Tunjungan Plaza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tunjungan Plaza Surabaya
Logo Tunjungan Plaza sejak tahun 2006
Logo Tunjungan Plaza sejak tahun 2006
Fakta dan statistik
Letak Surabaya
Alamat Jalan Jendral Basuki Rachmad 8-12, Surabaya (TP I-III), Jalan Embong Malang 7-21, Surabaya (TP IV)
Tanggal dibuka 1986 (TP I), 1991 (TP II), 1996 (TP III), 2001 (TP IV)
Pengembang PT. Pakuwon Jati Tbk.
Pemilik Pakuwon Group
Jumlah tingkat 9
Situs web Situs resmi Tunjungan Plaza

Tunjungan Plaza (atau biasa disingkat TP) adalah sebuah pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya, sekaligus plaza yang paling populer di masyarakat kota Surabaya, didirikan pada tahun 1986, dan terakhir dibuka Tunjungan Plaza IV pada tahun 2001. Tunjungan Plaza terletak di Surabaya Pusat tepatnya di Jl. Jend. Basuki Rachmad dan mengarah hingga ke Jl. Embong Malang. Pusat perbelanjaan ini mempunyai 4 bangunan utama yang saling berhubungan (Tunjungan Plaza I-IV). Kawasan Tunjungan dikenal sebagai pusat komersial Kota Surabaya.

Tunjungan Plaza berada di bawah naungan PT. Pakuwon Jati Tbk yang juga membangun Pakuwon Trade Center dan Supermal Pakuwon Indah di wilayah permukiman Pakuwon Indah, Surabaya Barat, Royal Plaza di Surabaya Selatan, serta EastCoast Center, Food Festival dan Pakuwon Town Square di Surabaya Timur, tepatnya di kawasan permukiman Pakuwon City (sebelumnya Laguna).

Tunjungan Plaza merupakan family mall yang berkonsep untuk menyediakan seluruh kebutuhan keluarga dalam satu tempat.

Perkembangan Tunjungan Plaza[sunting | sunting sumber]

Tunjungan Plaza (saat itu bernama Plaza Tunjungan) terus berkembang. Dari pembangunan yang dimulai pada tahun 1983, pembukaan Plaza Tunjungan I pada tahun 1986, perubahan nama Plaza Tunjungan menjadi Tunjungan Plaza serta perubahan logo mal yang dinamis pada tahun 2006 hingga renovasi Tunjungan Plaza I-II pada tahun 2007.

Plaza Tunjungan I - Plaza East[sunting | sunting sumber]

Plaza Tunjungan I atau saat ini disebut Plaza East, merupakan bangunan paling lama dari plaza yang terletak di Jalan Jendral Basuki Rachmad ini. Dibuka pada tahun 1986, namun kini Plaza East telah menjadi bagian yang fashionable sejak renovasi yang dilakukan pada tahun 2007 dengan ditunjang oleh banyak gerai modern seperti McDonald's, Texas Chicken, Gracia Cafe, The Athletes Foot, Matahari, Hero Supermarket, Rimo, J.CO Donuts & Coffee, toko buku Gramedia yang terletak di lantai 4, serta gerai perkakas ACE Hardware. Proses renovasi tersebut juga merombak foodcourt menjadi Studio Foodcourt, yang berdampingan dengan bioskop Tunjungan Plaza XXI yang dilengkapi dengan 4 studio.

Plaza Tunjungan II - Plaza Central[sunting | sunting sumber]

Plaza Tunjungan II merupakan kelanjutan pembangunan dari Plaza Tunjungan 1 yang terletak di antara Plaza Tunjungan I dan Plaza Tunjungan III yang dibuka pada tahun 1991. Walaupun tidak sebesar pendahulunya, namun Plaza Tunjungan 2 yang kini disebut Plaza Central telah menjadi salah satu bagian paling ramai di kawasan bisnis ini. Disegmenkan sebagai lifestyle center, Plaza Tunjungan 2 yang dilengkapi dengan stores seperti Sports Depot, Converse, Rimo, Telkom Cafe, serta gerai makanan terkemuka seperti KFC, Hoka Hoka Bento, 369, Ayam Penyet Ria, Top Noodle House, kini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari Plaza Tunjungan lainnya.

Plaza Tunjungan III - Plaza West[sunting | sunting sumber]

Plaza Tunjungan III merupakan bagian paling luas dari Plaza Tunjungan yang dibuka pada tahun 1996, dimana di tengahnya terdapat sebuah atrium besar yang dulunya menjadi ajang ice skating, namun kini telah menjadi atrium besar yang biasa dijadikan tempat even berskala nasional dan regional. Plaza Tunjungan 3 juga mempunyai jalan penghubung langsung dengan Sheraton Hotels and Resorts dan menara Kondominium Regency. Selain pengalaman berbelanja kelas dunia, Plaza Tunjungan 3 juga menawarkan restoran berkelas (fine dining) yang menjadikannya bagian paling ramai dari Plaza Tunjungan. Zara, Raoul, Guess, Lee Cooper, Lea, 126, The Executive, Point Break, La Senza, Sports Station, Nike, Puma, Adidas, Gap, Lacoste menjadi gerai pilihan shopaholic di mal ini. Kini hadir pula Matahari Next Generation yang merupakan renovasi total dari Matahari sebelumnya. Selain itu, Starbucks Coffee, The Coffee Bean & Tea Leaf, Excelso, Sour Sally, Jasmine Ice Cream & Pastries, J.CO Donuts & Coffee, Kenny Roger's Roasters, Rollaas Coffee & Tea, Fish & Co, Dairy Queen, KFC, The Duck King, Pizza Hut, Texas Chicken, Goota, Yogen Fruz, serta sebuah Food Court modern yang dilengkapi berbagai hidangan nusantara dan internasional yang terdapat di lantai 5. Orchid Dimsum yang amat terkenal juga terdapat di lantai ini. Serta juga ada Hero Supermarket di lantai LG, di perbatasan antara Tunjungan Plaza I dengan Tunjungan Plaza III.

Plaza Tunjungan IV - Plaza West[sunting | sunting sumber]

Plaza Tunjungan IV merupakan bagian paling baru dari plaza terbesar di Indonesia Timur ini yang dibuka pada tahun 2001. Bagian Plaza Tunjungan ini difokuskan untuk memanjakan shopper dan penggiat kuliner karena berbagai butik internasional serta gerai makanan pilihan meramaikan plaza yang menrget segmen hi-end ini. Dimulai dari Banana Republic, Watch Zone, Time Place, Rockport, Reebok, Giordano, Guess, Everbest, Hush Puppies, Felice Jewelry, hingga Sony Center dan Infinite sebagai dealer resmi produk Apple Inc.. Kepuasan berbelanja juga dilengkapi oleh hadirnya Sogo Department Store yang terdiri enam lantai. Sedangkan bagi keluarga dan remaja yang hendak menikamati hidangan, tersedia pula YAMAGOYA Ramen, XO Chinese Cuisine, American Grill, Pandan Village, Chubo Chubo, Eaton, XO Suki yang terletak di lantai LG, sedangkan Izzi Pizza, Ikan Bakar Jimbaran, Hanamasa, Top Noodle Express, Jade Imperial, Solaria, Imperial La Mian, Honeymoon Dessert, Quali, Hachi-Hachi, hingga Sushi Tei terletak di lantai 5 yang bersebelahan dengan pusat kebugaran Celebrity Fitness. Starbucks Coffee juga tersedia di bagian entrance Plaza Tunjungan IV bagi Anda penikmat kopi.

The Gallery (Tunjungan Plaza V)[sunting | sunting sumber]

The Gallery merupakan konsep mewah pusat perbelanjaan dan apartemen yang merupakan ekstensi Tunjungan Plaza selanjutnya. Di atasnya terdapat The Peak Residence. Pembangunan dilaksanakan pada tahun 2012 dan rencananya pembangunan akan selesai pada tahun 2015.

Penyewa[sunting | sunting sumber]

Tunjungan Plaza I[sunting | sunting sumber]

Lantai Penyewa
LG Hero Supermarket, Zoya
UG ACE Hardware, Matahari Dept. Store
1 DC store, Planet surf
2 Swiss Watch
3. DeTouch
4 Gramedia, Wok Noodle
5 Rotiboy

Tunjungan Plaza II[sunting | sunting sumber]

Lantai Penyewa
3 Andre Nicholas, AXIS, Hush Puppies, JACO Home Shopping, TX Travel

Tunjungan Plaza III[sunting | sunting sumber]

Lantai Penyewa
LG Advance, American Grill, Cafe Rollaas, Dairy Queen, GNC Live Well, J.CO Donuts, KFC, Periplus, Pizza Hut, Prima Arloji
UG Adidas, Gold Star, La Senza, Raoul, Zara
1 C&F Perfumery, DC Shoes, Frank Duet, Planet Surf, Starbucks, Swatch
2 Belinda Shoes, De Excelso, Ganies Uomo, Istana Sepatu, Osella, Point Break, Simplicity
3 126 (One Two Six), Christie Jewellery, Gaudi, Innovation Store, Puri Ayu, Sour Sally
4 Bella Skin Care, Black Canyon Coffee, Feather World, Kettler, X8
5 Cinema 21, Cinema XXI, Doner Kebab, Goota, Naughty, Pepper Lunch, Sangaji, Selera Suroboyo

Tunjungan Plaza IV[sunting | sunting sumber]

Lantai Penyewa
UG Banana Republic, L'Occitane^, SOGO Dept. Store
1 Felice Jewelry, Pierre Cardin, SOGO Dept. Store
2 Charles & Keith, Crocs, L'Occitane, Marks & Spencer, Paperclip, Ritz Jewelry, Salt n Pepper, SOGO Dept. Store, The Body Shop, Urban Icon
3 126 (One Two Six), Andre Valentino, Ariston, Aveda, Infinite, Julia Jewelry, Lafayette, Pazia Shop, SOGO Dept. Store
4 Comforta Furniture, Erafone, King Koil, Fast & Cheap, Oke Shop, SOGO Dept. Store
5 Celebrity Fitness, Daily Fresh, Hanamasa, Penang House, Sushi Tei, Top Noodle Express, YAMAGOYA Ramen

Keterangan: ^) SOGO Dept. Store

Pranala luar[sunting | sunting sumber]