Bishu Shanzhuang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gunung Resor Chengde
Situs Warisan Dunia UNESCO
Chengde Mountain Resort 1.jpg
Gunung Resor Chengde
LokasiChengde, Hebei, Tiongkok
Bagian dariGunung Resor dan kuil-kuilnya, Chengde
KriteriaKebudayaan: (ii), (iv)
Referensi703
Pengukuhan1994 (Sesi ke-18)
Koordinat40°59′15″N 117°56′15″E / 40.98750°N 117.93750°E / 40.98750; 117.93750Koordinat: 40°59′15″N 117°56′15″E / 40.98750°N 117.93750°E / 40.98750; 117.93750

Gunung Resor Chengde (Hanzi sederhana: 避暑山庄; Hanzi tradisional: 避暑山莊; Pinyin: Bìshǔ Shānzhuāng; harfiah: 'Vila Gunung untuk menghindari panas'; Manchu: Halhūn1.png Halhūn menjadi jailara gurung) atau Ligong (离宫离宫; 離宮; Lígōng), merupakan sebuah kompleks besar istana kekaisaran dan taman yang terletak di kota Chengde di Hebei, Tiongkok. Karena banyaknya koleksi lanskap dan arsitektur Tiongkok, Gunung Resor dalam banyak hal adalah puncak dari semua ragam taman, pagoda, kuil, dan istana dari berbagai daerah di Tiongkok.[1]

Ini adalah salah satu dari empat taman terkenal di Tiongkok, Situs Warisan Dunia, unit perlindungan peninggalan nasional, dan Atraksi Wisata Kelas 5A di Tiongkok.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dibangun antara tahun 1703 dan 1792 selama Dinasti Qing, Gunung resor membutuhkan 89 tahun untuk menyelesaikannya. Ini mencakup area seluas 5.6 kilometer persegi (2.2 mil persegi), hampir setengah dari daerah perkotaan Chengde. Ini adalah kompleks istana dan bangunan administratif dan bangunan seremonial yang sangat luas. Kuil-kuil dengan berbagai gaya arsitektur dan taman kekaisaran bercampur harmonis menjadi lanskap danau, padang rumput dan hutan.

Para kaisar Kangxi, Qianlong dan Jiaqing sering menghabiskan beberapa bulan dalam setahun di sini untuk menghindar dari musim panas di ibu kota Beijing dan zona istana di bagian selatan resor karena itu dirancang menyerupai Kota Terlarang di Beijing. Ini terdiri dari dua bagian: sebuah istana di depan, di mana kaisar menerima pejabat tinggi, bangsawan dari berbagai kewarganegaraan minoritas, dan utusan asing; dan ruang tidur di belakang, yang merupakan tempat tinggal keluarga kekaisaran, terutama Balai Yanbozhishuang, di mana Kaisar Kangxi menghabiskan total 12 musim panas sementara Qianlong menghabiskan 52 musim panas di aula selama masa pemerintahan mereka. Kaisar Jiaqing dan Xianfeng keduanya meninggal saat tinggal di Chengde masing-masing pada tahun 1820 dan 1861.

Iklim[sunting | sunting sumber]

Gunung Resor Chengde terletak di zona transisi dari zona beriklim hangat ke zona beriklim dingin. Ini memiliki iklim monsun benua semi-tandus, semi-kering. Ini memiliki perbedaan suhu yang besar antara siang dan malam. Di musim dingin, dingin dan sedikit salju. Ini memiliki banyak guntur di musim panas, pada dasarnya tidak ada periode panas. Resor Gunung Chengde cocok untuk bepergian di setiap musim, tetapi terbaik dari bulan April hingga Oktober.[3]

Tempat-tempat indah[sunting | sunting sumber]

Gunung resor paling terkenal untuk 72 tempat pemandangan yang diberi nama oleh kaisar-kaisar Kangxi dan Qianlong. Banyak tempat indah di sekitar area danau resor disalin dari taman lanskap terkenal di Tiongkok selatan. Misalnya, bangunan utama di Pulau Lotus Hijau, "Menara Kabut dan Hujan," (CinaHanzi: 烟雨楼; Pinyin: Yānyǔ Lóu) dimodelkan pada menara di Danau Nanhu di Jiaxing, Provinsi Zhejiang.

Daerah dataran resor ini juga memiliki karakteristik pemandangan dari stepa Mongolia. Pegunungan yang berhutan dan lembah-lembah dihiasi dengan berbagai bangunan. Ini termasuk pagoda batu setinggi 70 meter (230 kaki), salah satu yang tertinggi di Tiongkok, yang dibangun pada tahun 1751 selama masa pemerintahan Kaisar Qianlong. Pagoda ini dibentuk dengan dasar segi delapan, sedangkan sembilan pagoda dihiasi dengan ubin kaca berwarna warni dan menara itu dimahkotai dengan menara bundar yang disepuh.

Pada bulan Desember 1994 Resor Gunung ini terdaftar oleh UNESCO dalam daftar Situs Warisan Dunia.

Peristiwa[sunting | sunting sumber]

The 2018 Women's Bandy World Championship diselenggarakan di es beku alami di danau di kompleks.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Journal of garden history, Volume 19. Taylor & Francis from University of California. 1999. 
  2. ^ "中华人民共和国文化和旅游部". www.mcprc.gov.cn. Diakses tanggal 2018-07-05. 
  3. ^ "承德 - 气象数据 -中国天气网". www.weather.com.cn. Diakses tanggal 2018-07-05.  line feed character di |title= pada posisi 3 (bantuan)line feed character di |title= pada posisi 3 (bantuan)

Bacaan selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • Hevia, James Louis. "World Heritage, National Culture, and the Restoration of Chengde." positions: east Asia cultures critique 9, no. 1 (2001): 219-43.
  • In 1998 Foreign Languages Press published "Imperial Resort at Chengde" to guide English language visitors.