Data Carddass

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mesin Data Carddass
Lima buah di tengah adalah generasi pertama, satu di kiri belakang adalah tipe NEO
(13 Oktober 2012)

Data Carddass (データカードダス, Dēta Kādodasu) disingkat DCD adalah serial mesin permainan arkade Jepang yang dibuat oleh Bandai, yang mana sebagian besar berfokus seputar penggunaan digital dari kartu perdagangan koleksi. Ini merupakan perluasan dari serial katu koleksi Carddass milik Bandai, yang mana memungkinkan pemain untuk menggunakan kartu spesial untuk berinteraksi dengan permainan video arkade. Banyak dari mesin ini mengedarkan seputar waralaba berbagai anime dan tokusatsu yang dimiliki oleh Bandai. Mesin ini pertama kali rilis di arkade Jepang dari Maret 2005.

Bandai telah menjual 100,000 mesin arkade Data Carddass pada Maret 2012,[1] dan terjual 2.4 milyar kartu Data Cardass untuk digunakan dengan mesin.[2]

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Data Carddass membuat penggunaan dari kartu Carddass spesial dengan data tersimpan di dalamnya. Kartu koleksi ini bisa dibaca oleh berbagai mesin Data Carddass untuk berinteraksi dengan permainan. Sebagai contoh, pada Aikatsu!, sebuah permainan seputar fashion, pemain dapat memindai kartu seputar berbagai busana untuk membuat karakter mereka memakainya. Bergantung pada mesinnya, kartu dapat dimasukkan melalui slot atau dipindai melalui panel datar. Setiap mesin juga dilengkapi dengan berbagai kontrol yang unik untuk permainan mini spesifiknya, seperti tombol yang membutuhkan waktu untuk penekanan atau penyentuhan. Berkinerja baik dalam permainan ini juga dapat diberikan kartu tambahan. Mesin tertentu menggunakan kartu IC, yang memungkinkan pemain menyimpan data pribadi dari permainan berkali-kali. Mesin tertentu juga dapat memindai mainan koleksi untuk memengaruhi alur permainan.[3]

Tipe Mesin[sunting | sunting sumber]

  • Initial type: Data Carddass pertama. Dengan berakhirnya layanan permainan yang kompatibel, mesin pertama yang menggunakan Type-X ditarik dari pasar pada April 2015.
  • Flat panel type: Dari 2010 mesin tipe flat panel hadir Meski tidak ditandai sebagai Data Carddass pada mesin, mereka dianggap tipe data carddass pada situs web resmi. Pada saat yang sama, dukungan untuk kartu IC dimulai, memungkinkan menyimpan hasil permainan di kartu IC. Selain itu, perangkat komunikasi yang menggunakan 3G dibangun di dalam mesin, dimungkinkan untuk mengumpulkan peringkat nasional dan secara otomatis melepaskan elemen permainan dari sisi server (pembaruan skala besar disediakan oleh kartu SD). Selanjutnya mesin ini menggunakan papan ES2 PLUS dan dilengkapi dengan Wi-Fi sebagai perangkat komunikasi.
  • Data Carddass NEO (simple type): Dari 2012 mesin baru yang dilengkapi dengan LCD besar 21,5 inci dan dua pembaca kartu IC hadir. Mesin berbasis PC "ES2 PLUS" menggunakan Windows Embedded Standard 7 diadopsi, Suplai perangkat lunak adalah pembaruan memori USB dan pergantian SSD. Kartu dipindai dengan memindai kode batang yang sama seperti sebelumnya. Pada Oktober 2014, mereka mengambil tindakan untuk mengubah perangkat komunikasi dari 3G ke Wi-Fi.
  • Data Carddass M (multiplayer type): Mesin empat orang yang mulai beroperasi pada September 2013. Monitor LCD lebar 55 inci dipasang menghadap ke atas, dan dua pemain ditempatkan di sisi panjang monitor. Mesin ini tidak memiliki perangkat komunikasi nirkabel built-in, dan terhubung ke ALL.Net untuk mengelola informasi dan peringkat pemain. Pada Desember 2015 diubah ke spesifikasi Wi-Fi.
  • Data Carddass F (mini flat panel Type): Mesin satu orang yang mulai beroperasi pada Oktober 2013. Perangkat komunikasi dilengkapi dengan Wi-Fi, dan server diakses melalui unit komunikasi 3G dari "Bandai Data Spot" yang dipasang di dekatnya. Memindai kartu menggunakan perangkat tipe datar dengan tiga jalur.
  • Data Carddass O (print type): Mesin satu orang yang mulai beroperasi pada Januari 2014. Spesifikasi dasar didasarkan pada tipe F, tetapi kartu tersebut dibayar bukan dengan "pembayaran kartu cetak dengan dispenser kartu" konvensional, tetapi dengan print on demand oleh printer warna tipe sublimasi. Kartu dipindai oleh pemindai dengan jenis yang sama dengan jenis NEO, yang membaca kode batang dua dimensi yang tercetak pada kartu.
  • Data Carddass K: Mesin satu orang yang mulai beroperasi pada pada Oktober 2020. Mesin ini dilengkapi dengan pengontrol tipe drum, dan tidak ada tombol fisik. Selain itu, pembayaran dengan pencetakan sesuai permintaan telah diubah menjadi pembayaran oleh dispenser kartu.
  • Data Carddass T (print type): Mesin dua orang yang mulai beroperasi pada Mei 2016. Panel sentuh baru dipasang di bawah monitor vertikal, dan speaker stereo dipasang di kiri dan kanan. Sementara tiga tombol yang digunakan untuk dua orang umumnya mewarisi mesin asli dan NEO, pemindaian kartu bukanlah sesuatu yang disisipkan dan dipindai seperti tipe NEO dan tipe O, tetapi merupakan spesifikasi yang menyimpan kode batang dua dimensi. Pembayaran dengan pencetakan on-demand kartu hampir sama dengan tipe O. Perangkat komunikasi memiliki spesifikasi Wi-Fi.
  • Data Carddass D (touch panel type): Mesin satu orang yang mulai beroperasi pada November 2016. Monitor resolusi tinggi 32 inci digunakan sebagai monitor utama, dan panel pengoperasian kartu diubah menjadi monitor panel sentuh. Penyimpanan data telah berubah dari kartu IC konvensional dan pembaca menjadi tipe sentuh dengan pembaca dari tipe stasioner atau tipe penyisipan. Dukungan untuk standar baru "Amusement IC Card" dibuat pada Maret 2019.
  • Data Carddass R: Mesin satu orang yang mulai beroperasi pada Desember 2020. Papan mengadopsi papan baru yang bukan ES2 PLUS konvensional, dua monitor resolusi tinggi digunakan untuk tampilan, dan panel operasi juga mengadopsi monitor tipe panel sentuh mengikuti Data Carddass D. Tombol fisik telah dihapuskan, dan pemindai khusus yang membaca mainan yang kompatibel di bagian depan, kamera untuk membaca kode dua dimensi seperti lisensi di kanan, dan LED di pinggiran. Komunikasi dengan server tidak melalui titik data, tetapi menggunakan jalur LTE untuk setiap mesin.
  • Bandai Data Spot: Pemasangan dimulai pada waktu yang sama dengan Data Carddass F. Di dalam, set-top box yang berjalan pada Windows Embedded Standard 7, router Wi-Fi, dan router 3G. Pada bulan Oktober 2017, router yang kompatibel dengan LTE diganti dengan server. Kecepatan komunikasi telah ditingkatkan. Tidak ada slot koin atau pemindai kode batang, dan tidak dapat bermain game atau membeli kartu. Dilengkapi dengan monitor panel sentuh, dapat melihat video promosi dari setiap judul dan pengenalan produk terkait. Bagian bawah monitor dilengkapi dengan slot kartu SD (terdapat dua slot, kartu SD ukuran normal dan kartu microSD) dan pembaca/penulis kartu IC yang kompatibel dengan kartu IC untuk Data Carddass.

Judul[sunting | sunting sumber]

Judul Original
Serial Aikatsu!
Serial Dragon Ball
Serial Naruto
Serial Digimon (Digital monster)
Serial Tamagotchi
Serial Mega Monster Battle (Seri Ultra)
Data Carddass Pretty Cure (Serial Pretty Cure)
Serial One Piece
Serial Kamen Rider
Serial Super Sentai
Toriko
Saikyō Kamizmode!
  • Saikyō Kamizmode! (Oktober 2020)
Level-5
Lainnya

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bandai's "Carddas" topped the total sales volume of 10 billion pieces". GIGAZINE (dalam bahasa Inggris). March 29, 2012. 
  2. ^ "Card Products" (PDF). Bandai. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal April 13, 2018. Diakses tanggal June 28, 2018. 
  3. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-03-02. Diakses tanggal 2013-03-18. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]