A Bug's Life

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
A Bug's Life
Bugslifeposter.jpg
Poster layar lebar
Sutradara John Lasseter
Andrew Stanton
Produser Darla K. Anderson
Kevin Reher
Penulis Story
John Lasseter
Andrew Stanton
Joe Ranft Screenplay
Andrew Stanton
Don McEnery
Bob Shaw
Pemeran Dave Foley
Kevin Spacey
Julia Louis-Dreyfus
Denis Leary
Phyllis Diller
Joe Ranft
David Hyde Pierce
Brad Garrett
Richard Kind
Bonnie Hunt
Jonathan Harris
Hayden Panettiere
Madeline Kahn
Roddy McDowall
Michael McShane
John Ratzenberger
Ashley Tisdale
Musik Randy Newman
Sinematografi Sharon Calahan
Penyunting Lee Unkrich
Studio Pixar
Distributor Walt Disney Pictures
Tanggal rilis 25 November 1998
Durasi 96 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $60 juta
Pendapatan kotor $363.398.565

A Bug's Life adalah sebuah film animasi grafik komputer buatan Amerika Serikat, yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures dan Buena Vista Distribution di Amerika Serikat pada tanggal 25 November 1998. A Bug's Life adalah film animasi kedua yang dibuat oleh Disney/Pixar, film ini juga merupakan film animasi ketiga setelah Toy Story dan Antz. Film ini disutradarai oleh John Lasseter dan juga film terakhir dari Madeline Kahn dan Roddy McDowall.

Sinopsis

Penduduk negeri semut selalu mencari makan secara bergotong royong. Tetapi, makanan yang dikumpulkan dengan susah payah ini, sering dijarah oleh gerombolan belalang yang dipimpin Hopper. Karena kecil dan lemah, mereka juga ditindas dan dipaksa menyediakan makanan untuk para belalang tamak tersebut.Salah seorang warga semut bernama Flik suatu hari membuat bencana ketika secara tidak sengaja ia membuang makanan yang seharusnya disediakan untuk para belalang tersebut. Flik kemudian pergi mencari serangga-serangga buas untuk melawan Hopper. Tapi yang dibawa pulang Flik hanyalah kutu-kutu pemain sirkus yang dikira prajurit perang. Sehingga Flik terpaksa menipu seluruh masyarakat semut untuk meyakinkan bahwa serangga yang dibawa Flik adalah serangga prajurit.

Lalu, Flik punya ide baru yaitu membuat burung tiruan untuk menakut-nakuti gerombolan belalang. Namun setelah burung tersebut jadi, rencana itu sempat gagal karena P.T.Flea, si pemimpin sirkus tiba-tiba datang. Masyarakat semut marah besar setelah tahu hal tersebut. Flik dan kutu-kutu itu pun diusir. Kemudian para semut terpaksa melanjutkan pengumpulan makanan untuk belalang. Sayangnya, daun terakhir telah gugur, dan Hopper kembali ke negeri semut bersama dengan pasukkannya. Hopper marah karena melihat sedikitnya jumlah makanan, dan mengancam akan membunuh ratu semut.

Atas permintaan Putri Dot, Flik kembali lagi ke negeri asalnya. Flik bersama serangga sirkus panggilannya pun meneruskan atraksi burung tiruan itu. Ketika diterbangkan, gerombolan belalang itu lari kocar-kacir ketakutan. Namun, masalah terjadi karena burung tiruan itu jatuh setelah dibakar oleh P.T. Flea yang mengira burung tersebut sungguhan. Hopper pun sadar bahwa dirinya telah dibohongi. Hopper pun bertambah marah. Flik spun memberanikan diri untuk menantang Hopper. Keberanian Flik ternyata menyadarkan masyarakat semut untuk bersatu melawan gerombolan belalang.

Para gerombolan belalang pun kabur, dan Hopper digiring ke meriam. Kemudian, hujan pun turun, dan salah seekor kumbang terjatuh terkena tetesan air hujan, dan jatuh tepat pada pemicu yang menyebabkan Hopper terlepas dan langsung menyambar Flik, Dengan cerdik, Flik bersama dengan Putri Atta memancing Hopper ke arah sarang burung. Hopper yang sedang marah pun tak sadar didekatnya ada burung yang siap menyantapnya. Hopper pun habis dimakan burung.

Para Pemain

Francis (Denis Leary)
kumbang yang punggungnya bertotol-totol ini sering bingung sendiri karena dikira kumbang betina. Ia salah satu personel trio badut dari sirkus yang sipimpin P.T.Flea.
Flik (Dave Foley)
semut jantan ini dikenal pekerja keras dan kreatif. Salah satunya, ia membuat mesin pengolah hasil panen untuk meningkatkan persediaan makanan.
P.T.Flea (John Ratzenberger)
pemilik sirkus terbaik di dunia. "Sirkus P.T.Flea". Ia selalu menginginkan yang terbaru dan terbaik. Oleh karena itu, tak segan-segan ia memecat pemain yang penampilannya buruk.
Putri Atta (Julia Louis-Dreyfus)
putri nan cantik ini adalah putri mahkota kerajaan semut. Ia akan mewarisi tahta kerajaan. Ia mempunyai adik bernama Putri Dot (Hayden Panettiere) yang selalu dianggap masih kecil.
Heimlich (Joe Ranft)
ulat keket yang bertubuh gendut dan hijau ini hobinya makan. Ia juga personel trio sirkus.
Hopper (Kevin Spacey)
belalang bertampang seram ini benar-benar tamak. Ia sendiri sebenarnya malu dan iri karena termasuk golongan serangga yang rendah. Karena itu, ia tega menindas semut yang kecil dan lemah.

Referensi

Pranala luar