Philippa Foot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Philippa Ruth Foot
Lahir 3 Oktober 1920
Meninggal 3 Oktober 2010 (umur 90)
Era Abad ke-20
Tradisi Filsafat analitik
Minat utama Etika, filsafat akal
Gagasan penting masalah lori, etika jasa

Philippa Ruth Foot (lahir 3 Oktober 1920 – meninggal 3 Oktober 2010 pada umur 90 tahun) adalah seorang filsuf Inggris yang cukup terkenal karena karyanya dalam bidang etika.[1] Dia adalah salah satu pendiri etika moralitas kontemporer.[1] Karyanya pada tahun 1950-an dan 1960-an dapat dilihat sebagai upaya untuk memodernisasi teori etika Aristoteles untuk menunjukkan bahwa teori etika Aristoteles dapat disesuaikan dengan pandangan dunia kontemporer.[1] Dengan demikian, teori Aristoteles ini dapat bersaing dengan teori-teori populer seperti etika deontologis dan utilitarian modern.[2] Beberapa karyanya sangat penting dalam munculnya kembali etika normatif dalam filsafat analitik.[2] Pendekatan Foot cukup dipengaruhi oleh karya Wittgenstein.[2] Salah satu karya Foot pada akhir tahun 1950-an adalah meta-etika.[2] Pendekatan etika seperti ini sudah pernah ditemukan, misalnya karya A.J. Ayer, C.L. Stevenson, dan R.M. Hare.[2] Para penulis ini berfokus pada apa yang disebut konsep-konsep etika seperti "baik" atau "buruk" dan "benar" atau "salah".[2] Pendekatan ini tidak untuk membuat seseorang untuk menegaskan sesuatu yang benar dari suatu hal, melainkan untuk mengekspresikan emosi.[2]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c (Inggris)Steven M. Cahn and Peter Markie. 2006. Ethics: History, Theory, and Contemporary Issues. New York: Oxford University Press. pg. 535-540.
  2. ^ a b c d e f g (Inggris)Lawrence C. Becker, dkk. 2001. Encyclopedia of Ethics volume P-Z. New York: Gorland Publishing. pg. 554-556.