Tora Sudiro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tora Sudiro
Torasudiro.jpg
Nama lahir Gusti Taura Danang Sudiro
Lahir 10 Mei 1973 (umur 41)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Pekerjaan musisi
aktor
pelawak
Tahun aktif 2001 - sekarang
Pasangan Anggraini Kadiman (bercerai)
Mieke Amalia
Anak Pernikahan dari Anggraini Kadiman:
Azzahra Nabila
Nayara Kanahaya
Pernikahan dari Mieke Amalia:
Jenaka Mahila Sudiro
Orang tua Tanto Sudiro
(almh) Pinky Mardikusno

Tora Sudiro terlahir dengan nama Gusti Taura Danang Sudiro (lahir di Jakarta, 10 Mei 1973; umur 41 tahun) adalah seorang Aktor, Musisi dan Pelawak berkebangsaan Indonesia.

Karier[sunting | sunting sumber]

Ia pernah meraih Piala Citra sebagai aktor pemeran utama terbaik dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2004. Lewat film “Arisan!”, yang dibintanginya bersama Surya Saputra, Cut Mini, Aida Nurmala dan Rachel Maryam.

Dalam film tersebut Tora memerankan karakter yang cukup kontroversial sebagai pria gay, yang menuntutnya beradegan ciuman dengan lawan main, Surya Saputra. Sebuah adegan ciuman antara dua laki-laki yang tercatat pertama kali dalam sejarah film Indonesia.[butuh rujukan] Pada tahun 2005 dan 2006, ia memenangi Piala Panasonic Award sebagai aktor terfavorit.

Sebelum terjun di film, Tora adalah seorang pekerja asuransi, sound engineer dan periklanan. Bahkan ia pernah sekolah di Selandia Baru untuk belajar ilmu sound engineer tersebut. Ia pun tak punya latar belakang pendidikan film. Pertama kali ia membintangi film Tragedi. Tapi film arahan Rudi Soedjarwo itu belum mengibarkan namanya. Namanya baru berkibar setelah ia membintangi film Arisan!. Tawaran main di sejumlah sinetron pun mengalir. Orang pun akrab dengan wajahnya di acara komedi entertainment Extravaganza di salah satu stasiun televisi swasta. Dari situlah, masyarakat penikmat televisi mulai mengenalnya.

Saat ini, Tora aktif sebagai pemandu acara Indonesia's Got Talent di Indosiar. Tidak hanya itu. Selain menggeluti dunia akting, cowok bertato yang mahir bernyanyi dan bermain gitar ini juga membentuk grup band bersama 2 mantan personel Clubeighties, yaitu Vincent Ryan Rompies dan Deddy Mahendra Desta yang bernama The Cash dan merilis single berjudul Diet.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Tora adalah anak pertama dari dua bersaudara pasangan Tanto Sudiro dan Pinky Mardikusno. Kedua orangtua Tora kemudian bercerai. Ibunya menikah dengan pembalap Tinton Soeprapto dan mempunyai seorang putri bernama Tania Soeprapto. Ibunda Tora meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil di Jawa Tengah.

Tora berstatus sebagai duda setelah perceraiannya dari Anggraini Kadiman diputuskan oleh PA Kota Depok tanggal 7 Agustus 2009.[1] Pada akhir tahun 2009, Tora mengumumkan pernikahanya dengan lawan mainya di Extravaganza, Mieke Amalia lewat akun twitter-nya.

Tora Sudiro juga terkenal sebagai seorang aktor yang mengkoleksi banyak sekali tato disekujur tubuhnya.

Pada tanggal 21 Maret 2012 Tora dikarunai putri ketiga yaitu Jenaka Mahila Sudiro.[2]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Sinematografi[sunting | sunting sumber]

Iklan TV[sunting | sunting sumber]

Band[sunting | sunting sumber]

The Cash (2009) bersama Vincent Ryan Rompies dan Deddy Mahendra Desta (2 mantan anggota Clubeighties)

Model Video Klip[sunting | sunting sumber]

  • Kahitna- Cinta Sudah Lewat (2003)
  • Shanty- Waktu Takkan Mampu (2010)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Jamal Mirdad
Film : Ramadhan dan Ramona
(1992)
Pemeran Utama Pria Terbaik
(Festival Film Indonesia)

Film : Arisan!
(2004)
Diteruskan oleh:
Nicolas Saputra
Film : Gie
(2005)