Ajibarang, Banyumas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Koordinat: 7°25′0″S 109°4′0″E / 7.41667°S 109.06667°E / -7.41667; 109.06667

Ajibarang
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenBanyumas
Pemerintahan
 • CamatNajib Mushthofa, S.Sos.
Populasi
 (2023)
 • Total107,790 jiwa
Kode Kemendagri33.02.14
Kode BPS3302140
Luas66,50 km²
Desa/kelurahan15
Pasanggrahan pemerintah Hindia Belanda di Ajibarang di sekitar tahun 1900.
Jembatan di atas Sungai Data dalam jalur ke Adjibarang.
Rumah orang Belanda di Ajibarang di sekitar tahun 1900.

Ajibarang (Jawa: ꦄꦗꦶꦧꦫꦁ) adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. Kecamatan Ajibarang terletak di bagian barat Kabupaten Banyumas, sekitar 18 km dari pusat kabupaten yaitu kota Purwokerto. Jumlah penduduk Kecamatan Ajibarang pada Tahun 2023 adalah 107.790 Jiwa terdiri dari 54.606 Laki-laki dan 53.184 Perempuan. Luas wilayah Kecamatan Ajibarang mencapai 66,50 km² yang terdiri dari 15 Desa. Pusat pemerintahan dan ekonominya berada di wilayah Desa Ajibarang Wetan dan Ajibarang Kulon atau biasa kenal dengan nama Kota Ajibarang.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Desa/kelurahan[sunting | sunting sumber]

  1. Ajibarang Kulon
  2. Ajibarang Wetan
  3. Banjarsari
  4. Ciberung
  5. Darmakradenan
  6. Jingkang
  7. Kalibenda
  8. Karangbawang
  9. Kracak
  10. Lesmana
  11. Pancasan
  12. Pancurendang
  13. Pandansari
  14. Sawangan
  15. Tipar Kidul
  16. Parakan

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Wilayah Kecamatan Ajibarang berbatasan dengan Kecamatan Pekuncen di sebelah utara. Pada sebelah timur, Kecamatan Ajibarang berbatasan dengan Kecamatan Cilongok. Di sebelah selatan, Kecamatan Ajibarang berbatasan dengan Kecamatan Wangon. Lalu di sebelah barat, Kecamatan Ajibarang berbatasan dengan Kecamatan Gumelar.[1]

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Sarana Infrastruktur Jalan, Kecamatan Ajibarang termasuk sebuah kota kecamatan yang maju dengan signifikan karena dilintasi persimpangan jalan nasional tengah pulau Jawa. Jalur di Kecamatan Ajibarang dibagi menjadi beberapa jalur yang saling menghubungkan antarkecamatan, dan kabupaten baik jalan nasional maupun provinsi. Untuk jalan provinsi menghubungkan Ajibarang - Kota Lumbir melalui Karangbawang.

Berikut ruas jalan nasional yang melintasi di Kecamatan Ajibarang:

  1. Jalan Nasional Rute 6 adalah jalan utama di pulau jawa yang menghubungkan Tegal di utara dengan Cilacap. Jalan ini menjadi rute utama lalu lintas dari jalur pantura menuju wilayah tengah dan selatan jawa tengah meliputi Tegal - Slawi - Prupuk - Bumiayu - Ajibarang - WangonGumilir - Cilacap.
  2. Jalan Nasional Rute 9 adalah jalan utama di pulau jawa yang menghubungkan Ajibarang di barat dengan Secang di timur. Rute ini merupakan rute tengah yang melewati Pegunungan Dieng dengan rute Ajibarang - Purwokerto - Sokaraja - Kaliori - Banyumas - Klampok - Banjarnegara- Mandiraja - Selokromo - Wonosobo dan seterusnya.

Terminal Ajibarang berada di jalur Jalan Nasional Rute 6

Banyak nya agen agen bus yang banyak jurusan ke Jabodetabek,

Kota Bandung, Kota Yogyakarta, Kota Surabaya DLL untuk calon penumpang naik Bus tersebut

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Perekonomian di wilayah Kecamatan Ajibarang termasuk cepat dengan banyaknya pusat-pusat ekonomi dan bisnis baik pasar tradisional maupun pasar modern Pasar Induk Ajibarang adalah pasar terbesar yang menjadi pasar induk terlengkap selain pasar tradisional yang tersebar dimasing-masing desa.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pendidikan di Kecamatan Ajibarang makin berkwalitas dengan indikasi pembangunan sarana pendidikan yang lengkap dan sering menjadi tujuan belajar siswa-siswa dari luar daerah seperti dari Kabupaten Brebes sampai Kabupaten Tegal.

paten Cilacap.

Berikut sekolah menengah yang berada di Kecamatan Ajibarang:

  1. SMAN 1 Ajibarang
  2. SMA Ma'arif 1 Ajibarang
  3. SMK Ma'arif 1 Ajibarang
  4. SMK Ma'arif 2 Ajibarang
  5. SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang
  6. SMK Muhammadiyah 2 Ajibarang
  7. SMPN 1 Ajibarang
  8. SMPN 2 Ajibarang
  9. SMPN 3 Ajibarang
  10. SMP Ma'arif 1 Ajibarang
  11. SMP Ma'arif 2 Ajibarang
  12. SMP Muhammadiyah 1 Ajibarang
  13. SMP PGRI 1 Ajibarang
  14. SMP PGRI 2 Ajibarang
  15. SKB Ajibarang
  • Sarana Kesehatan

Dari segi kesehatan di wilayah Kecamatan Ajibarang sudah di bangun sebuah Rumah Sakit dan Puskesmas. Berikut sejumlah pusat kesehatan bagi warga Kecamatan Ajibarang:

  1. RSUD Ajibarang
  2. RSKB Mitra Ariva
  3. Puskesmas Ajibarang 1
  4. Puskesmas Ajibarang 2

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Dream Land Water Park Ajibarang adalah wahana objek wisata air / water park terbesar dan terlengkap se-kabupaten Banyumas yang terletak di Desa Pancasan. Objek wisata yang berdiri di atas areal tanah yang sangat luas dan didesain sedemikian rupa sehingga antara lokasi yang satu dengan lokasi lainnya terhubung menjadi satu kesatuan panorama indah yang layak dikunjungi oleh semua lapisan masyarakat. Selain menawarkan kenyamanan yang asri, objek wisata Dream Land Park mengemas seluruh permainan yang disediakan dengan memanfaatkan sumber mata air alami, sehingga terjamin kebersihannya dan mampu memberikan kesegaran tersendiri kepada pengunjungnya.Objek wisata itu dilengkapi berbagai fasilitas yang menarik seperti Taman Reptil, Kolam Seribu Air, Water Fall, Kolam Arus, Kolam Terapi Ikan,taman reptil, Water Boom, Water Park, Flying Fox, Taman Pasir, Taman Batu, Wisata Kuliner, Arum Jeram, Taman Burung, Speedboot, dan Ikan Raksasa.

Curug Pengantin adalah oyek wisata air terjun yang berada di Dusun Parduli, Desa Kracak. Air terjunnya juga tidak terlalu tinggi dan hanya 2 meter saja. Jadi, anda tidak perlu takut untuk mandi dibawah air terjun. Namun yang istimewa dari air terjun ini lantaran warga yang tinggal di sekitaran air terjun itu mempercayai apabila mandi di Curug Pengantin ini bisa untuk menolak bala atau kesialan. Selain itu,jika kita mandi di sini dapat mempercepat dapat jodoh. Akses menuju lokasi Curug Pengantin masih bisa terbilang sepi dan sekitar 8 kilometer dari Kecamatan Ajibarang. Curug Pengantin ini tempatnya ada di tengah hutan. Jalannya pun menanjak dan belum diaspal. Kendati begitu, air di curug ini tak pernah kering dan selalu mengalir airnya baik musim hujan maupun kemarau.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Qomaria, Damara Solli Nur (September 2022). Kecamatan Ajibarang dalam Angka 2022. Banyumas: Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas. hlm. 8. ISSN 2598-134X. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]