Mal Pekalongan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mal Pekalongan
AlamatJl. Sultan Agung, Kauman, Pekalongan Timur, Pekalongan, Jawa Tengah
Tanggal dibuka2005
Tanggal ditutup2018
Jumlah lantai4

Mal Pekalongan adalah salah satu mal yang berada di Kota Pekalongan. Mal yang didirikan pada tahun 2005 ini terletak di Kelurahan Kauman, Kecamatan Pekalongan Timur, dalam satu kompleks dengan Pasar Banjarsari.

Mal ini terdiri dari 4 lantai dengan penyewa nasional dan internasional. Penyewa terbesarnya adalah Borobudur Department Store, sehingga mal ini sering juga disebut sebagai "Mal Borobudur". Selain itu, terdapat pula toko swalayan (Giant), makanan dan minuman (KFC, Roti'O, Bakso Mr. Tukul), karaoke (Family Fun), taman permainan arkade (Mr. Games), dan bioskop (Cinema 21).

Pada tanggal 24 Februari 2018, Pasar Banjarsari mengalami kebakaran yang sumbernya berasal dari Lantai 2. Kebakaran yang baru berhasil dipadamkan dua hari kemudian itu menghanguskan keseluruhan daerah perbelanjaan, baik pasar tradisional maupun mal.[1] Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun kebakaran merugikan Pemerintah Kota Pekalongan hingga Rp 70 miliar. Angka tersebut belum mencakup kerugian yang diakibatkan oleh kehilangan potensi pendapatan yang ditaksir mencapai Rp 2 miliar per tahun.[2] Pasca kebakaran, pedagang-pedagang Pasar Banjarsari direlokasikan ke tiga pasar darurat di wilayah Pekalongan, sementara Cineplex 21 Group membuka bioskop baru di mal Pekalongan Square sembilan bulan kemudian, sebagai pengganti gerai mereka yang tutup di Mal Pekalongan.[3]

Pada tanggal 23 Februari 2023, tepat lima tahun setelah insiden kebakaran, Pemkot Pekalongan mengumumkan bahwa Pasar Banjarsari akan dibangun kembali dengan biaya sebesar Rp 163 miliar. Gedung baru ini hanya akan diisi oleh pasar tradisional saja, dan tidak mencakup mal maupun bioskop.[4][5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kebakaran di Pasar Banjarsari Kota Pekalongan Berhasil Dipadamkan". Detik News. Diakses tanggal 20 November 2023. 
  2. ^ "Pemkot Pekalongan: Kerugian karena Kebakaran Pasar Banjarsari Rp 70 M". Detik News. Diakses tanggal 20 November 2023. 
  3. ^ "Cinema XXI Hadir di Ramayana Pekalongan". Suara Merdeka. Diakses tanggal 20 November 2023. 
  4. ^ "Pasar Banjarsari Pekalongan Dibangun Lagi Usai Kebakaran 5 Tahun Lalu, Ini Bocoran Desainnya". Tribun Banyumas. Diakses tanggal 20 November 2023. 
  5. ^ "Groundbreaking, Pasar Banjarsari Kota Pekalongan Mulai Dibangun Kembali". Pemerintah Kota Pekalongan. Diakses tanggal 20 November 2023.