Olga Syahputra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Olga Syahputra
Olga Syahputra.png
Nama lahir Yoga Syahputra
Lahir 8 Februari 1983 (umur 31)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Pekerjaan Aktor
Presenter
Komedian
Tahun aktif 1998 - sekarang
Orang tua Nur Rahman (ayah)
Nurshida (ibu)
Agama Islam
Akun Twitter OlgaSyahputra82

Olga Syahputra atau bernama asli Yoga Syahputra (lahir di Jakarta, 8 Februari 1983; umur 31 tahun) adalah aktor, presenter sekaligus komedian Indonesia. Olga seringkali berperan sebagai waria. Namun dirinya menampik kalau dia adalah homoseksual.

Karier[sunting | sunting sumber]

Sulung dari 7 bersaudara pasangan Nur Rahman dan Nurshida ini awalnya hanya penggemar yang sering meminta tanda tangan serta foto bareng idolanya. Keberuntungan menghampiri saat dirinya ditawari bermain di film Lenong Bocah. Sayangnya pria berdarah Jawa-Minang ini diharuskan ikut latihan terlebih dahulu di Sanggar Ananda. Karena tak punya uang, Olga terpaksa menjual kulkas demi membayar kursus di Sanggar Ananda. Sahabat Olga, Bertrand Antolin yang kemudian mengulurkan bantuan dengan membelikan Olga kulkas baru.[1]

Selama aktif di Sanggar Ananda, Olga juga sering ikut syuting meski hanya peran-peran minor. Olga juga pernah menjadi asisten penyanyi Rita Sugiarto. Ketekunan Olga berbuah manis. Setelah sempat berperan di sinetron Kawin Gantung dan Si Yoyo, Olga menjadi presenter Ngidam di SCTV bersama dengan Jeremy Thomas. Olga juga bermain di acara komedi Jangan Cium Gue dan disusul Extravaganza ABG tahun 2005 namanya mulai dikenal. Namanya benar-benar melambung di awal 2007 setelah bergabung bersama dua rekannya Indra Bekti dan Indy Barends di acara Ceriwis Trans TV.[2]

Mulai tahun 2008, Olga menjadi presenter TV acara musik Dahsyat di stasiun RCTI bersama Luna Maya dan Raffi Ahmad. Selain menjadi presenter, ia juga membintangi beberapa film layar lebar, di antaranya Skandal Cinta Babi Ngepet dan Mau Lagi. Film Mau Lagi sebelumnya dicekal dan tidak dapat beredar. Namun setelah berganti nama menjadi Cintaku Selamanya, film ini diberi izin untuk diedarkan.

Tak puas hanya menjadi presenter dan bintang film, Olga mulai merambah dunia tarik suara. Olga telah merilis dua single, yaitu Hancur Hatiku (2009) dan Jangan Ganggu Aku Lagi (2010) yang keduanya merupakan lagu ciptaan Charly Setia Band dengan label Nagaswara.

Olga juga memenangkan penghargaan sebagai Presenter Acara Variety Show Music Terfavorit dan Pelawak Terfavorit dalam Panasonic Awards 2009 dan Panasonic Gobel Awards 2010 yang disiarkan di RCTI, TPI (sekarang MNC TV), dan Global TV.

Setelah tidak lagi menjadi presenter acara Ceriwis, Olga membawakan acara Online di Trans TV bersama Jeng Kellin dan Ayu Dewi.

Olga juga menjadi pemain di Pesbukers ANTV bersama Jessica Iskandar, Raffi Ahmad dan pemain lainnya. Dari awal berdiri pada tahun 2011 hingga sekarang.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Olga juga merupakan sahabat dari aktor dan presenter Raffi Ahmad dan kakak dari Billy Syahputra.

Baru-baru ini, Olga juga mengembangkan bisnisnya dengan membuka sebuah butik bersama dengan adik perempuannya, Reny Nurman yang bernama "Rumah Olga Syahputra" yang berlokasi di lantai 1 Los C2 No. 3A, ITC Kuningan, Jakarta Selatan. Ia mengatakan bahwa bisnisnya ini juga membantu adiknya yang sedang liburan kuliah.

Pada bulan April 2014, Olga Syahputra mengalami penyakit radang selaput otak yang sebelumnya dikabarkan Olga terkena kanker hingga dugaan mengalami guna-guna, ini terlihat dari rasa sakit kepala dan terus menurunnya daya tahan tubuh dari hari ke hari. Olga sempat dirawat di rumah sakit Pondok Indah, lalu karena keadaan belum membaik, Olga sempat melakukan pengobatan di Jerman, sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan perawatan di Singapura hingga sekarang. Saat ini beredar kabar bahwa Olga masih koma, hingga banyaknya kabar-kabar negatif seperti ia dikabarkan meninggal dunia melalui pesan yang dikirim di sosial media, tetapi adik Olga, Billy membantah hal tersebut dan menyebutkan bahwa Olga kini telah berangsur membaik.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Sinetron[sunting | sunting sumber]

Acara komedi[sunting | sunting sumber]

Acara varietas[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Hasil
2009 Panasonic Awards 2009 Presenter Musik Variety Show Terfavorit Menang
Pelawak Terfavorit Menang
Indonesia Kids Choice Awards 2009 Pembawa Acara Favorit Menang
2010 Panasonic Gobel Awards 2010 Presenter Musik Variety Show Terfavorit Menang
Pelawak Terfavorit Menang
Presenter Talk Show Terfavorit Nominasi
Indonesia Kids Choice Awards 2010 Pembawa Acara Favorit Nominasi
2011 Panasonic Gobel Awards 2011 Presenter Musik Variety Show Terfavorit Menang
Indonesia Kids Choice Awards 2011 Pembawa Acara Favorit Menang
Komedian Favorit Nominasi
2012 Panasonic Gobel Awards 2012 Presenter Talent Show Terfavorit Menang
Indonesia Kids Choice Awards 2012 Komedian Favorit Nominasi
2013 Panasonic Gobel Awards 2013 Pelawak Terfavorit Menang
Indonesia Kids Choice Awards 2013 Komedian Favorit Nominasi
2014 Panasonic Gobel Awards 2014 Pelawak Terfavorit Nominasi
Presenter Program Hiburan Terfavorit Nominasi
YKS Romantic Award 2014 Artis Tergubrak Menang
Artis Terbuai Menang
Global Seru Awards 2014 Komedian Paling Seru Nominasi
Indonesia Kids Choice Awards 2014 Komedian Favorit Nominasi

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Olga juga terkenal karena menimbulkan sejumlah kontroversi, kebanyakan dari semua kontroversinya itu biasanya disebabkan oleh gaya humornya yang sangat kasar di televisi. Sudah banyak pihak yang berusaha untuk meminta agar lawakan Olga sedikit lebih dilembutkan, namun masih saja kontroversi berdatangan padanya.

Celetuk[sunting | sunting sumber]

Dalam salah satu tayangan Dahsyat, Luna Maya menyampaikan berita duka cita atas gempa yang terjadi di Chili. Olga menanggapi ucapan rekannya tersebut dengan berseru, "Ha? Chili? Sambel kali!". Juga, Olga pernah menghina Kaskus seperti ini: "Kaskus? WC kali!!!". Namun ucapan spontan tersebut ternyata tidak memicu kritik atau debat panjang walaupun tidak berpengaruh besar terhadap kariernya presenternya.

Penyebutan alat kelamin[sunting | sunting sumber]

Olga Syahputra mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) ketika sedang membawakan acara Dahsyat (RCTI) pada hari jumat, tanggal 1 Mei 2009.[3] Olga yang latah, keceplosan mengucapkan kata alat kelamin pria[4] usai menyaksikan aksi Limbad, salah seorang mentalis yang belakangan namanya meroket melalui tayangan The Master.

Candaan terhadap Five Minutes[sunting | sunting sumber]

Dalam acara Dahsyat pada tanggal 30 Juni 2010, Olga membuat marah personel band Five Minutes karena gurauannya dinilai berlebihan. Saat itu Olga tampak merendahkan nama Five Minutes sehingga Five Minutes merasa dipermalukan.[5] Setelah itu, Olga dan Five Minutes mengadakan pertemuan dan Olga meminta maaf[6] atas candanya yang menyinggung itu.

Candaan kasar dan gaya kewanitaannya[sunting | sunting sumber]

Selain itu juga, candaan Olga yang mengumbar kata-kata kasar dan gaya kebanciannya juga menimbulkan kontroversi dan mendapat sorotan tajam dari Komisi Penyiaran Indonesia.[7]

Tanggapan terhadap korban pemerkosaan[sunting | sunting sumber]

Candaan Olga pada acara "Dekade" di Trans TV juga membuatnya diadukan ke KPI. Olga yang berperan sebagai hantu menjawab, "sepele, dikentot supir angkot"[8] ketika ditanya penyebab kematiannya, padahal hal tersebut tidak ada di dalam naskah. Hal ini mengakibatkan Olga dilaporkan ke Komisi Penyiaran Indonesia oleh berbagai pihak.[9]

Penghinaan terhadap Dokter Febby[sunting | sunting sumber]

Candaan Olga pada acara Pesbukers di antv membuat dirinya harus terjerat ke jalur hukum, saat acara Pesbukers pada tanggal 23 Mei 2013, Olga Syahputra diduga telah melakukan penghinaan dan pelecehan terhadap Dokter Febby saat ditayangkan secara langsung di antv.[10] Dokter Febby yang merasa tersinggung dengan candaan Olga itu mengadukan Olga Syahputra ke polisi.[11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Tantowi Yahya
Panasonic Gobel Awards
Presenter Musik/Variety Show

2009, 2010, 2011
Diteruskan oleh:
Raffi Ahmad
Didahului oleh:
Tukul Arwana
Panasonic Gobel Awards
Pelawak

2009, 2010
Diteruskan oleh:
Sule
Didahului oleh:
Ananda Omesh
Panasonic Gobel Awards
Presenter Talent Show

2012
Diteruskan oleh:
Daniel Mananta