai dalam waktu 1 jam. Layanan ini sudah tersedia di 54 kota atau Cabang JNE.

Produk dan Layanan[sunting | sunting sumber]

Pesawat JNE Trigana Air
Pesawat JNE Trigana Air

JNE, yang awalnya dikenal masyarakat sebagai perusahaan yang menangani kiriman ekspor-impor dan pertengahan 2000-an mulai populer dalam layanan kiriman ekspressnya, sejak tahun 2012 telah merambah layanan logistik. Jenis layanan dan produk JNE cukup beragam, mencakup baik kebutuhan retail maupun korporat.

Produk[sunting | sunting sumber]

  1. JNE Express  
    • REGULER: Layanan kiriman ke seluruh wilayah Indonesia  dengan estimasi waktu pengantaran 1-7 hari kerja, bergantung pada zona daerah tujuan pengiriman.
    • YES (Yakin Esok Sampai): Layanan kiriman dengan jaminan pengantaran 1 hari sampai (Next Day Service).
    • OKE: Layanan untuk kiriman domestik yang bertarif ekonomis dengan estimasi waktu pengantaran 3-10 hari kerja, bergantung pada zona daerah tujuah pengiriman.
    • Super Speed : Layanan kiriman dengan jaminan pengantaran kurang dari 24 jam sampai (Same Day Service).
    • Diplomat : Layanan kiriman barang dan dokumen bernilai tinggi yang dibawa langsung oleh petugas JNE dengan mengutamakan kepastian, keamanan dan kecepatan kiriman mulai dari penjemputan hingga di tangan penerima
    • Internasional Express: Layanan kiriman dengan tujuan ke luar negeri  
    • JTR (JNE Trucking): Layanan untuk kiriman dalam jumlah dan volume besar (berat minimum 10 kg) yang dikirim melalui moda transportasi darat dan laut
    • Jesika: Layanan kiriman khusus ASI di area Jabodetabek dengan estimasi pengantaran sampai dalam waktu kurang dari dua jam.
    • Roket Indonesia: Aplikasi mobile yang memberikan layanan pengiriman instan dalam kota
  2. JNE Logistic
    • Jasa transportasi: Transportasi darat by trucking, charter (FTL), LTL (kilogram-based)
      • Jasa pengangkutan dan pengantaran barang dan properti untuk pindah rumah, kantor
      • Pengiriman unit kendaraan mobil/motor antarkota
    • Jasa Pergudangan
      • Warehouse Management
      • Dedicated and Shared Warehousing
      • Fulfillment Service
      • Hi-tech Logistics Services
      • Field Stock Location
      • Value Added Services for Marketing & Promotion Goods Distribution
      • Reverse Logistics
  3. JNE Freight
    • Jasa Kepabeanan: Layanan pengiriman dengan memastikan proses bea cukai yang mudah dan aman, baik jasa kepabeanan impor ataupun ekspor.
    • Cargo Export/Import
      • Air Freight
      • Ocean Freight
  4. JNE International
    • Import - Last Mile Delivery

Layanan / Fitur[sunting | sunting sumber]

  1. MY JNE
    • Aplikasi berbabsis android dan iOS yang terhubung dengan nomor telpon pelanggan JNE Express, baik sebagai pengirim maupun sebagai penerima.
  2. PESONA
    • Layanan pemesanan dan pengiriman makanan/oleh-oleh khas Indonesia yang dikirimkan langsung dari daerah asalnya.
  3. JLC
    • Program keanggotaan yang ditujukan kepada pelanggan setia JNE dengan memberikan berbagai keuntungan seperti kecepatan layanan, potongan harga pada saat periode promo, dan hadiah undian yang sangat menarik
  4. JNE Online Payment
    • Layanan untuk melakukan transaksi pembelian voucher pulsa, pembayaran tagihan (telp, listrik, TV berlangganan), pemesanan tiket (KAI & Pesawat), dan beragam jenis pembayaran online lainnya.

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Sebagai pendiri JNE H. Soeprapto berperan besar dalam meletakkan dasar pemikiran di balik banyak kegiatan sosial JNE. Sejak awal JNE berdiri H. Soeprapto menggarisbawahi bahwa filosofi “Berbagi, Memberi dan Menyantuni” harus menjadi bagian dari budaya perusahaan.

Sesuai dengan nilai – nilai perusahaan berbagi, memberi, menyantuni, perusahaan sangat aktif dalam bidang kemanusiaan, dengan program berupa kepedulian terhadap anak yatim fakir miskin dan duafa, program kepedulian terhadap bencana, dan juga peduli terhadap kesehatan, pendidikan dan pangan yang bekerjasama dengan berbagai pihak.

Dan saat pandemi, perusahaan bersama dengan seluruh stakeholder mendukung upaya pemerintah dalam penanggulangan covid – 19, dengan melakukan bantuan pengiriman untuk masker, tabung oksigen dan alat – alat kesehatan.

Serta perusahaan juga membantu upaya pemerintah dalam penanggulangan Covid – 19 dengan melakukan kegiatan vaksinasi untuk di hampir seluruh cabang di Indonesia.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

No Nama Penghargaan Penyelenggara Tahun
1 Kepeloporan Bidang Pos Pemerintah Republik Indonesia 1998
2 Satyalancana Wirakarya Dirjen Penyelenggara Pos & Informatika 2001, 2004, 2010, 2018, 2019
3 Superbrand Indonesia The Nielsen Indonesia Company 2005
4 Anugerah Produk Asli Indonesia Harian Bisnis Indonesia 2008
5 Indonesia Original Brand Majalah Swa 2012, 2013, 2014, 2016, 2020
6 Indonesia Champion Brand Markplus Insight 2013
7 Top Brand Award Majalah Marketing 2014, 2015, 2016, 2017
8 Indonesia Most Creative Companies Majalah Swa 2015
9 Service Quality Award Service Excellence Magazine 2015
10 Satria Brand Award Tempo Magazine 2015
11 Indonesia Wow Brand Markplus Inc 2015, 2017, 2018, 2020, 2021
12 Local Brand Kategori Logistik Marketers Festival (IMF) 2016
13 Indonesia Ecommerce Award IDEA, Mars Indonesia, Swa 2016
14 Service People of the Year Walikota Yogyakarta 2017
15 Satyalancana Pembangunan Dirjen Penyelenggara Pos & Informatika 2019
16 Penyelenggara Pos Inovatif Kementerian Komunikasi & Informasi 2019
17 Oracle Excellence Awards Cloud Platform Winner (Category System Management) Oracle 2019
18 Perusahaan dengan CSR Terbaik11 Baznar Provinsi DKI Jakarta 2019, 2020
19 Top Digital PR Award12 Trans n Co Indonesia & Infobrand ID 2020, 2021, 2022
20 Muzakki Award Kategori Perusahaan Terkolaborasi Baznas Provinsi DKI Jakarta 2022

Pranala luar[sunting | sunting sumber]