Pancasan, Ajibarang, Banyumas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pancasan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenBanyumas
KecamatanAjibarang
Kodepos
53163
Kode Kemendagri33.02.14.2008 Edit the value on Wikidata
Luas197 ha
Jumlah penduduk8226
Kepadatan-
Pemandian di Pancasan di sekitar tahun 1900

Koordinat: 7°25′39″S 109°04′39″E / 7.42750°S 109.07750°E / -7.42750; 109.07750 Pancasan adalah desa di kecamatan Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini berjarak sekira 19 Km sebelah barat dari Purwokerto. Desa Pancasan cukup strategis dan berkembang baik karena dilintasi Jalan Nasional Rute 6 yang menghubungakan Tegal di jalur pantai utara jawa dengan Cilacap di jalur pantai selatan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nama desa ini berasal dari kata menclas, yang berarti memotong, berasal dari abad ke-17. Pada saat itu, Amangkurat I dan Adipati Anom melarikan diri hingga Kabupaten Tegal. Saat tiba di daerah ini, Amangkurat I memotong dahan pohon beringin dan meminum airnya. Dinasty terbesar di pancasan adalah dinasty Mertanangga,alkisah Mbah Mertanangga adalah anak buah /kepercayaan dari Pangeran Diponegoro[butuh rujukan].

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Utara Desa Ajibarang Wetan
Timur Desa Sawanga dan Desa Pancurendang
Selatan Desa Tipar Kidul
Barat Desa Karangabwang dan Desa Tipar Kidul

Geografi[sunting | sunting sumber]

Desa ini memiliki topografi berupa dataran rendah dengan ketinggian antara 20-180 meter diatas permukaan air laut. kemiringan lahan menurun dari utara ke selatan serta diapit oleh dua buah sungai, yaitu Sungai Tajum di sebelah barat dan Sungai Datar di sebelah timur. Desa Pancasan memiliki mata air alami yang begitu banyak. Sebagian besar mata air berada di sebelah selatan yang lebih rendah secara topografinya. Ada sekitar dua puluh mata air yang di manfaatkan penduduk sebagai sumber air bersih dan keperluan mandi serta mencuci. Beberapa diantaranya diberi nama yang unik seperti Kali Lanang (khusus untuk laki-laki yang dalam bahasa jawa lanang) dan Kali Wadon (wadon=wanita).

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Kegiatan ekonomi utama di desa ini adalah dari industri genteng tanah liat. Bahkan Desa Pancasan menjadi sentra genteng terbesar di Kabupaten Banyumas. kegiatan ini sudah berlangsung berpuluh-puluh tahun dan hampir 70% penduduknya menjalankan usaha ini. Karena industri genteng inilah pancasan mampu menyerap ratusan tenaga kerja dari desa-desa tetangga. Genteng pancasan sudah mampu menjelajah ke sekitaran jawa tengah dan sebagian kecil jawa barat.

Keberadaan mata air di Desa Pancasan dimanfaatkan untuk membuat kolam renang umum yang bernama Pancasan Tirta Alami. Kolam renang ini cukup ramai di kunjungi masyarakat dari daerah-daerah tetangga, apalagi jika musim liburan. Mata air ini juga digunakan untuk membuat pabrik air minum kemasan yang menjadikannya sebagai industri air kemasan pertama dan terbesar di Ajibarang, bahkan Kabupaten Banyumas.

Sarana dan Prasarana[sunting | sunting sumber]

  1. Masjid Jaami' Al Hidayah
  2. MI Ma'arif Pancasan
  3. Madrasah Diniyah
  4. TPQ