G. E. M. Anscombe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gertrude Elizabeth Margaret Anscombe

Gertrude Elizabeth Margaret Anscombe adalah seorang filsuf analitik Inggris.[1] Ia lahir pada tanggal 18 Maret 1919 di Limerick, Irlandia.[1] Ayahnya adalah seorang perwira dalam perang kemerdekaan Irlandia.[1] Gertrude Elizabeth Margaret Anscombe adalah seorang mahasiswa lulusan dari Ludwig Wittgenstein.[1] Dia menikah dengan Peter Geach, seorang murid Wittgenstein dan seorang filsuf akademis terkemuka Inggris.[1] Dalam pernikahannya, mereka dikaruniai tiga orang putra dan empat orang putri.[1] Semasa hidupnya, Anscombe banyak menyumbangkan beberapa tulisan dan pemikirannya, antara lain ia menulis tentang filsafat pikiran, filsafat aksi, filsafat logika, filsafat bahasa, dan etika.[2] Anscombe membuat kontribusi besar dalam bidang etika dan metafisika.[2] Dia dinobatkan memiliki istilah konsekuensialisme.[2] Pada tahun 1958 artikel Anscombe yang berjudul Filsafat Moral Modern memperkenalkan istilah konsekuensialisme yang diimasukkan ke dalam bahasa filsafat analitik.[2] Istilah ini akhirnya memiliki pengaruh pada etika moralitas kontemporer.[2] Dalam artikel tersebut, Anscombe menuliskan: Penolakan dari setiap perbedaan antara konsekuensi diramalkan dan dimaksudkan, sejauh adanya tanggung jawab dari yang bersangkutan.[2]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f (Inggris)Lawrence C. Becker, dkk. 2001. Encyclopedia of Ethics. New York: Gorland Publishing. pg. 74-76.
  2. ^ a b c d e f (Inggris)Steven M. Cahn and Peter Markie. 2006. Ethics: History, Theory, and Contemporary Issues. New York: Oxford University Press. pg. 481-491.