Lantis (perusahaan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lantis
ランティス
Lantis Logo
Logo Lantis Sejak 2018-Sekarang
Perusahaan indukBandai Namco Music Live
Didirikan26 November 1999; 24 tahun lalu (1999-11-26)
PendiriShunji Inoue (井上俊次)
DistributorBandai Namco Filmworks
GenreJ-Pop
Pop
Rock
Anison
Asal negara Jepang
Situs webLantis Official Website

Lantis Company, Limited (株式会社ランティス, Kabushiki gaisha Rantisu) adalah perusahaan media hiburan yang didirikan pada 26 November 1999 dibawah kepemilikan Bandai Namco Music Live (Sebelumnya Bandai Namco Arts) oleh Shunji Inoue (井上俊次) yang berspesialisasi sebagai label rekaman dan penerbit musik untuk musisi Jepang, Soundtrack anime dan Soundtrack video game.

Pada bulan Februari 2018, diumumkan Lantis akan bergabung dengan perusahaan induknya Bandai Visual menjadi cabang baru BNH, yang disebut Bandai Namco Arts. Reorganisasi mulai berlaku pada 1 April 2018 sampai 1 April 2022.

Pada 1 April 2022, Bandai Namco Arts sebagai perusahaan yang menjadi distributor label rekaman Lantis melakukan Reorganisasi ulang menjadi Bandai Namco Music Live dan Bandai Namco Filmworks, dikarenakan penggabungan ulang perusahaan distributor lantis berubah menjadi Bandai Namco Filmworks, sementara itu Bandai Namco Music Live menjadi perusahaan induk Lantis.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Didirikan pada 26 November 1999 oleh seorang Produser Musik Inoue Shunji dan pada Mei 2006 Lantis dibeli dan dikelola oleh Bandai Visual.

Pada Febuari 2018, Bandai VIsual dan Lantis bergabung menjadi Bandai Namco Arts sebagai perusahaan baru

Pada April 2022, Bandai Namco Arts berpisah dan melakukan penggabungan ulang menjadi dua perusahaan yang dibagi pada musik dan anime yaitu Bandai Namco Music Live dan Bandai Namco Filmworks. Sekarang, perusahaan distributor lantis berubah menjadi Bandai Namco Filmworks, sementara itu Bandai Namco Music Live menjadi perusahaan induk Lantis.

Gambaran[sunting | sunting sumber]

Didirikan oleh mantan karyawan Bandai Music Entertainment (sebelumnya Apollon Music Industry, selanjutnya BME) dan anak perusahaannya Ayers (diakuisisi oleh Amuse setelah likuidasi BME), yang dilikuidasi pada tahun 2000 karena kinerja bisnis yang buruk. Utamanya memproduksi video langsung yang berhubungan dengan musik terkait anime atau permainan, mereka juga berpartisipasi dalam banyak komite produksi untuk karya video anime. Presiden Jidai Co., Ltd. bertanggung jawab atas keyboard Lazy dan produser musik Shunji Inoue (sekarang Wakil Presiden Bandai Namco Arts) dari pendirian hingga pembubaran. Orang yang pertama kali menyebut "Lantis" adalah Kia Asamiya[1] Asalnya "Atlantis". Pada tahun 1994, sebelum berdirinya "Lantis", Inoue, yang merupakan produser dan direktur Sixty Music Network pada saat itu, merilis album dari seri "Silent Möbius" berdasarkan Asamiya pada label "Lantis". Namun, merek dagang dan bentuk huruf berbeda dari "Lantis" saat ini.

Sublabel[sunting | sunting sumber]

Lantis terdiri dari lima label:

Label Utama

  • Lantis (label utama, sebelumnya didistribusikan oleh King Records, saat ini didistribusikan sendiri)

Label Cabang

Artis[sunting | sunting sumber]

Lantis[sunting | sunting sumber]

Kiramune[sunting | sunting sumber]

GloryHeaven[sunting | sunting sumber]

Mellow Head[sunting | sunting sumber]

Artis sebelumnya[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ すずめ (2009-09-27). "ランティス祭り|スタッフブログ|名付け親なのだ" (dalam bahasa 日本語). ランティス. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-09-29. Diakses tanggal 2009-11-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]