Mobile Suit Gundam Thunderbolt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mobile Suit Gundam Thunderbolt
Mobile Suit Gundam Thunderbolt December Sky Blu-ray Cover.jpg
Sampul Blu-Ray.
機動戦士ガンダム サンダーボルト
(Kidō Senshi Gandamu Sandāboruto)
GenreScience fiction, Mecha, Drama
Manga
PengarangYasuo Ohtagaki
PenerbitShogakukan
Penerbit
Inggris
DemografiSeinen
MajalahBig Comic Superior
TerbitMarch 2012 – sekarang
Volume9 (Daftar volume)
Animasi web orisinal
SutradaraKō Matsuo
SkenarioKō Matsuo
MusikNaruyoshi Kikuchi
StudioSunrise
Lisensor
Rilis 25 December 2015 – sekarang
Durasi18 minutes each
Episode8 (Daftar episode)
Film anime
Mobile Suit Gundam Thunderbolt: December Sky
SutradaraKō Matsuo
SkenarioKō Matsuo
MusikNaruyoshi Kikuchi
StudioSunrise
Lisensor
Rilis25 June 2016
Durasi70 minutes[1]
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Mobile Suit Gundam Thunderbolt (機動戦士ガンダム サンダーボルト, Kidō Senshi Gandamu Sandāboruto) (機動戦士ガンダム サンダーボルト Kidō Senshi Gandamu Sandāboruto?) adalah manga seri Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yasuo Ohtagaki. Manga ini mengambil tempat di Universal Century selama peristiwa Mobile Suit Gundam. Viz Media telah melisensi seri ini di Amerika Utara. Sebuah seri adaptasi ONA oleh Sunrise dirilis antara 25 desember 2015 dan 8 April 2016.[2][3][4] musim kedua dari seri ONA mengadaptasi arc kedua dari manga ini akan dirilis antara 24 Maret 2017 dan 30 Juni 2017.[5][6]

Plot[sunting | sunting sumber]

Serial ini berlangsung bersamaan dengan Mobile Suit Gundam, selama Perang Satu Tahun. Di U.C. 0079, Persaudaraan Moore dari Federasi Bumi dan Divisi Living Dead dari Kerajaan Zeon terlibat dalam pertempuran sengit di "Sektor Thunderbolt" (サンダーボルト宙域 Sandāboruto Chū-iki) , sebuah kawanan zona yang dipenuhi puing-puing dari koloni yang hancur, namanya diambil dari muatan listrik seperti petir yang sering terjadi. Sejak pecahnya perang, pasukan Zeon telah mengamankan Sektor Thunderbolt, karena itu adalah rute pasokan penting ke Asteroid A Baoa Qu. Cerita berfokus pada seorang tentara Federasi Io Fleming saat ia bertempur dengan Sniper terbaik Zeon, Daryl Lorenz.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Persaudaraan Moore[sunting | sunting sumber]

Persaudaraan Moore (ムーア同胞団 Mūa Dōhō-dan) adalah sebuah Skuadron Federasi Bumi yang terdiri dari mantan penghuni koloni Side 4: Moore, dengan maksud menghukum Kerajaan Zeon yang menghancurkan rumah mereka.

Io Fleming (イオ・フレミング, Io Furemingu
Suara oleh: Yuichi Nakamura (Japanese); Max Mittelman (English)
Seorang Letnan muda Federasi yang senang memainkan stick drum-nya pada kokpit mobile suit-nya selagi mendengar jazz bebas di Radio penerimanya. Sebelum Satu Tahun Perang, Io, bersama dengan teman-temannya Claudia Peer dan Cornelius Kaka, berpartisipasi dalam event balapan udara di Side 4. Ayahnya, yang adalah Wali kota Side 4, telah bunuh diri selama pecahnya perang. Io merupakan bagian dari Skuadron GM yang ditugaskan untuk menerobos garis sniper Sektor Thunderbolt ketika GM-nya ditembak jatuh sebelum ia berhasil mengeluarkan Blok Kokpit nya. Dia menyelinap melalui puing-puing, membunuh pilot Zeon Hoover, dan mengambil Rick Dom nya sebelum kembali ke armada Persaudaraan Moore. Menggunakan data sniper yang diambil dari Rick Dom, Io mengendarai purwarupa Full Armor Gundam dari Federasi untuk menghancurkan unit Big Gun Zeon yang ditempatkan diseluruh sektor, membual bahwa suara musik jazz adalah tanda kehadiran-nya. Setelah pertempuran antara Full Armor Gundam dan Psycho Zaku, Io ditangkap oleh bala bantuan Zeon bersama dengan anggota yang selamat dari Persaudaraan Moore. Dia dipukuli hingga babak belur oleh anggota Divisi Living Dead sementara kapal kelas-Chivvay pergi menuju A Baoa Qu. Dalam epilog dari Film kompilasi Mobile Suit Gundam Thunderbolt: December Sky, kapal menabrak permukaan A Baoa Qu ketika Bumi Federasi melakukan serangan di Benteng Asteroid Zeon Tersebut. Di tengah-tengah kekacauan, Io kabur dari sel dan membunuh para penjaga yang tersisa sebelum bergabung kembali dengan rekan-rekannya.
Claudia Peer (クローディア・ペール, Kurōdia Pēru
Suara oleh: Toa Yukinari (Japanese); Cherami Leigh (English)
Kapten dari Beehive. Claudia menemukan posisinya tidak nyaman, terutama dengan Io sebagai kekasihnya. Dia lebih muak ketika Federasi Bumi mengirimkan pilot remaja untuk armada nya sebagai bala bantuan. Perang mengambil pengorbanan besar pada dirinya, karena itu dia beristirahat untuk mengambil obat depresan sebelum Io membangunkannya dari overdosis. Selama akhir dari operasi Persaudaraan Moore, armada nya hancur dan dia ditembak oleh XO-nya, Graham, yang menyalahkan dirinya dan elit Persaudaraan atas kematian keluarganya. Namun, hal ini memastikan bahwa dia selamat dari kehancuran kapalnya dan dia terus hadir dalam cerita yang sedang berlangsung.
Cornelius Kaka (コーネリアス・カカ, Kōneriasu Kaka
Suara oleh: Daisuke Hirakawa (Japanese); Christian La Monte (English)
Seorang teknisi kapal Beehive dan teman terbaik Io. Karena Io tampaknya memiliki reaksi alergi yang menyebabkan dia bersin di hanggar, Cornelius sering meminjamkannya Tisu.
Graham (グラハム, Guraham
Suara oleh: Shunsuke Sakuya (Japanese); Ray Chase (English)
Opsir kapal Beehive. Dia tidak nyaman bertugas di bawah Claudia. Setelah Beehive rusak parah oleh Psycho Zaku, Graham menembak Claudia sebelum ia terkena ledakan terakhir kapal.

Divisi Living Dead[sunting | sunting sumber]

Divisi Living Dead (リビング・デッド師団 Ribingu Deddo Shidan) adalah Skuadron kerajaan Zeon yang terdiri dari pilot-pilot yang diamputasi dan diganti dengan bagian-bagian palsu. Divisi ini ditugaskan untuk mempertahankan Sektor Thunderbolt dari Federasi.

Daryl Lorenz (ダリル・ローレンツ, Dariru Rōrentsu
Suara oleh: Ryohei Kimura (Japanese); Johnny Yong Bosch (English)
Seorang Kepala kecil Zeon dan Sniper ahli. Ia selalu membawa radio bergaya retro yang telah dimilikinya sejak masa kecil yang memainkan lagu pop lawas. Sebagai seorang tentara, Daryl kehilangan kakinya dari tembakan mortir selama serangan pada koloni musuh di awal Perang satu tahun. Sementara berjuang melawan Io selama pertempuran di sektor Thunderbolt, dia kehilangan tangan kirinya setelah Full Armor Gundam menembus Zaku I miliknya dengan beam saber. Setelah banyak pertimbangan oleh Divisi Living Dead untuk mempercepat proyek perangkat Reuse Psycho, tangan kanan Daryl harus diamputasi sehingga tubuhnya dapat mengontrol penuh dari percobaan Psycho Zaku. Setelah pertempuran melelahkan dengan Full Armor Gundam, Daryl diselamatkan oleh Bala bantuan Zeon dan dia membuat Psycho Zaku nya yang rusak parah menghancurkan diri. Di epilog film December Sky, Daryl ditugaskan di unit Gelgoog, namun kesulitan menggunakan kontrol manual dengan lengan buatan.
Karla Mitchum (カーラ・ミッチャム, Kāra Mitchamu
Suara oleh: Sayaka Ohara (Japanese); Tara Sands (English)
Seorang Ilmuwan Zeon yang ikut andil dalam proyek "Reuse P. Device" (RPD) (リユース・P・デバイス, Riyūsu Pī Debaisu) . Ayahnya adalah seorang sejarawan yang dipenjara karena dicap oleh Zeon sebagai pembangkang, dan dia bertugas di militer, berharap ayahnya dapat dibebaskan. Karla menyediakan bagian-bagian prostetik untuk para pilot Divisi Living Dead dan sangat menyayangi mereka. Setelah Hoover ditembak mati oleh Io, Karla meminta Daryl untuk membalas dendam dan membunuh Io. Dia menjadi koma setelah menyaksikan rekan-rekannya lenyap oleh beam saber dari GM Cannon selagi mencoba untuk menghancurkan Dried Fish.
J. J. Sexton (J・J・セクストン, Jei Jei Sekusuton
Suara oleh: Hiroshi Tsuchida (Japanese); Will Barrett (English)
Seorang Ilmuwan Zeon yang bertanggung jawab atas proyek Perangkat Reuse Psycho. Ia memperlakukan pilot Divisi Living Dead seperti tikus percobaan. Selama evakuasi Dried Fish, Sexton menyelinap melalui tumpukan prajurit yang terluka dan melarikan diri melalui pod evakuasi.
Burroughs (バロウズ, Barousu
Suara oleh: Mutsumi Sasaki (Japanese); Scott Williams (English)
Kapten dari Dried Fish, kapal utama Divisi Living Dead. seperti para pilot Divisi, Burroughs juga diamputasi, dan memiliki tangan prostetik. Ia dan awak utamanya terbunuh setelah Full Armor Gundam menembak anjungan Dried Fish
Sean Mitadera (ショーン・ミタデラ, Shōn Mitadera
Suara oleh: Shinya Hamazoe (Japanese); Ivan Nemer (English)
Seorang pilot Zaku dengan tangan prostetik. Ia dibunuh oleh Io, yang menggunakan Zakunya sebagai pelindung dari Daryl.
Hoover (フーバー, Fūbā
Suara oleh: Kent Itō (Japanese); Jamison Boaz (English)
Seorang pilot Rick Dom dengan tangan kiri prostetik, di digambarkan oleh Daryl sebagai "Playboy". Hoover ditembak dikepala oleh Io, yang membajak Rick Dom nya untuk membocorkan posisi sniper Divisi Living Dead ke Persaudaraan Moore.
Fisher Ness (フィッシャー・ネス, Fisshā Nesu
Suara oleh: Ryōsuke Morita (Japanese); Chris Jai Alex (English)
Seorang pilot Rick Dom dengan kaki prostetik. selama pertempuran terakhir antara Persaudaraan Moore dan Divisi Living Dead, ia mundur untuk bertemu dengan bala bantuan untuk menyelamatkan rekan-rekannya.
Layton (レイトン, Reiton
Suara oleh: Shuuhei Iwase (Japanese); Todd Haberkorn (English)
Seorang Pilot Gattle dan teman dekan Daryl. setelah menembak Beehive dengan Big Gunm Ia dibunuh oleh tembakan balasan Persaudaraan Moore.
Keith Meyers (キース・マイヤーズ, Kīsu maiyāzu
Suara oleh: Hiroshi Murata (Japanese); Wayne Grayson (English)
Denver Roche (デンバー・ローチ, Denbā rōchi
Suara oleh: Keisuke Kōmoto (Japanese); Daniel J. Edwards (English)
Seorang prajurit Zeon yang mengenakan topeng hitam dan memiliki kaki prostetik. Selama pengambilalihan Dried Fish oleh Persaudaraan Moore, Denver meledakkan bom bunuh diri di gudang senjata kapal.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Yasuo Ohtagaki menempatkan Moonlight Mile manga hiatus pada bulan November 2011 untuk menulis sebuah seri Gundam.[7] Ia mulai serialisasi Mobile Suit Gundam Thunderbolt di majalah Shogakukan Big Comic Superior pada bulan Maret 2012.

penerbit di Amerika Utara Viz Media mengumumkan mereka melisensi seri ini pada panel mereka di Anime Expo pada 1 Juli 2016.[8]

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah 4-episode adaptasi ONA, diproduksi oleh Sunrise, telah dikonfirmasi pada 28 Oktober 2015. disutradai dan ditulis oleh Ko Matsuo, dengan desain karakter oleh Hirotoshi Takaya dan desain mekanik oleh Morifumi Naka, Seiichi Nakatani dan Hajime Katoki. Anime ini pertama tayang pada 25 Desember 2015 dengan episode terakhirnya secara resmi tayang pada 8 April 2016 melalui layanan Pay to Watch di Jepang, dengan akses awal dari aplikasi Gundam Fan Club pada 11 Desember 2015. Episode pertama di tayangkan diluar Jepang untuk waktu tertentu dari 25 Desember 2015 sampai 7 Januari 2016. Sebuah 4-episode musim kedua telah diumumkan oleh Bandai Visual pada 18 Desember 2016, dan dijadwalkan tayang pada 24 maret 2017.

Daftar Episode[sunting | sunting sumber]

0125 December 2015 The Moore Brotherhood's Beehive flagship launches a squadron of GMs across the Thunderbolt Sector to break through the Principality of Zeon's defenses, only to be shot down by the Living Dead Division and their Big Gun units. Io Fleming, who manages to eject from his GM, guns down a Rick Dom pilot before commandeering the mobile suit and returning to the Beehive with the sniper location data. He is then assigned to pilot the new Full Armor Gundam prototype, which he uses to flush out three Big Gun units. Living Dead Division ace sniper Daryl Lorenz vows to avenge his fallen comrades and kill Io.0212 February 2016 During the Full Armor Gundam's second sortie in the Thunderbolt Sector, Io once again confronts Daryl. Daryl narrowly escapes after throwing a Cracker grenade at the Gundam, but he loses his left hand in the process. As the Living Dead Division is desperate to hasten the Reuse P. Device project to combat the Gundam, Daryl has his right hand amputated so that his body will have full control of the experimental Psycho Zaku.0318 March 2016 The Moore Brotherhood receives reinforcements from the Earth Federation, but the new mobile suit pilots are young teenagers, much to Io's chagrin. Feeling the pressure of the war, Claudia resorts to drugs before Io snaps her out of an overdose. Io leads the young cadets to break through the Living Dead Division's final defenses, but the battle becomes a massacre due to the young pilots' inexperience.0422 April 2016 With both sides suffering massive casualties, the Full Armor Gundam engages in a final showdown with the Psycho Zaku. Meanwhile, the surviving members of the Moore Brotherhood board the Dried Fish to take it over, but the remaining members of the Living Dead Division refuse to be taken prisoner and plan to self-destruct the vessel along with everyone on board.

No. Title Release date

Film[sunting | sunting sumber]

Sebuah Film kompilasi dari ONA berjudul Mobile Suit Gundam Thunderbolt: December Sky (機動戦士ガンダム サンダーボルト DECEMBER SKY, Kidō Senshi Gandamu Sandāboruto Dissenbā Sukai) (機動戦士ガンダム サンダーボルト DECEMBER SKY Kidō Senshi Gandamu Sandāboruto Dissenbā Sukai?) diluncurkan pada 25 juni 2016 dengan Blu-Ray pada 29 Juli 2016.[9][10] Sunrise dan Anime Limited mendistribusikan film ini diluar Jepang.[11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "機動戦士ガンダム サンダーボルト DECEMBER SKY (2016)". allcinema (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal 6 August 2016. 
  2. ^ "Gundam Thunderbolt Manga Gets Anime". Anime News Network. 28 October 2015. Diakses tanggal 28 October 2015. 
  3. ^ "太田垣康男が描く新たなる一年戦争「機動戦士ガンダム サンダーボルト」アニメ化決定!". GUNDAM.INFO. 28 October 2015. Diakses tanggal 28 October 2015. 
  4. ^ http://www.gundam.info/topic/14364
  5. ^ "Gundam Thunderbolt Anime Gets 2nd Season Next Spring". Anime News Network. 18 November 2016. Diakses tanggal 18 November 2016. 
  6. ^ "Gundam Thunderbolt Anime Reveals New Cast, Promo Video". Anime News Network. 20 January 2017. Diakses tanggal 20 January 2017. 
  7. ^ "Moonlight Mile's Ohtagaki to Start Gundam Manga Mini-Series". Anime News Network. 20 December 2015. Diakses tanggal 29 October 2015. 
  8. ^ "Viz Manga Adds Dragon Ball Super, Gundam Thunderbolt, Rei Tōma's The Water Dragon's Bride". Anime News Network. 1 July 2016. Diakses tanggal 1 July 2016. 
  9. ^ "Gundam Thunderbolt Director's Cut Edition to Get Theatrical Screenings on June 25". Crunchyroll. 21 April 2016. Diakses tanggal 20 July 2016. 
  10. ^ "Gundam Thunderbolt Anime Gets Director's Cut Screening, Home Video Release". Anime News Network. 21 April 2016. Diakses tanggal 20 July 2016. 
  11. ^ "Anime Limited to Distribute Gundam Thunderbolt: December Sky". Anime News Network. 27 April 2016. Diakses tanggal 20 July 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]