Meta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Meta adalah elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang berfungsi sebagai pemberi informasi metadata dari sebuah halaman web. Elemen meta ini harus diletakkan pada bagian “head” dalam HTML tersebut. Tag meta ini dapat dipakai juga untuk menyatakan deskripsi/keterangan dari suatu halaman web dan untuk menjelaskan mengenai kata kunci (keyword) yang terkait serta untuk metadata lain tanpa “head”. Secara umum, terdapat beberapa macam meta tag dengan fungsi yang berbeda. Beberapa fungsi tersebut misalnya meta keywords, robots, dan description.

Jenis-jenis elemen Meta[sunting | sunting sumber]

keywords[sunting | sunting sumber]

keywords (bahasa Indonesia : kata kunci) adalah salah satu jenis meta yang memiliki fungsi menjelaskan isi dari halaman web melalui beberapa kata atau frasa. Seiring perkembangan zaman, jumlah penggunaan keywords telah dibatasi. Seperti Google yang menganggap "spam" penggunaan keywords dengan jumlah di atas 7 kata.

Sebagai contoh yang sederhana, di bawah ini ditampilkan perintah meta:

untuk menjelaskan bahwa halaman yang bersangkutan berkaitan dengan kata kunci “wikipedia” dan “encyclopedia".

robots[sunting | sunting sumber]

robots adalah salah satu jenis meta yang memiliki fungsi mengontrol perilaku perayapan dan pengindeksan mesin telusur. Tag meta robots berlaku untuk semua mesin telusur (search engine), untuk tag meta "googlebot" di khususkan hanya untuk google. Nilai standar bagi tag meta robots adalah "index,follow" (sama dengan "all") dan tidak perlu ditetapkan. Ada beberapa nilai untuk meta tag robots yaitu :

  • Dikutip dari tag meta yang dipahami oleh google

Contoh penulisan tag meta robots :

description[sunting | sunting sumber]

description dalam (bahasa Indonesia: penjelasan/deskripsi) adalah salah satu jenis meta yang memiliki fungsi memberikan garis besar isi halaman web. Cara menggunakan ini berbeda dengan keywords yaitu menggunakan kalimat bukan kata.

Contoh penulisan meta tag description :

Contoh tersebut untuk menjelaskan garis besar konten yang ada dalam suatu halaman HTML.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • W3C HTML 4.01 Specification: section 7.4.4, Meta data
  • Tag meta yang dipahami oleh Google