Mobile Suit Gundam: Char's Counterattack

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mobile Suit Gundam: Char's Counterattack
Sampul DVD Jepang edisi 2001
機動戦士ガンダム:逆襲のシャア
(Kidō Senshi Gandamu: Gyakushū no Shā)
GenreMilitary science fiction
Novel
Mobile Suit Gundam: Char's Counterattack - High Streamer
PengarangYoshiyuki Tomino
IlustratorHoshino Nobuyuki
PenerbitTokuma Shoten
Terbit1987
Novel
Mobile Suit Gundam: Char's Counterattack - Beltorchika's Children
PengarangYoshiyuki Tomino
IlustratorHaruhiko Mikimoto
PenerbitKadokawa Shoten Sneaker Bunko
Terbit1988
Film anime
SutradaraYoshiyuki Tomino
ProduserKenji Uchida
SkenarioYoshiyuki Tomino
MusikShigeaki Saegusa
StudioSunrise
Pelisensi
TayangMarch 12, 1988
Durasi125 minutes
Manga
PengarangYoshiyuki Tomino
IlustratorKōichi Tokita
PenerbitKodansha
MajalahComic Bom Bom
TerbitSeptember 1998January 1999
Volume1
 Portal anime dan manga

Mobile Suit Gundam: Char's Counterattack (Japanese: 機動戦士ガンダム 逆襲のシャア Hepburn: Kidō Senshi Gandamu: Gyakushū no Shā) adalah film anime tahun 1988 yang berlatar di Universal Century, khususnya U.C. 0093.

Membuat debutnya pada Maret 12, 1988, Char's Counterattack adalah puncak dari saga yang dimulai dari Mobile Suit Gundam dan dilanjutkan Mobile Suit Zeta Gundam dan Mobile Suit Gundam Double Zeta, film ini menandai akhir konflik empat-belas tahun antara Char Aznable dan Amuro Ray. Didasarkan dari novel oleh pencipta Gundam Yoshiyuki Tomino, film yang menandai akhir ketegangan antara Federasi Bumi dan kerajaan Zeon (hingga Mobile Suit Gundam Unicorn' yang dirilis pada tahun 2010).

Selain menjadi Gundam pertama yang rilis diteater, Char's Counterattack juga Gundam pertama yang menggunakan komputer grafis selama lima detik saat adegan koloni Sweetwater yang berputar di ruang angkasa. Char's Counterattack dirilis di Amerika dalam format DVD pada 20 Agustus 2002 dan ditayangkan pada 4 Januari 2003 di Cartoon Network Adult Swim.

Plot[sunting | sunting sumber]

Berlatar di bulan Maret UC 0093, film ini menampilkan kembali antagonis utama Char Aznable, yang telah muncul setelah lima tahun dalam persembunyian untuk memimpin Neo Zeon dalam perjuangan untuk kebebasan atas Federasi Bumi. Masih bertekad untuk membuat manusia sepenuhnya menjajah di ruang angkasa, ia memobilisasi Neo-Zeon untuk menjatuhkan asteroid 5th Luna di markas Federasi di Lhasa, Tibet. Di bawah kedok menyerahkan semua kekuatan militer Neo-Zeon, ia berencana untuk menjatuhkan asteroid Axis ke Bumi.

Namun, Federasi telah menugaskan satuan tugas anti-pemberontak, Londo Bell, untuk mengalahkannya. Anggota Londo Bell diantaranya adalah veteran Perang Satu Tahun Bright Noa dan Amuro Ray, yang Char ingin bunuh karena balas dendam atas kematian Lalah Sune. Pertempuran besar di sekitar Axis Pecah ketika Londo Bell berusaha menghentikan Char sebelum asteroid memasuki atmosfer Bumi. Sebuah tim penghancur dari Londo Bell meledakkan Axis dari dalam tetapi setengah bagiannya masih di jalur untuk menabrak Bumi, Di tengah-tengah pertempuran, Amuro menangkap Char dan mencoba untuk mendorong Sumbu dari titik masuk atmosfer, dengan Federasi dan Neo-Zeon yang datang membantu. Ketika mereka mencoba hal yang mustahil, RX-93 Nu Gundam milik Amuro bergema dan menciptakan gelombang-psiko di sekitar asteroid, mendorongnya jauh dari Bumi, sementara mendorong semua mobile suit dari daerah tersebut. Kedua pasukan Federasi dan Neo-Zeon melihat Axis berbelok dari titik masuk atmosfer. Amuro dan Char diduga tewas oleh masing-masing fraksi.

Produksi dan pengembangan[sunting | sunting sumber]

Yoshiyuki Tomino menyesuaikan film Char's Counterattack dari novel Hi-Streamer, dan kemudian menulis Beltorchika's Children sebagai alternatifnya. Tomino sebelumnya telah merencanakan untuk memunculkan Char kembali di Mobile Suit Gundam ZZ, tetapi ketika ia mendapat izin untuk memproduksi Char's Counterattack, dia membatalkan penampilan yang direncanakan tersebut. Tomino tidak ingat rencana-nya untuk memunculkan kembali Char di Mobile Suit Gundam ZZ. [kutipan diperlukan] perbedaan-perbedaan antara novel dan film salah satunya seperti Amuro dan Char mengendarai versi lanjutan dari ν-Gundam dan Sazabi: Hi-ν-Gundam dan MSN-04-II Nightingale, karakter dari Z Gundam, Beltorchika Irma hamil anak Amuro, Hathaway sengaja membunuh Quess bukan Chan, dan konfirmasi kematian Amuro dan Char.

Staf[sunting | sunting sumber]

  • Direktur/Skenario: Yoshiyuki Tomino
  • Desainer Karakter: Hiroyuki Kitazume
  • Mobile Suit Desainer: Yutaka Izubuchi
  • Mecha Desain: Gainax, Yoshinori Sayama
  • Art Director: Shigemi Ikeda

Pemain[sunting | sunting sumber]

Karakter Pengisi Suara Jepang Pengisi Suara Bahasa inggris
Amuro Ray Tōru Furuya Brad Swaile
Char Aznable Shūichi Ikeda Michael Kopsa
Bright Noa Hirotaka Suzuoki Chris Kalhoon
Quess Paraya Maria Kawamura Jocelyne Loewen
Hathaway Noa Nozomu Sasaki Bill Switzer
Gyunei Guss Kōichi Yamadera Kirby Morrow
Nanai Miguel Yoshiko Sakakibara Jenn Forgie
Chan Agi Mitsuki Yayoi Nicole Leroux
Mirai Yashima Fuyumi Shiraishi Cathy Weseluck
Cheimin Noa Mayumi Shō Alaina Burnett
Cameron Bloom Akira Murayama David Mackay
Lalah Sune Keiko Han Willow Johnson

Musik tema[sunting | sunting sumber]

Penutup:

  • "Beyond the Time ~Möbius no Sora wo Koete~"(BEYOND THE TIME ~メビウスの宇宙を越えて~ BEYOND THE TIME Mebiusu no Sora wo Koete?, Beyond the Time ~Beyond the Möbius Universe~)

Rilis[sunting | sunting sumber]

Film ini membuat debut Amerika-nya pada 20 agustus 2002 tentang DVD dan kemudian kembali dirilis Sunrise bersamaan dengan seri Perang Satu Tahunnya (khususnya Mobile Suit Gundam, 08th MS Team, 0080, dan 0083).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]