Ajibarang, Banyumas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Koordinat: 7°25′0″LU 109°4′0″BT / 7,41667°LS 109,06667°BT / -7.41667; 109.06667

Ajibarang
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Banyumas
Pemerintahan
 • Camat Alex Teguh Wibawa Manurung, S.Sos.
Luas 66,50 km²
Jumlah penduduk 93.415 Jiwa
Kepadatan 1.404 jiwa/km²
Desa/kelurahan 17
Pasanggrahan pemerintah Hindia Belanda di Ajibarang di sekitar tahun 1900

Ajibarang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Ajibarang terletak di bagian barat Kabupaten Banyumas, sekitar 18 km dari pusat kabupaten yaitu kota Purwokerto. Jumlah penduduk Kecamatan Ajibarang pada 2014 adalah 93.415 Jiwa terdiri dari 46.991 Laki-laki dan 46.424 Perempuan. Luas wilayah Kecamatan Ajibarang mencapai 66,50 km² yang terdiri dari 17 Desa. Pusat pemerintahan dan ekonominya berada di wilayah Desa Ajibarang Wetan dan Ajibarang Kulon atau biasa kenal dengan nama Kota Ajibarang.

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

  1. Ajibarang Kulon
  2. Ajibarang Wetan
  3. Banjarsari
  4. Ciberung
  5. Darmakradenan
  6. Jingkang
  7. Kalibenda
  8. Karangbawang
  9. Kracak
  10. Lesmana
  11. Pancasan
  12. Pancurendang
  13. Pandansari
  14. Sawangan
  15. Tipar Kidul
  16. Tipar Lor
  17. Parakan
Rumah orang Belanda di Ajibarang di sekitar tahun 1900

Sarana dan Prasaran[sunting | sunting sumber]

  • Sarana Infrastruktur Jalan

Kecamatan Ajibarang termasuk sebuah kota kecamatan yang maju dengan signifikan karena dilintasi persimpangan jalan nasional tengah pulau Jawa. Jalur di Kecamatan Ajibarang dibagi menjadi beberapa jalur yang saling menghubungkan antarkecamatan, dan kabupaten baik jalan nasional maupun provinsi. Untuk jalan provinsi menghubungkan Ajibarang - Kota Lumbir melalui Karangbawang. Berikut ruas jalan nasional yang melintasi di Kecamatan Ajibarang:

  1. Jalan Nasional Rute 6 adalah jalan utama di pulau jawa yang menghubungkan Tegal di utara dengan Cilacap. Jalan ini menjadi rute utama lalu lintas dari jalur pantura menuju wilayah tengah dan selatan jawa tengah meliputi Tegal - Slawi - Prupuk - Bumiayu - Ajibarang - WangonGumilir - Cilacap.
  2. Jalan Nasional Rute 9 adalah jalan utama di pulau jawa yang menghubungkan Ajibarang di barat dengan Secang di timur. Rute ini merupakan rute tengah yang melewati Pegunungan Dieng dengan rute Ajibarang - Purwokerto - Sokaraja - Kaliori - Banyumas - Klampok - Banjarnegara - Selokromo - Wonosobo dan seterusnya.
  • Sarana Ekonomi

Perekonomian di wilayah Kecamatan Ajibarang termasuk cepat dengan banyaknya pusat-pusat ekonomi dan bisnis baik pasar tradisional maupun pasar modern Pasar Induk Ajibarang adalah pasar terbesar yang menjadi pasar induk terlengkap selain pasar tradisional yang tersebar dimasing-masing desa.

  • Sarana Pendidikan

Pendidikan di Kecamatan Ajibarang makin berkwalitas dengan indikasi pembangunan sarana pendidikan yang lengkap dan sering menjadi tujuan belajar siswa-siswa dari luar daerah seperti dari Kabupaten Brebes sampai Kabupaten Tegal. Berikut sekolah menengah yang berada di Kecamatan Ajibarang:

  1. SMAN 1 Ajibarang
  2. SMA Ma'arif 1 Ajibarang
  3. SMK Ma'arif 1 Ajibarang
  4. SMK Ma'arif 2 Ajibarang
  5. SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang
  6. SMK Muhammadiyah 2 Ajibarang
  7. SMPN 1 Ajibarang
  8. SMPN 2 Ajibarang
  9. SMPN 3 Ajibarang
  10. SMP Ma'arif 1 Ajibarang
  11. SMP Ma'arif 2 Ajibarang
  12. SMP Muhammadiyah 1 Ajibarang
  13. SMP PGRI 1 Ajibarang
  14. SMP PGRI 2 Ajibarang
  • Sarana Kesehatan

Dari segi kesehatan di wilayah Kecamatan Ajibarang sudah di bangun sebuah Rumah Sakit dan [[Puskesmas. Berikut sejumlah pusat kesehatan bagi warga Kecamatan Ajibarang:

  1. RSUD Ajibarang
  2. RSKB Mitra Ariva
  3. Puskesmas Ajibarang 1
  4. Puskesmas Ajibarang 2

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

1. Dream Land Water Park Ajibarang

adalah wahana obyek wisata air / water park terbesar dan terlengkap se-kabupaten Banyumas yang terletak di Desa Pancasan. Obyek wisata yang berdiri di atas areal tanah yang sangat luas dan didesain sedemikian rupa sehingga antara lokasi yang satu dengan lokasi lainnya terhubung menjadi satu kesatuan panorama indah yang layak dikunjungi oleh semua lapisan masyarakat. Selain menawarkan kenyamanan yang asri, obyek wisata Dream Land Park mengemas seluruh permainan yang disediakan dengan memanfaatkan sumber mata air alami, sehingga terjamin kebersihannya dan mampu memberikan kesegaran tersendiri kepada pengunjungnya.Obyek wisata itu dilengkapi berbagai fasilitas yang menarik seperti Taman Reptil, Kolam Seribu Air, Water Fall, Kolam Arus, Kolam Terapi Ikan, Water Boom, Water Park, Flying Fox, Taman Pasir, Taman Batu, Wisata Kuliner, Arum Jeram, Taman Burung, Speedboot, dan Ikan Raksasa.

2. Curug Pengantin

adalah oyek wisata air terjun yang berada di Dusun Parduli, Desa Kracak. Air terjunnya juga tidak terlalu tinggi dan hanya 2 meter saja. Jadi, anda tidak perlu takut untuk mandi dibawah air terjun. Namun yang istimewa dari air terjun ini lantaran warga yang tinggal di sekitaran air terjun itu mempercayai apabila mandi di Curug Pengantin ini bisa untuk menolak bala atau kesialan. Selain itu,jika kita mandi di sini dapat mempercepat dapat jodoh. Akses menuju lokasi Curug Pengantin masih bisa terbilang sepi dan sekitar 8 kilometer dari Kecamatan Ajibarang. Curug Pengantin ini tempatnya ada di tengah hutan. Jalannya pun menanjak dan belum diaspal. Kendati begitu, air di curug ini tak pernah kering dan selalu mengalir airnya baik musim hujan maupun kemarau.