Tentara Xiang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Xiang Army (Tentara Hunan Lama)
湘軍
Gambar ilustrasi Tentara Xiang merebut kembali Jinling, kawasan pinggiran ibu kota Taiping, 19 Juli 1864
Aktif1850-1851
NegaraQing Tiongkok
AliansiDinasti Qing
Tipe unitMilisi, Yong Ying, kemudian menjadi tentara tetap
Jumlah personel17.000[1]
360.000 (1860)
PertempuranPemberontakan Taiping
Pemberontakan Nian
Pemberontakan Dungan (1862-1877)
Tokoh
Panglima tertinggi/"Pemimpin"Zeng Guofan
Wakil komandanZuo Zongtang
Marsekal lapanganBao Chao

Tentara Xiang atau Tentara Hunan (Hanzi: 湘軍; Pinyin: Xiāng Jūn) adalah tentara tetap[butuh rujukan] yang diorganisir oleh Zeng Guofan, awalnya terdiri dari pasukan milisi regional dan desa yang disebut tuanlian, untuk melawan Pemberontakan Taiping terhadap Dinasti Qing Tiongkok (1850 hingga 1864).[2] Nama "Tentara Xiang" diambil dari nama wilayah di Hunan, tempat Tentara Xiang dibesarkan. Tentara Xiang dibiayai oleh para bangsawan, bukan oleh Dinasti Qing. Zeng membubarkan sebagian besar Tentara Xiang setelah berhasil merebut kembali ibu kota Taiping di Nanking.

Meskipun dibentuk secara khusus untuk mengatasi masalah di Hunan, Tentara Xiang menjadi inti dari pembentukan militer Qing yang baru, sehingga melemahkan pengaruh Manchu dalam tubuh militer Qing dan biasanya disebut sebagai alasan utama kejatuhan Dinasti Qing, serta menyebabkan munculnya para panglima perang regional di Tiongkok selama paruh pertama abad ke-20.

Tentara Xiang adalah salah satu dari dua kelompok tentara yang disebut Tentara Hunan, satunya lagi adalah Tentara Chu, yang dibentuk oleh mantan komandan Tentara Xiang Zuo Zongtang, untuk berperang dalam Pemberontakan Dungan (1862-1877). Sisa-sisa Tentara Xiang yang juga ikut berperang, kemudian disebut "Tentara Hunan Lama".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 《曾文正公全集》年谱卷三
  2. ^ 於台灣 苗栗縣 銅鑼鄉 (臺灣) 也有一双峰山