Aikatsu!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Aikatsu!
Berkas:Aikatsulogo.jpg
Karakter utama (dari kiri ke kanan): Ran Shibuki, Ichigo Hoshimiya, Aoi Kiriya, (atas) Mizuki Kanzaki.
アイカツ!
GenreMusik, Mode, Idola dan Anak
Permainan
Data Carddass Aikatsu!
PengembangBandai
PenerbitBandai
GenrePermainan kartu
PlatformArkade
Rilis
  • JP Oktober 2012
  • ID Oktober 2014
Seri anime
SutradaraRyuichi Kimura
SkenarioYoichi Kato
Musikmonaca
StudioSunrise (2012 – 2015)
BN Pictures (2015 – 2016)
Telecom Animation Film (2012 – 2015)
Saluran
asli
TXN (TV Tokyo), BS Japan, AT-X
Saluran bahasa InggrisDaisuki
Tayang
  • JP 8 Oktober 2012 – 31 Maret 2016
  • ID 20 September 2014
18 Maret 2017
Episode178 (Daftar episode)
Manga
PengarangBanbi Shirayuki
PenerbitShogakukan
MajalahCiao
DemografiShōjo
TerbitDesember 2012 – sekarang
Volume2 (diumumkan)
Manga
PengarangShiori Kanaki
IlustratorAkane
PenerbitShogakukan
MajalahPucchigumi
DemografiShōjo
TerbitJanuari 2013 – sekarang
Novel ringan
PengarangSunrise, Bandai, Yōichi Katō
IlustratorKyō Nagiri
PenerbitShogakukan
ImprintNovel-novel Ciao
DemografiPerempuan
Terbit8 Agustus 2013 – sekarang
Volume1
Permainan
  • Aikatsu! Cinderella Lesson (2012)
  • Aikatsu! Futari no My Princess (2013)
  • Aikatsu! 365-Hi no Idol Days (2014)
  • Aikatsu! My No.1 Stage! (2015)
  • Aikatsu! Fashion Coordinator Card (2015)
  • Aikatsu! Music Video Maker (2015)
  • Aikatsu! Photo on Stage (2018)
Film
  • Aikatsu! The Movie (2014)
  • Aikatsu! Music Awards - The Show Where Everyone Gets an Award! (2015)
  • Aikatsu! The Targeted Magical Aikatsu Card (2016)
Spesial
  • Aikatsu! Special: Dai Starmiya Ichigo Matsuri Zenyasai (2014)
Karya serial
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Aikatsu! atau Aikatsu! Idol Academy (アイカツ! アイドルカツドウ, Aikatsu! Aidoru Katsudō!) adalah serial manga, anime, permainan kartu arkade yang diluncurkan Bandai pada bulan Oktober 2012.[1] Permainan ini berkisar menggunakan kartu koleksi yang menampilkan berbagai pakaian untuk membantu calon idol lulus audisi. Anime produksi Sunrise mulai ditayangkan di TV Tokyo dari 8 Oktober 2012 dan berakhir pada 31 Maret 2016.[2][3] Anime tersebut juga ditayangkan di Indonesia mulai hari Sabtu, 20 September 2014 di RCTI.[4] Sebuah film adaptasi dari anime ini juga diproduksi, dan permainan video Nintendo 3DS dirilis pada 15 November 2012 serta permainan video keduanya dirilis pada 21 November 2013. Tiga manga adaptasinya dipublikasikan oleh Shogakukan. Di Jepang, sekitar 110 juta kartu digital Aikatsu! telah dijual, dalam kurun waktu satu setengah tahun sejak pertama kalinya dirilis.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Serial ini berlangsung di Starlight Academy (スターライト学園, Sutāraito Gakuen), sebuah sekolah bergengsi baik tingkat menengah maupun tinggi, di mana para murid berlatih menjadi idol dan berpartisipasi dalam berbagai audisi. seperti model, bernyanyi, dan menari. Untuk berpartisipasi dalam audisi ini, pemain menggunakan kartu Aikatsu, kartu khusus yang mengandung gaun digital dan aksesori dari berbagai produsen yang digunakan dalam audisi mereka. Seberapa baik mereka berhasil sering kali bergantung pada memilih kombinasi yang tepat dari kartu. Pemain dalam video game berperan sebagai murid baru, yang harus berlatih untuk menjadi idol dan mencapai top idol.

Serial anime yang bercerita tentang seorang gadis bernama Ichigo Hoshimiya, yang terinspirasi oleh penampilan top idol Mizuki Kanzaki dan mendaftar di "Starlight Academy" bersama sahabatnya, Aoi Kiriya. Bersama dengan teman sekelas mereka, Ran Shibuki, Ichigo dan Aoi menghabiskan setiap harinya berlatih untuk audisi dan bertujuan untuk menjadi top idol.

Musim kedua dimulai dengan Ichigo kembali dari Amerika ke Starlight Academy, ketika ia sekarang berteman dan bersaing dengan siswi dari sekolah idol baru, Dream Academy, yang memiliki Seira Otoshiro dan idol lainnya.

Musim ketiga berfokus pada generasi baru, menampilkan Akari Ōzora, seorang gadis muda yang dipilih oleh Ichigo untuk bergabung dengan Starlight Academy, dan teman-temannya. Mereka melakukan yang terbaik di Partner's Cup & Great Starlight School Festival.

Musim keempat berpusat di sekitar unit baru Akari dengan Sumire Hikami dan Hinaki Shinjo, Luminas, melakukan tur nasional dan bertemu dengan idol dari seluruh Jepang. Dengan pertemuan ini, itu mempersiapkan mereka untuk acara besar - Starlight Queen Cup.

Terminologi[sunting | sunting sumber]

Kartu Aikatsu (アイカツ!カード, Aikatsu Kādo)
Kartu Aikatsu adalah kartu yang berisi pakaian digital yang dikenakan idol selama penampilan dan audisi. Terbagi menjadi empat kategori: Tops, Bottoms, Shoes, dan Accessories. Dengan beberapa kartu, seperti setelan gaun, mengeluarkan keinginan bagi yang lain. Pakaian berasal dari berbagai jenis brand dan memiliki berbagai tingkat kelangkaan. Meskipun sebagian besar pakaian datang dalam keselarasan yang berbeda, pemain dapat menggabung dan mencocokkan kartu yang berbeda untuk mendapat kombinasi yang baik.
Kartu Pelajar (学生証, Gakuseishō)
ID Pelajar mewakili murid dari Starlight Academy dan Dream Academy diperlukan untuk mengakses Aikatsu System. Dalam permainan kartu Arcade, kartu ini dapat menyimpan riwayat pemain dan menciptakan karakter sendiri.
Aikatsu System (アイカツシステム, Aikatsu Shisutemu)
Sistem dimana Kartu Aikatsu dimanfaatkan. Ketika tampil di audisi atau pentas, Idol melangkah menuju ruang ganti, yang mengharuskan mereka untuk memasukkan kartu pelajar dan Kartu Aikatsu pilihan,tetapi pada saat mengikuti audisi masuk Starlight Academy kartu pelajar tidak perlu dimasukkan kartu yang akan mereka pakai. Mereka berjalan pada stage yang sebagian besar digital, menyediakan berbagai tampilan hologram dan efek khusus pada saat tampil dan memungkinkan penonton berpartisipasi melalui streaming online. Sistem yang dapat membaca perasaan pendukung, bersama dengan pendukung online, untuk menilai penampilan masing-masing idol, yang menentukan keberhasilan idol selama audisi. Sistem baru yang dapat digunakan pada sistem Aikatsu terdiri dari: Zodiak System (星座システム, Seiza Shisutemu),[2] Romance Story System (ロマンスストーリーシステム, Romansu Sutōrī Shisutemu), Dream Story System (ドリームストーリーシステム, Dorīmu Sutōrī Shisutemu), dan BOOM System (ブームシステム, Būmu Shisutemu).
Aikatsu Phone (アイカツフォン, Aikatsu Fon)
Telepon genggam yang dibuat untuk para murid Starlight Academy, Menyediakan berbagai fungsi sebaik smartphone, seperti panggilan, peta, dan layanan jejaring sosial, Aikatsu Phone memungkunkan para murid untuk menjadwal dan mendaftar audisi, serta menyimpan dan menggunakan Kartu Aikatsu sesuai keperluan, seperti uji coba mengkoordinasi holografik. Terdapat juga set lampu yang menyala ketika seorang murid mampu mencapai simbol yang berkaitan dengan kualitas dirinya sebagai Idol.
Special Appeal (スペシャルアピール, Supesharu Apīru)
Special Appeal adalah teknik yang digunakan selama tampil, membawa ilusi panggung. Jenis Appeal yang dilakukan bervariasi tergantung jenis baju yang dipakai. Biasanya, idol hanya bisa melakukan maksimal dua atau tiga Special Appeal, tetapi Mizuki telah bisa melakukan lebih dari itu, yang dianggap Legends.
Brand (ブランド, Burando)
Perusahaan fashion masing-masing dikelola oleh top designer, yang merancang pakaian idol dan mengubahnya menjadi Kartu Aikatsu yang dapat digunakan oleh Aikatsu System. Saat ini ada enam belas brand terkenal yang digunakan dalam serial; Angely Sugar, Futuring Girl, Spicy Ageha, Love Queen, Happy Rainbow, LoLi GoThiC, Aurora Fantasy, Magical Toy, Love Moonrise, Vivid Kiss, Swing Rock, Bohemian Sky, Dreamy Crown, Sangria Rosa, Sakurairo Kaden, Dance Fusion, Retro Clover, Dolly Devil, dan Mecha PaniQ.

Media[sunting | sunting sumber]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Permainan arcade Aikatsu! dari Bandai mulai muncul di arcade Jepang dari Oktober 2012 dan di Indonesia dari Oktober 2014 sebagai bagian dari jalur data Carddass!. Permainan yang menggunakan kartu untuk membantu idol lulus audisi. Permainan genggam yang berjudul, Aikatsu! Cinderella Lesson (アイカツ! シンデレラレッスン, Aikatsu! Shinderera Ressun), dirilis untuk Nintendo 3DS pada 15 November 2012.[5] Permainan kedua 3DS, berjudul Aikatsu! Futari no My Princess (アイカツ!2人のmy princess, Aikatsu! My Two Princesses), dirilis pada 21 November 2013.[6] Permainan ketiga 3DS, berjudul Aikatsu! 365-Nichi no Idol Days (アイカツ!365日のアイドルデイズ, Aikatsu! 365-Nichi no Aidoru Deizu), dirilis pada 3 Desember 2014. Permainan 3DS keempat, berjudul Aikatsu! My No.1 Stage! (アイカツ!My No.1 Stage!), dirilis pada 26 November 2015.

Anime[sunting | sunting sumber]

Serial televisi anime yang diproduksi oleh Sunrise dan Telecom Animation Film mulai ditayangkan pada TV Tokyo dari 8 Oktober 2012.[2][3] Serial anime tersebut juga tayang di Indonesia sejak Sabtu, 20 September 2014 di RCTI.[4] Aikatsu musim kedua mulai ditayangkan di Indonesia pada MNC Kids dari tanggal 2 April 2016.[7]

Musik[sunting | sunting sumber]

Musik utama dan sebagian besar lagu disusun dan diatur oleh Monaca. Sebagian besar lagu-lagu insert juga ditulis oleh Saori Codama, Aki Hata, dan uRy. Lagu-lagu tersebut dinyanyikan oleh grup idola Jepang STAR☆ANIS dan AIKATSU☆STARS! (ver. Jepang) dan JKT48 (ver. Indonesia). Untuk versi Jepang, Lagu-lagu tema maupun sisipan telah disusun menjadi beberapa album. Untuk versi Indonesia, JKT48 hanya untuk lagu pembuka dan penutup saja, sementara lagu-lagu insert kebanyakan menggunakan versi dari mesinnya.

Media cetak[sunting | sunting sumber]

Tiga adaptasi manga telah diterbitkan oleh Shogakukan. Dua seri yang diilustrasikan oleh Banbi Shirayuki masing-masing diterbitkan di Ciao dan Official Fanbook. Seri ketiga, ditulis oleh Shiori Kanaki dan diilustrasikan oleh Akane, diserialisasikan di Pucchigumi. Sebuah adaptasi novel ringan juga mulai dipublikasikan pada 8 Agustus 2013, menampilkan ilustrasi oleh Kyō Nagiri. Enam volume dari "Aikatsu! Official Fanbook" (アイカツ!公式ファンブック) telah dirilis di bawah Ciao Mook. Aikatsu! Official Fanbook di Indonesia diterbitkan oleh m&c!. Aikatsu! Fanbook pertama "Debut Aikatsu! Fanbook" terbit 17 Desember 2014.[8] Aikatsu Fanbook kedua "Fanbook Lesson 1" terbit 6 Mei 2015.[9] Aikatsu Fanbook edisi ke-3 "Fanbook Lesson 2" terbit 9 Desember 2015.[10][11] Aikatsu Fanbook edisi ke-4 "Fanbook Lesson 3" terbit 27 Januari 2016.[12] Aikatsu Fanbook edisi ke-5 "Fanbook Stage 1" terbit 3 Agustus 2016.[13][14] Aikatsu Fanbook edisi ke-6 "Fanbook Stage 2" terbit 29 Maret 2017.[15] Aikatsu Fanbook edisi ke-7 "Fanbook Stage 3" terbit 19 Juli 2017.[16]

Aplikasi[sunting | sunting sumber]

Aikatsu! MusicVideo Maker (アイカツ!ミュージックビデオメーカー) rilis pada 5 Agustus 2014 (Jepang) dan 26 Mei 2015 (Indonesia).[17] Aikatsu! Photo on Stage!! (アイカツ!フォト on ステージ!!) dirilis pada 27 Januari 2016.

Konser langsung[sunting | sunting sumber]

Konser yang diadakan untuk Aikatsu! antara lain: STAR☆ANIS Aikatsu!Special LIVE TOUR 2015 SHINING STAR*, STAR☆ANIS Aikatsu!Special LIVE TOUR 2015 SHINING STAR* For FAMILY, Aikatsu!Special LIVE 2015 Lovely Party!!, Aikatsu!Music Festa, Aikatsu!Music Festa 2017, Aikatsu!Music Festa for Family, Aikatsu!Music Festa in Aikatsu Budokan!, dan Aikatsu!Series 5th Festival!!.

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

Lagu pembuka[sunting | sunting sumber]

  • "Signalize!" (Episode 1 – 25) oleh Waka, Fūri, Sunao, dan Risuko
  • "Diamond Happy" (ダイヤモンドハッピー, Daiyamondo Happī) (Episode 26 – 50) oleh Waka, Fūri dan Sunao
  • "KIRA☆Power"[18] (Episode 51 – 75) oleh Waka, Fūri, dan Risuko
  • "SHINING LINE*" (Episode 76 – 101) oleh Waka, Fūri dan Yuna
  • "Du-Du-Wa DO IT!!" (Episode 102 – 126) oleh Ruka, Mona, Miki dan Waka
  • "Lovely Party Collection" (Episode 127 – 151) oleh Ruka, Mona dan Miki
  • "START DASH SENSATION" (Episode 153 - 178) oleh Ruka, Mona dan Miki

Lagu penutup[sunting | sunting sumber]

  • "Calendar Girl" (カレンダーガール, Karendā Gāru) (Episode 1 – 25, 125) oleh Waka, Fūri, dan Sunao
  • "Hirari/Hitori/Kirari" (ヒラリ/ヒトリ/キラリ, Hirari/Hitori/Kirari) (Episode 26 – 50) oleh Waka, Fūri, Sunao, Remi, Moe, Eri, Yuna dan Risuko
  • "Kiss of the Alice Blue" (アリスブルーのキス, Arisu Burū no Kisu) (Episode 44) oleh Rey
  • "Original Star☆彡" (オリジナルスター☆彡, Orijinaru Sutā☆彡) (Episode 51 – 75) oleh Waka, Fūri, Sunao, Remi, Moe, Eri, Yuna, dan Risuko
  • "Precious" (Episode 76 – 101) oleh Risuko, Waka, Fūri dan Mona
  • "Good morning my dream" (Episode 102 – 126) oleh Ruka, Mona dan Miki
  • "Tutu・Ballerina" (チュチュ・バレリーナ, Chuchu・Ballerina) (Episode 127 – 152) oleh Ruka, Mona dan Miki
  • "lucky train!" (Episode 153 - 178) oleh Ruka, Mona, dan Miki

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ""『アイカツ!』プロジェクト記者発表会 板野友美もハマる! 一大プロジェクトの概要が明らかに"". Famitsu. Oct 2, 2012. 
  2. ^ a b c "10月3日より新たなアツいアイドルカツドウが始まるよ!! - 特集". aikatsu.com. August 16, 2013. Diakses tanggal August 17, 2013. 
  3. ^ a b "Aikatsu! Idol Card TV Anime's Cast, Staff Announced". Anime News Network. 2012-08-06. Diakses tanggal 2012-08-07. 
  4. ^ a b SINDO: Serial Aikatsu! siap tayang di RCTI
  5. ^ "『アイカツ! シンデレラレッスン』目指せ学園ナンバーワン! アイドル活動="アイカツ!"しよ! - ファミ通.com". Famitsu.com. 2012-08-09. Diakses tanggal 2012-09-27. 
  6. ^ "アイカツ!2人のmy princess(マイプリンセス) | バンダイナムコゲームス公式サイト". Namco Bandai Games. Diakses tanggal August 2, 2013. 
  7. ^ Anime Aikatsu! Season Ke-2 Mulai! - NEWS | Aikatsu!
  8. ^ "Debut Aikatsu! Fanbook! - Aikatsu!". id.aikatsu.com. 2014-12-12. Diakses tanggal 2014-12-27. 
  9. ^ "Akhirnya Rilis Juga Aikatsu! Fanbook Edisi Ke-2 - Aikatsu!". id.aikatsu.com. 2015-05-08. Diakses tanggal 2015-05-30. 
  10. ^ "Aikatsu! Fanbook Edisi Ke-3 (Lesson 2) Rilis!! - Aikatsu!". id.aikatsu.com. 2015-12-16. Diakses tanggal 2015-12-17. 
  11. ^ "M&C Comic Book". M&C. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-01-25. Diakses tanggal 2016-01-24. 
  12. ^ "M&C Comic Book". M&C. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-01-24. Diakses tanggal 2016-01-24. 
  13. ^ "M&C Comic Book". M&C. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-07-24. Diakses tanggal 2016-07-22. 
  14. ^ "Aikatsu! Fanbook Season ke-2 Edisi Pertama Rilis!! - Aikatsu!". id.aikatsu.com. 2016-08-03. Diakses tanggal 2016-08-03. 
  15. ^ "M&C Comic Book". M&C. 
  16. ^ "M&C Comic Book". M&C. 
  17. ^ "APP "Aikatsu! MusicVideo Maker" Tersedia di App Store dan Google Play". id.aikatsu.com. 2015-05-27. Diakses tanggal 2015-05-30. 
  18. ^ "2014 Series Press Release (PDF)" (PDF). aikatsu.com. Diakses tanggal 18 Agustus 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]